Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi yang Perlu Kamu Ketahui

Mengetahui Plus Minus Kompor Induksi

Belakangan ini, kompor induksi cukup digemari oleh keluarga modern. Tampilannya minimalis dan cara pemakaiannya praktis. Kompor induksi sekilas mirip tampilannya dengan kompor listrik, tapi cara kerjanya berbeda. Kompor induksi memanaskan wajan menggunakan energi elektromagnetik, sedangkan kompor listrik menggunakan elemen pemanas yang mengalirkan radiasi ke makanan.

Nah, kalau saat ini kamu berencana untuk membeli kompor induksi, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya agar dapat dipikirkan secara matang dan tidak menyesal ketika sudah membelinya. Yuk, simak plus minus kompor induksi melalui ulasan dari Kania berikut ini!

Banner Dekoruma Retail

Kelebihan Kompor Induksi

Pertama-tama, Kania akan membahas mengenai kelebihan kompor induksi terlebih dahulu. Setidaknya, ada lima keunggulan yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, yaitu:

1. Hemat Energi

sebuah panci berisi kuah di berada di atas kompor induksihgtv.com

Dibandingkan dengan kompor gas dan listrik, kompor induksi lebih hemat energi. Hal ini dikarenakan energi elektromagnetik yang dikeluarkan hanya memanaskan alat masak, bukan ke area di sekitarnya. Tangan pun tidak akan kepanasan saat memasak.

2. Tampilan Modern

kelebihan dan kekurangan kompor induksirealtor.com

Tampilan kompor induksi sangat modern. Ukurannya tipis, hemat tempat, dan dapat diletakkan dengan cantik di atas meja dapur. Warnanya hitam sehingga cocok untuk semua gaya interior dapur. Sementara itu, permukaannya dilapisi kaca yang sleek.

3.Suhu Panas Terkontrol

seseorang sedang mengatur suhu kompor induksieverydaycheapskate.com

Suhu panas yang dikeluarkan kompor induksi dapat dikontrol dengan mudah dan cukup presisi. Saat menyalakan kompor, panasnya akan cepat menyebar dan mencapai suhu yang diinginkan. Sebaliknya, ketika mematikan kompor, maka suhunya akan segera turun. Makanan pun tidak akan kematangan atau gosong meski kamu tidak segera memindahkannya ke piring saji.

4. Permukaan Kompor Dingin dan Rata

gambar permukaan kompor induksi yang rataarchitecturaldigest.in

Kompor induksi hanya memanaskan alat masak yang ada di atasnya saja. Itu berarti area permukaan kompor lainnya akan tetap terasa dingin. Dengan demikian, risiko paparan panas seperti luka bakar dan kebakaran dapat diminimalisir. Permukaannya juga rata sehingga lebih mudah dibersihkan dari noda masakan.

5. Kompor yang Paling Aman

kompor induksi di dapur berwarna putihwired.com

Kompor gas rawan dengan kebocoran dan ledakan apabila tidak dioperasikan dengan tepat. Baik pada saat pemasangan selang ke tabung gas atau ketika lupa mematikan kompor. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi pada kompor induksi karena terdapat sistem otomatis. Saat wajan diangkat, maka kompor akan mati. Meletakkan serbet dan gawai di dekat kompor induksi juga tidak masalah karena tidak ada panas yang merambat.

Kekurangan Kompor Induksi

Selain kelebihannya, kamu juga wajib tahu kekurangan dari kompor induksi agar tidak salah pilih. Berikut kelemahan kompor induksi:

1. Harga Mahal

seseorang sedang memasak menggunakan kompor induksireviewed.com

Kekurangan kompor induksi yang paling terasa adalah harganya yang mahal. Faktornya adalah teknologi sumber panas dan sistem keamanan yang ditawarkan. Namun, hal ini tentu akan sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya.

2. Butuh Peralatan Masak Khusus

proses memasak kerang menggunakan kompor induksipinterest.com

Tidak semua jenis peralatan masak dapat digunakan pada kompor induksi. Pertama-tama, bagian bawah wajan atau panci harus rata berhubung permukaan kompor juga rata. Kedua, materialnya harus mengandung magnet supaya bisa bereaksi dengan energi elektromagnetik.

Supaya tidak salah beli, cermati label peralatan masak. Jika ingin menggunakan yang sudah ada di rumah, kamu bisa memeriksa dengan cara meletakkannya pada kompor induksi. Apabila ada tarikan magnet, maka bisa digunakan.

3. Butuh Adaptasi Penggunaan

seseorang memasak sayuran dengan kompor induksishutterstock.com

Kompor induksi mampu memanaskan wajan dalam waktu singkat dan merata. Makanan pun akan jadi lebih cepat matang. Apabila kamu sudah terbiasa menggunakan kompor gas, hati-hatilah saat menggunakan kompor induksi.

Mungkin biasanya kamu harus menunggu beberapa waktu saat menggunakan kompor gas. Jika belum terbiasa dan kamu menerapkan hal tersebut pada kompor induksi, bisa-bisa makanan jadi gosong. Sebaiknya, siapkan aneka bumbu masak yang akan digunakan dan selalu perhatikan kondisi masakan.

4. Mudah Tergores

kompor induksi di atas meja dapur marmerhgtv.com

Permukaan kompor induksi dilapisi dengan kaca yang halus. Tampilannya memang cantik dan modern, tapi sayang jadi lebih mudah tergores. Oleh karena itu, telitilah sebelum meletakkan alat masak. Pastikan tidak ada kerikil atau benda tajam di permukaan kompor.

Selain itu, jangan memindahkan kompor induksi dengan cara menggeser atau menyeretnya. Pada saat membersihkan kompor, sebaiknya kamu hanya menggunakan kain lembut dan cairan pembersih yang sesuai.

Demikianlah ragam kelebihan dan kekurangan kompor induksi yang perlu kamu ketahui. Jadi, mau beralih ke kompor induksi atau sudah nyaman dengan kompor yang sekarang kamu gunakan di rumah? Silakan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari pakaian, sofa, meja makan, meja TV, tempat tidur, hingga meja rias. Model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Langsung saja cek di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply