Inilah Kelebihan dan Kekurangan Epoxy Lantai yang Perlu Kamu Tahu

Mengetahui Plus Minus Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah salah satu solusi lantai yang paling digunakan untuk area komersial dan fasilitas industri. Bahkan, epoxy lantai juga mulai dilirik sebagai pelapis lantai untuk perumahan dan residensial. Namun, seperti semua sistem lantai lainnya, epoxy lantai memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aplikasinya.

Nah, kalau kamu mau menggunakan epoxy lantai, Kania sarankan kamu untuk ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya supaya tidak membuat keputusan yang salah. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Banner Dekoruma Desain Interior

Apa itu Epoxy Lantai?

epoxy lantai di rumahpinterest.com

Sebelum mengaplikasikannya, pastikan kamu sudah tahu dulu apa itu epoxy lantai. Epoxy adalah material yang berfungsi sebagai pelapis untuk lantai beton. Biasanya, komposisi epoxy terdiri dari cat epoxy atau resin dan pengeras. Kedua komponen ini kemudian dicampur menjadi sebuah cat lantai yang punya penampilan menyerupai plastik dan kaku, baik transparan ataupun berwarna. 

Dengan teknologi epoxy lantai, lantai bisa selalu terlihat berkilau dan licin. Tidak jarang, epoxy lantai digunakan pada bangunan umum, seperti restoran, bandara, hingga juga pabrik yang ingin menjaga tampilan bersih. Tidak hanya untuk lantai, epoxy juga bisa digunakan pada seluruh bagian bangunan dari beton, misalnya dinding atau rangka bangunan. 

Kelebihan Epoxy Lantai 

sebuah bangunan menggunakan epoxy lantairesinfloorcoatingsuk.com

Berikut beberapa kelebihan epoxy lantai yang bisa kamu pertimbangkan untuk area bisnis atau rumah tempat tinggal:

  • Penampilan indah: Dibandingkan dengan lantai biasa, aplikasi epoxy lantai bisa memberikan penampilan yang lebih terang dan profesional. Inilah yang membuat epoxy lantai menjadi favorit karena lantai juga jadi terlihat lebih licin dan rata. Alhasil, perawatannya juga mudah, tinggal disapu dan dipel biasa. 
  • Harga terjangkau: Dibandingkan dengan jenis lantai lain, harga pemakaian epoxy lantai tergolong sangat terjangkau. Terutama karena epoxy lantai bisa diaplikasikan langsung sehingga tidak membutuhkan proses yang lebih berbelit-belit. Harga menjadi satu keunggulan lantai epoxy yang sulit dikalahkan. 

penggunaan epoxy lantai pada suatu proyekchiefepoxyfloors.com

  • Daya tahan tinggi: Punya resistensi tinggi terhadap zat cair, bahkan minyak, peluntur, dan cairan pembersih, epoxy lantai sering dipilih sebagai lantai bengkel dan industri otomotif. Selain tahan zat kimia, epoxy lantai juga tahan terhadap panas.
  • Durabilitas baik: Selain semen konkrit, epoxy lantai memiliki waktu pemakaian yang lebih lama dibanding jenis lantai lainnya. Jika pengerjaan epoxy lantai rapi dan baik sejak awal, maka bukan tidak mungkin pemakaiannya awet hingga berpuluh-puluh tahun, bahkan tidak perlu touch up lagi. 
  • Proteksi lantai: Tepat di bawah cat epoxy biasanya adalah lantai semen atau konkrit yang mudah retak, pecah, lembap, dan sebagainya. Dengan menggunakan epoxy lantai, semua masalah tersebut sudah teratasi tanpa harus membutuhkan perawatan jangka panjang. 

Kelemahan Epoxy Lantai

pengaplikasian epoxy lantaithomasnet.com

Meski banyak keunggulannya, epoxy lantai juga punya beberapa kelemahan. Berikut kelemahannya untuk dipertimbangkan:

  • Kelicinan: Karena teksturnya yang mengilap, epoxy lantai cenderung licin, terutama yang berbasis minyak. Jika lantai basah, maka kondisi lantai bisa jadi berbahaya. Sebaiknya, hindari menggunakan epoxy lantai pada daerah yang rentan basah.
  • Persiapan pengerjaan: Epoxy lantai tidak bisa langsung diaplikasikan pada semen atau konkrit, tetapi harus dibersihkan dulu dengan saksama. Sebaiknya, bagian yang retak atau pecah juga didempul terlebih dahulu. Selain itu, kondisi lantai konkrit juga tidak boleh lembap atau basah supaya tidak ada sisa udara yang terperangkap. Ini bisa mengakibatkan kondisi tidak ideal yang membutuhkan pembongkaran ke depannya.

proses epoxy lantaieverlastepoxy.com

  • Aplikasi oleh profesional: Pengerjaan epoxy lantai sebaiknya diserahkan pada tim profesional karena prosesnya cukup detail, agak rumit, dan makan waktu. Aplikasinya juga membutuhkan beberapa hari agar bisa lebih saksama dan tahan lama. 
  • Sulit diganti: Setelah epoxy lantai diaplikasikan, akan agak sulit untuk melepaskan lapisannya. Umumnya, biaya melepaskannya akan cukup tinggi dan lagi-lagi membutuhkan waktu yang harus dikerjakan oleh tim profesional. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa itu epoxy lantai beserta kelebihan dan kekurangannya? Pastikan kamu sudah mantap dan tidak salah pilih, ya. Semoga informasi dari Kania ini bermanfaat!

Ingin mewujudkan rumah impianmu dengan desain interior yang menawan? Kamu bisa mulai dari pemilihan furnitur yang tepat. Dekoruma jual aneka furniture minimalis yang multifungsi, space-saving, dan bisa kamu padukan sesuai dengan preferensimu, lho. Ruangan pun akan jadi lebih efisien.

Mulai dari meja makan, meja kerja, rak sepatu, sofa, kasur, dan yang lainnya dengan harga terjangkau. Untuk kasurnya, tersedia dari beragam merek ternama, di antaranya Dekoruma jual kasur King Koil, The Luxe, dan Sleep Care.

Selain furnitur, ada juga aneka peralatan dapur dan makan. Dekoruma jual kotak makanan & toples, gelas, wajan, spatula, hingga microwave. Yuk, langsung cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply