Mengenal Karakteristik Anggrek Ekor Tupai dan Tips Menanamnya

Ciri Khas Tanaman Anggrek Ekor Tupai dan Cara Menanamnya

Bunga anggrek biasanya berbentuk satuan dengan ukuran yang cukup besar yang membuatnya menjadi kian menawan. Namun, sedikit berbeda dengan jenis anggrek ekor tupai. Ini merupakan jenis anggrek yang memiliki bunga kecil bergerombol membentuk kesatuan yang jika samar dilihat miring seperti buntut dari tupai atau bajing. Kamu bisa menemukan banyak warna untuk anggrek ekor tupai ini, mulai sari nuansa ungu putih sampai pink pekat.

Banyak orang tertarik menanam anggrek ekor tupai karena karakteristiknya yang unik dan kuat. Selain itu, cara menanam jenis anggrek yang satu ini juga tergolong simpel.

Nah, biar nggak makin penasaran, yuk ketahui karakteristik dari tanaman asli Asia yang satu ini. Jangan ketinggalan pula tips dan trik menanam anggrek ekor tupai supaya ia bisa tumbuh subur dan menawan!

Karakteristik Anggrek Ekor Tupai

Apa saja sih keunikan dari jenis anggrek yang satu ini? Kamu pasti penasaran kenapa anggrek ekor tupai ini begitu digemari. Untuk itu, simak 4 karakteristik dari tanaman anggrek ekor tupai berikut, dijamin kamu pun akan sulit memalingkan perhatian dari jenis anggrek yang unik ini!

1. Akar yang Menjuntai

tanaman anggrek ekor tupai di dalam pot gantungsarusandaorchid.com

Anggrek ekor tupai memiliki akar yang menjuntai seiring bertambahnya umur tanaman ini. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pot yang berlubang guna memungkinkan pertumbuhan akar anggrek ini tetap maksimal. Menggantungkan anggrek ekor tupai pun lebih disarankan kalau kamu mau merawat tanaman ini.

2. Warna yang Memudar

tanaman anggrek ekor tupaishutterstock.com

Tampilan gerombolan bunga dari anggrek ekor tupai sangat menarik karena adanya gradasi, di mana ujung bunga memiliki warna yang lebih pekat, seperti ungu atau merah. Semakin ke inti bunga, warnanya memudar hingga bisa menyentuh warna putih.

3. Aroma Kuat Saat Malam

gambar tanaman anggrek ekor tupai warna putih ungutourismthailand.sg

Tanaman anggrek ekor tupai termasuk jenis bunga yang semakin mengeluarkan bau sedap saat malam hari. Karena alasan ini jugalah, banyak orang memilih menanam anggrek ekor tupai sebagai pewangi rumah alami.

4. Tidak Suka Panas, Tapi Suka Terang

detail tanaman anggrek ekor tupaishutterstock.com

Bunga anggrek termasuk jenis tanaman yang nggak terlalu suka panas. Namun di sisi lain, mereka juga butuh cahaya yang kuat. Oleh karena itu, penting banget untuk menaruh anggrek ekor tupai di tempat yang teduh, tapi tetap menerima cahaya matahari secara maksimal.

Tips dan Trik Menanam Anggrek Ekor Tupai

Supaya anggrek ekor tupai yang kamu miliki bisa tumbuh indah dan subur, ada beberapa tips yang perlu dilakukan ketika menanamnya. Tenang saja, menanam anggrek ekor tupai nggak sulit, kok. Kamu cukup ikuti beberapa tips di bawah ini dan lihat hasil bunga anggrek ekor tupaimu akan terlihat memesona!

1. Pilih Pot Tanah Liat yang Cukup Besar

ilustrasi pot tanaman untuk anggrek ekor tupaitonyzorchardgarden.blogspot.com

Pot tanah liat merupakan pilihan ideal untuk menanam anggrek ekor tupai. Jenis pot ini umumnya memiliki bagian bawah berlubang yang memungkinkan akar anggrek menjuntai dan tumbuh optimal. Memilih pot tanah liat berukuran besar lebih disarankan karena anggrek ekor tupai termasuk tanaman yang bisa tumbuh cukup besar. Memakai pot yang besar tentu akan membuat perawatan tanaman lebih mudah karena kamu nggak perlu repot memindahkannya ketika bertambah ukuran.

pot tanaman unik - holladecor Vas Gianna 10x10 cm

holladecor Vas Gianna 10×10 cm

Jangan membayangkan pot tanah liat bakal terlihat monoton karena kamu bisa membeli yang modelnya lebih menarik. Misalnya saja, pot tanah liat yang dilukis dengan aneka warna semi abstrak yang bisa membuatmu sulit memalingkan mata. Namun, tetap pilih ukuran yang paling sesuai untuk pertumbuhan anggrek ekor tupai, ya!

2. Gantung Anggrek Ekor Tupai

tanaman anggrek ekor tupai yang digantungjournalnow.com

Anggrek ekor tupai memiliki akar yang panjang dan menjuntai. Jadi, lebih baik kamu menanamnya dengan cara digantung. Cara ini akan membuat pertumbuhan tanaman hias ini menjadi lebih maksimal.

3. Beri Batu Sebagai Media Tanam

batu sebagai media tanam anggrek ekor tupaikpcnews.com

Selain tanah yang subur, jangan lupa tambahkan batu-batu kecil pada pot yang berisi anggrek ekor tupai. Batu-batu ini bisa menstimulasi perkembangan akar sehingga perkembangan anggrek ekor tupai lebih cepat dan optimal.

4. Taruh di Teras Rumah

tanaman anggrek ekor tupai yang unikallaboutgardening.com

Anggrek ekor tupai sebenarnya sangat suka cahaya dan tempat yang hangat. Namun di sisi lain, tanaman ini nggak terlalu kuat terpapar panas yang ekstrem, khususnya pada siang hari. Salah satu penempatan terbaik untuk menanam jenis anggrek ini adalah di area teras rumah, yang mana anggrek ekor tupai bisa mendapatkan cahaya dan kehangatan yang baik, tapi tidak terlalu kenapasan juga.

Alegre Oyster Coffee Table

Alegre Oyster Coffee Table

Di saat kamu ingin memandangi keindahan anggrek ekor tupai dari dekat atau hendak memamerkannya di media sosial, kamu bisa lepaskan pot dari gantungan dan letakkan di meja teras untuk beberapa waktu. Nah, supaya makin klop dan terlihat natural, gunakan meja teras atau coffee table yang bergaya alam, seperti rekomendasi produk dari Kania di atas.

Permukaan meja terbuat dari potongan kayu alami. Sementara itu, kaki meja terbuat dari material besi yang ramping sehingga terlihat lebih modern.

5. Siram Setiap Hari

ilustrasi proses penyiraman anggrek ekor tupai dengan cara disemprotshutterstock.com

Anggrek ekor tupai membutuhkan kelembapan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu harus menyiramnya setiap hari agar ia tidak kering. Namun, usahakan menyiramnya dengan cara disemprot agar airnya tidak terlalu banyak. Apabila cara menyiramnya salah, risiko pembusukan akar bisa saja terjadi!

Tertarik memelihara anggrek ekor tupai di rumahmu? Yuk, beli bibitnya di toko tanaman terdekat dan tanam di teras rumahmu. Berkat cara menanamnya yang tidak terlalu sulit, anggrek ekor tupai ini pun cocok untuk pemula.

Temukan ragam informasi seputar berkebun lainnya di Dekoruma! Selain soal bercocok tanam, ada juga berbagai inspirasi desain interior untuk hunianmu. Bahkan, di Dekoruma kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu makin maksimal. Dekoruma jual penyimpanan kantor, sofa, lemari pakaian, meja makan, rak buku, tempat tidur, hingga nakas.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan jasa desain interior dan pembuatan kitchen set melalui Dekoruma Desain Interior! Tak hanya di daerah Jadetabek, kini Dekoruma juga siap melayani untuk di daerah Bandung, baik itu desain interior Bandung maupun kitchen set Bandung. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply