Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Atap Zincalume Beserta Harganya

Mengetahui Serba-serbi Atap Zincalume

Ada banyak jenis material yang bisa kamu gunakan untuk pembuatan atap rumah. Salah satu yang saat ini sedang populer digunakan adalah atap zincalume yang terkenal dengan kekuatannya, kemudahan instalasi, serta harganya yang miring.

Namun, sebelum kamu membeli atap zincalume, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, serta kisaran harga dari material ini di pasaran. Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai serba-serbi atap zincalume dari Kania berikut ini!

Banner Dekoruma Properti

Kelebihan Atap Zincalume

Eksistensi atap zincalume di pasaran yang masih bertahan hingga sekarang bukannya tanpa alasan, melainkan karena jenis atap ini punya sejumlah kelebihan yang membuatnya laris digunakan. Berikut keunggulan dari atap zincalume: 

1. Penggunaan yang Beragam

sebuah rumah dengan atap zincalume warna hitamcatnic.com 

Material satu ini terbuat dari berbagai campuran bahan yang di antaranya adalah alumunium, baja, serta seng. Meskipun kerap digunakan untuk keperluan pembuatan atap, tapi material ini dapat dipakai untuk berbagai keperluan pembangunan elemen rumah lainnya, seperti kanopi, garasi, sekat ruangan, bahkan bahan pembuatan interior rumah

2. Kemudahan Instalasi Atap Zincalume

sebuah bangunan berukuran panjang dengan atap zincalumethemetalroofcompany.co.uk 

Kelebihan lain dari atap zincalume adalah bobotnya yang lebih ringan ketimbang material atap lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu meskipun memasang atap zincalume berukuran besar dan tentunya akan membuat pengeluaran kamu untuk membayar tukang bisa diminimalisir.

3. Atap Zincalume Mudah Dibentuk

model rumah unik dengan atap zincalumethemetalroofcompany.co.uk 

Disamping bobotnya yang ringan, atap zincalume juga sangat mudah dibentuk maupun dipotong. Jadi, kamu bisa mendapatkan bentuk atap yang sesuai keinginan ataupun konsep bangunan yang diusung. Akan tetapi, pastikan kamu tetap berhati-hati saat memasangnya agar bisa tahan terhadap terpaan angin, ya!

4. Atap Zincalume Anti Karat dan Korosi

rumah tingkat dua dengan atap zincalumeburtonroofing.co.uk 

Kelebihan lain dari atap zincalume yang terkenal adalah kualitasnya yang baik untuk mencegah karat maupun korosi. Keunggulan ini dihasilkan dari campuran bahan seng, alumunium, dan resin sehingga tentunya penggunaan atap zincalume bisa tahan lama dan tidak mudah rusak. 

5. Atap Zincalume Optimal Pantulkan Cahaya

gambar rumah dengan atap zincalumeburtonroofing.co.uk 

Kelebihan lain dari atap zincalume yaitu adanya lapisan pasivasi. Lapisan ini sangatlah efektif menghadirkan permukaan dengan tampilan mengilap sehingga mampu memantulkan cahaya maupun panas secara optimal. 

6. Atap Zincalume Tahan Berbagai Kondisi Cuaca

tampilan atap zincalume dari dekattheslateroofingcompany.com.au 

Selain itu, atap zincalume juga tahan terhadap berbagai kondisi suhu maupun cuaca. Berkat produksi atap zincalume yang dilakukan pada suhu tinggi, hal tersebut membuat atap ini bisa digunakan di berbagai macam kondisi suhu bangunan. Dengan demikian, jenis atap ini cocok juga digunakan di rumah-rumah yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Kekurangan Atap Zincalume

Meski memiliki banyak kelebihan, tapi atap zincalume juga punya beberapa kekurangan yang sebaiknya juga turut kamu pertimbangkan. Adapun, kekurangan dari jenis atap ini adalah:

1. Atap Zincalume Mudah Tergores

model atap zincalume dengan kombinasi kacajtcroofing.co.uk 

Ya, atap zincalume cukup mudah terkena gores sehingga kamu sebaiknya tetap berhati-hati dalam melakukan pemasangan ataupun ketika menyimpannya. Ini bertujuan agar atap zincalume tidak terbentur dan menyebabkan goresan yang bisa menimbulkan karat. 

2. Atap Zincalume Bising Saat Hujan

sebuah rumah kayu dengan atap zincalumesouthcoastmetalroofing.com 

Selain itu, atap zincalume pun cenderung mengeluarkan suara yang berisik saat hujan. Dikarenakan material ini cukup tipis dan ringan, maka atap zincalume pun memiliki tingkat kebisingan yang lebih tinggi ketimbang jenis atap lainnya. Jadi, jika kamu tak tahan terhadap suara bising saat hujan, maka sebaiknya kamu kembali mempertimbangkan penggunaan material satu ini. Jika tetap ingin menggunakan atap zincalume, kamu bisa memasang peredam suara di bagian dalam rumah untuk meminimalisir kebisingannya.

Harga Murah Atap Zincalume

gambar cerobong asap dengan atap zincalumematmatch.com 

Meskipun terdapat kekurangan seperti mudah tergores dan bising saat hujan, tapi banyaknya kelebihan dari atap zincalume membuat material ini tetap diminati. Terlebih lagi, atap zincalume pun dijual dengan banderol yang sangat terjangkau. Kamu bisa membeli atap zincalume dengan harga mulai Rp40 ribuan per meter persegi. Namun, harganya juga turut dipengaruhi oleh ketebalannya yang tersedia di pasaran.

Demikianlah beberapa kelebihan, kekurangan, dan kisaran harga dari atap zincalume. Jadi, apakah kamu tertarik menggunakan jenis atap yang satu ini?

Selain informasi di atas, temukan juga berbagai inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari furnitur dan aksesoris rumah, Dekoruma juga menyediakannya, lho. Dekoruma jual nakassofa bed, lemari pakaian, meja tamu, tempat tidur, rak & troli dapur, serta aneka furnitur space-saving lainnya.

Ada juga ragam aksesoris rumah, Dekoruma jual gorden & aksesoris, lampu, cermin, tempat penyimpanan, hingga peralatan dapur. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply