Mau Beli Wajan Keramik? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Keunggulan dan Kelemahan Wajan Keramik untuk Memasak

Memasak makanan yang sehat adalah prioritas utama untuk keluarga. Bukan hanya soal pemilihan bahan makanan yang tepat, tapi juga material peralatan memasak. Wajan keramik bisa jadi pilihan yang tepat untuk permasalahan di atas. Material bakunya adalah alumunium, lalu bagian permukaannya dilapisi dengan keramik yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak jawabannya bersama Kania di bawah ini sebelum membeli wajan keramik!

Banner Dekoruma Retail

Kelebihan Wajan Keramik

Sejumlah keunggulan wajan keramik menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk membelinya. Adapun, ragam kelebihan dari wajan keramik adalah:

1. Bebas Zat Pemicu Penyakit

seseorang memasak daging di wajan keramikshutterstock.com

Kelebihan wajan keramik yang paling utama adalah bebas zat pemicu penyakit. Berbeda dengan wajan teflon yang dilapisi dengan zat kimia anti lengket. Wajan keramik tidak akan menimbulkan reaksi kimia ketika terpapar suhu panas. Sifat licinnya tercipta secara alami, bukan kimiawi.

Sebagai bonus kesehatan, wajan keramik diklaim mampu mempertahankan nutrisi bahan makanan yang dimasak. Penggunaan minyak juga dapat dikurangi karena permukaan wajan ini sudah licin.

2. Menyerap Panas dengan Baik

makanan digoreng di wajan keramikshutterstock.com

Pada dasarnya, keramik mampu menyerap panas dengan baik dan merata. Dengan demikian, masakan jadi lebih cepat matang, tapi tidak akan mudah hangus. Cocok untuk menumis sayuran dan memanggang daging, nih.

3. Mudah Dibersihkan

sebuah spons di dalam wajan keramikthespruce.com

Membersihkan wajan usai memasak adalah hal yang menyebalkan. Kamu harus menggosok sekuat tenaga dan berpotensi merusak permukaan wajan. Lain halnya dengan wajan keramik yang sangat mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan permukaannya halus dan licin. Cukup cuci menggunakan sabun cuci piring dan spons pencuci. Jika ada noda kerak yang tebal, rendam saja wajan tersebut dengan air bersuhu normal selama 10-15 menit. Nantinya noda tersebut akan terlepas dari permukaan wajan.

4. Desain Menarik

wajan keramik warna hijaushutterstock.com

Siapa bilang saat memilih peralatan memasak yang penting hanyalah fungsinya? Kenyataannya, belakangan ini pemilihan peralatan memasak juga dipengaruhi oleh desain yang menarik. Mulai dari bentuk hingga warna. 

Bentuk wajan keramik ini sangat beragam, mulai dari wajan dengan satu pegangan, wajan dua pegangan, serta berbentuk kotak. Bagian pegangan wajan keramik biasanya terbuat dari kayu atau plastik tebal yang anti panas. Wajan keramik sendiri tersedia dalam aneka warna cantik, seperti warna-warna pastel dan warna bernuansa gelap yang mewah. Kegiatan memasak jadi lebih menyenangkan. Saat tidak digunakan pun wajan keramik akan tampil cantik bertengger di rak dapur. 

Kekurangan Wajan Keramik

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Jika ada kelebihan, maka dibaliknya pasti ada kekurangan. Hal ini tak terkecuali pada wajan keramik. Berikut kelemahan dari wajan keramik:

1. Bobotnya Berat

seorang ayah dan anak sedang memasak menggunakan wajan keramikshutterstock.com

Wajan keramik memiliki bobot yang berat jika dibandingkan dengan wajan stainless steel atau teflon. Penyebabnya adalah material dasar yang dari awal memang sudah memiliki bobot berat. Kekurangan wajan keramik yang satu ini akan menyulitkanmu ketika hendak menggerakkannya selagi memasak. Wajan keramik juga sebaiknya tidak digantung di area kitchen set karena rawan terjatuh. Hindari pula kebiasaan menyimpan wajan keramik di tumpukan paling atas karena bisa membuat benda di bawahnya penyok 

2. Permukaan Rawan Tergores

wajan keramik yang sudah usangshutterstock.com

Material yang tergolong alami ini sayangnya mudah tergores. Meskipun tidak menimbulkan bahaya, goresan tersebut akan mengurangi keindahan wajan keramik. Proses memasak pun jadi kurang menyenangkan karena permukaannya tidak lagi halus dan rata.

Namun, untungnya saat ini ada langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah menggunakan spatula dari kayu atau silikon yang sudah bersertifikat food grade. Lalu, hindari mencuci wajan keramik dengan sikat dan gumpalan kawat. 

3. Harga Tergolong Mahal

wajan keramik warna hitamshutterstock.com

Harga wajan keramik lebih mahal dibandingkan dengan wajan berbahan lain. Namun, bukan tanpa alasan. Harga tersebut memang sesuai dengan keunggulan yang dimiliki wajan keramik. Ditambah lagi usia pemakaiannya tergolong lama. 

Sekarang kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangan dari wajan keramik? Jadi, tetap mau menggunakan wajan lama kamu atau mulai beralih ke wajan keramik, nih? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mempertimbangkan wajan keramik, ya!

Kamu bisa, lho menemukan wajan keramik yang berkualitas di Dekoruma! Selain wajan, Dekoruma juga jual berbagai peralatan memasak lainnya, seperti panci, pressure cooker, pisau & alat pemotong, spatula, saringan, bahkan kompor dan oven pun tersedia.

Lebih dari itu, ada pula aneka jenis furnitur untuk hunianmu. Dekoruma jual meja tamu, rak dinding, sofa, lemari pakaian, kursi makan, hingga tempat tidur. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari semua produk kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

Leave a Reply