Pahami Plus Minus Material Kalsiboard untuk Plafon Rumah!

Kelebihan dan Kekurangan Material Kalsiboard

Kamu sedang mencari atau membanding-bandingkan material terbaik untuk plafon rumah? Ya, banyaknya material memang kerap kali membuat kita jadi bingung dalam memilihnya, apalagi plafon rumah akan dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Kalau sampai salah pilih, kita juga yang akan menanggung risikonya. Namun, dari sekian banyak material plafon, ada satu yang wajib kamu pertimbangkan, yaitu kalsiboard.

Kalsiboard merupakan material yang memiliki bentuk seperti papan tebal dan punya kekuatan yang mumpuni untuk dijadikan plafon rumah. Akan tetapi, material ini juga punya kekurangan. Nah, supaya lebih memahaminya, simak ulasan Kania mengenai plus minus kalsiboard di bawah ini, yuk!

Apa itu Kalsiboard?

kalsiboardbuildgp.com

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangannya, ada baiknya kamu pahami dulu apa itu kalsiboard. Kalsiboard adalah material bangunan yang terbuat dari beberapa campuran bahan, yaitu pasir silika, serat selulosa, dan semen. Semua campuran bahan tersebut diolah secara bersamaan, kemudian dikeringkan dalam temperatur suhu dan tekanan yang sangat tinggi.

Kalsiboard sendiri ada banyak jenisnya dan dari setiap jenis tersebut memiliki ketebalan dan fungsinya masing-masing. Misalnya saja ada jenis kalsipart yang biasa digunakan untuk membuat partisi ruangan, ada juga kalsiclad untuk dinding luar rumah. Nah, kalau untuk plafon, jenis kalsiboard yang biasa digunakan adalah kalsirata dan kalsiboard ling.

Keunggulan Material Kalsiboard untuk Plafon

tumpukan kalsiboardpariandco.com

Saat ini, material kalsiboard mulai banyak diburu orang-orang untuk membuat plafon. Bukan tanpa alasan, hal tersebut karena kalsiboard memiliki sejumlah keunggulan yang patut diacungi jempol. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja cek keunggulan kalsiboard untuk plafon rumah di bawah ini:

Kalsiboard Punya Daya Tahan yang Baik

Daya tahan material kalsiboard tergolong sangat unggul dibandingkan material lainnya. Hal ini karena material kalsiboard tidak mudah berjamur, terutama pada kondisi yang lembap. Selain itu, kalsiboard juga tahan terhadap api, air, dan serangan rayap. Berkat ketahanannya tersebut, masa pakai plafon yang terbuat dari kalsiboard jadi lebih lama dan awet.

Kalsiboard Kuat dan Lentur

Kalsiboard memiliki sifat yang cukup elastis atau lentur. Meskipun demikian, material kalsiboard tetap punya struktur yang kuat. Oleh karena itu, material ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat model plafon rumah melengkung tanpa mengurangi kekuatannya.

Kalsiboard Mudah Dirawat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalsiboard punya daya tahan yang baik. Hal ini membuatnya jadi lebih minim perawatan. Kalaupun ada noda-noda bekas tetesan air hujan, kamu hanya perlu mengampelasnya dan melakukan cat ulang.

Kalsiboard Mudah Dipasang

Kalau kamu tidak mau repot dalam pemasangan plafon, material kalsiboard bisa jadi pilihan yang tepat. Material kalsiboard sengaja dibuat sedemikian rupa agar proses pemasangannya pada bangunan lebih mudah dibandingkan material lain. Hal ini tentu juga dapat menghemat waktu pemasangan.

Kalsiboard Aman untuk Kesehatan

Mungkin dari tadi kamu bertanya-tanya apakah material yang satu ini aman bagi kesehatan atau tidak. Jawabannya adalah sangat aman karena kalsiboard sama sekali tidak mengandung asbes yang terkenal bisa memicu kanker paru-paru. Selain itu, kalsiboard juga tidak memiliki getas sehingga tidak akan ada serbuk yang berjatuhan.

Kelemahan Material Kalsiboard untuk Plafon

kalsiboardpariandco.com

Tak bisa dipungkiri, ada kelebihan, pasti ada juga kekurangannya. Berikut merupakan beberapa kelemahan dari material kalsiboard untuk plafon rumah:

Kalsiboard Bisa Menyusut

Meski punya daya tahan yang baik, material kalsiboard cukup peka terhadap perubahan cuaca sehingga material ini dapat mengalami penyusutan pada waktu-waktu tertentu. Biasanya, saat musim hujan, kalsiboard akan mengembang sehingga strukturnya bertambah besar. Sementara, saat cuaca menjadi panas, material kalsiboard akan menyusut. Hal ini bisa menyebabkan plafon kalsiboard jadi sedikit retak.

Kalsiboard Membutuhkan Kerangka

Walaupun tergolong kuat, tapi material kalsiboard yang dipakai untuk plafon membutuhkan kerangka yang lebih kuat lagi. Kerangka tersebut diperlukan untuk menopang kalsiboard itu sendiri, terutama saat material kalsiboard mengalami penyusutan atau keretakan.

Kalsiboard Kurang Estetik

Tampilan kalsiboard kurang estetik dibandingkan material lainnya karena biasanya kalsiboard tidak bisa dimodifikasikan. Hal ini bisa menjadi masalah bagi kamu yang lebih mengutamakan keindahan pada hunian. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu tidak terlalu memerhatikan tampilan rumah, maka kelemahan kalsiboard ini bukan masalah besar.

Sekarang, kamu sudah tahu, ‘kan plus minus material kalsiboard untuk plafon rumah? Setelah mengetahuinya, apakah kamu jadi semakin tertarik menggunakannya? Jangan lupa cek juga artikel seputar material plafon rumah lainnya di Dekoruma, ya!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka produk kebutuhan rumah untuk melengkapi hunianmu, seperti furnitur, dekorasi, dan alat-alat rumah tangga. Dekoruma juga jual kasur Dunlopillo, Comforta, dan King Koil, tiga merek kasur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

Leave a Reply