6 Jenis Tanaman Rumah Penghasil Oksigen untuk di Dalam Ruangan

Ragam Tanaman Rumah Penghasil Oksigen yang Cocok untuk Area Indoor

Pernah mendapat saran untuk tidak memajang tanaman hidup di dalam rumah? Hal itu karena ditakutkan kamu dan anggota keluarga yang lain jadi berebut oksigen dengan tanaman tersebut. Saran itu ada benarnya, tapi tidak berlaku untuk semua tanaman. Banyak tanaman yang memang menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari. Namun, ada pula tanaman rumah penghasil oksigen yang justru membuat ruangan hunianmu makin sejuk dan bersih.

Berbagai jenis tanaman rumah penghasil oksigen pun sangat manis dijadikan dekorasi di dalam rumah. Kamu bisa menempatkannya pada pot tanaman estetik, vas kaca, bahkan menyusunnya dalam rak khusus tanaman agar terlihat lebih menarik.

Jadi, apa saja tanaman rumah penghasil oksigen yang bakal membuat hunianmu makin segar? Berikut ini Kania punya beberapa pilihan tanaman rumah penghasil oksigen yang sangat bagus untuk menghiasi ruangan di hunianmu. Simak ulasan lengkapnya sampai habis, ya!

Lidah Mertua

tanaman rumah penghasil oksigen lidah mertuashutterstock.com

Lidah mertua bisa dibilang sebagai salah satu tanaman rumah penghasil oksigen yang sangat baik. Tanaman ini mampu menghasilkan oksigen sepanjang hari, sekaligus membersihkan udara dari polutan yang bisa berbahaya bagi kamu dan keluarga.

Model daun tanaman lidah mertua yang keras dengan ujung yang tajam pun membuatnya mampu membuat ruanganmu lebih artistik. Namun ingat, lidah mertua tetap butuh sinar matahari. Jadi, sebaiknya taruhlah tanaman rumah penghasil oksigen ini di dekat jendela.

Krisan

tanaman rumah penghasil oksigen krisanmolekule.science

Ada nggak tanaman rumah penghasil oksigen berupa bunga aneka warna? Tentu saja ada! Salah satunya, kamu bisa pilih bunga krisan.

Tanaman rumah penghasil oksigen ini memiliki kumpulan bunga aneka warna yang cantik dan membuat ruangan kamu terlihat lebih menarik. Namun yang paling penting, krisan bisa menghasilkan oksigen sekaligus membuang polutan yang ada di sekitarnya sehingga udara di ruanganmu jadi lebih bersih.

Nestudio Carmen Glass Vase untuk tanaman rumah penghasil oksigen

Nestudio Carmen Glass Vase

Karena berupa bunga, kamu bisa menempatkan tanaman rumah penghasil oksigen ini dalam vas kaca yang juga cantik seperti rekomendasi produk di atas dan menjadikannya sebagai dekorasi ruang tamu. Tinggal letakkan saja di atas meja tamu atau coffee table. Bentuknya yang sekilas menyerupai botol minum dengan lekukan yang membuatnya elegan bakal membuat ruanganmu makin mewah.

Peacy Lily

tanaman rumah penghasil oksigen peace lilyecowarriorprincess.net

Sedang mencari tanaman rumah penghasil oksigen yang nggak ribet perawatannya? Peace lily harus masuk dalam daftar yang kamu cari. Soalnya, tanaman rumah penghasil oksigen ini nggak terlalu membutuhkan sinar matahari sepanjang waktu sehingga kamu bisa menaruhnya di mana pun di dalam ruangan rumah.

Untuk penyiramannya pun tidak perlu terlalu sering. Peace lily cukup disiram setidaknya satu kali seminggu. Ini merupakan tanaman rumah penghasil oksigen dengan bunga yang cantik dan nggak gampang layu.

Lili Paris

tanaman rumah penghasil oksigen lili parisshutterstock.com

Dijamin deh, rumah kamu akan terasa lebih sejuk dan makin asri ketika menghadirkan tanaman lili paris. Bukan hanya karena lili paris termasuk jenis tanaman rumah penghasil oksigen, tapi kesan sejuk dan hijau di rumah bisa meningkat karena tanaman yang juga disebut¬†spider plant ini memiliki daun-daun panjang berwarna hijau muda yang rimbun. Lili paris juga termasuk tanaman yang nggak “rewel” sehingga kamu tak akan kesulitan ketika memeliharanya.

pot kayu Pineapple Lifestyle Furniture Miguel Planter (Small) untuk tanaman rumah penghasil oksigen

Pineapple Lifestyle Furniture Miguel Planter (Small)

Kamu mungkin memerlukan pot tanaman dengan ukuran yang cukup besar atau sedang untuk menaruh tanaman rumah penghasil oksigen ini. Menempatkannya di pot kayu jati estetik seperti inspirasi produk di atas bisa menjadi salah satu rekomendasi. Memiliki diameter 58 sentimeter, pot tanaman ini pas banget menjadi wadah tanaman-tanaman rimbun untuk ditaruh di dalam rumah.

Sirih Gading

tanaman rumah penghasil oksigen sirih gadingshutterstock.com

Tanaman rumah penghasil oksigen yang satu ini punya sifat merambat sehingga sangat cocok jika kamu memajangnya di pot gantung atau membiarkannya tumbuh merambat di salah satu dinding rumah. Tanaman rumah penghasil oksigen ini nggak cuma efektif memproduksi oksigen, lho, tapi juga bisa membantu mengurangi karbon dioksida di dalam ruangan. Jadi, apakah kamu tertarik memajang sirih gadih sebagai tanaman hias indoor di hunianmu?

Lidah Buaya

tanaman rumah penghasil oksigen lidah buayahousebeautiful.com

Tanaman lidah buaya dengan ukuran yang nggak terlalu besar bakal manis menghias ruangan hunianmu. Lebih daripada itu, lidah buaya juga merupakan jenis tanaman rumah penghasil oksigen, lho! Menempatkan lidah buaya dalam sebuah ruangan tentunya dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan tersebut. Kamu hanya perlu menyiapkan pot yang pas untuk tanaman yang juga terkenal sangat efektif melembapkan kulit ini.

rak sudut Xavier Home Decor Rak Display MIKI untuk menaruh tanaman rumah penghasil oksigen

Xavier Home Decor Rak Display MIKI

Kalau kamu mau memajang beberapa tanaman lidah buaya atau dijajarkan dengan tanaman rumah penghasil oksigen lainnya, kamu bisa gunakan rak susun terbuka yang space-saving seperti model di atas untuk memajangnya. Taruh saja rak tersebut di #SatuSudutDulu. Seiring bertambahnya koleksi tanaman, kamu juga bisa menambahkan raknya. Dengan demikian, hunian pun jadi lebih rapi dan cantik.

Namun, tetap perhatikan kebutuhan dari tanaman rumah penghasil oksigen. Jika tanaman tersebut membutuhkan banyak sinar matahari. Tempatkanlah rak tersebut di area sudut yang dekat dengan jendela atau paling tidak di area yang terpapar sinar matahari agar tanaman dapat tetap tumbuh subur.

Selain jenis-jenis tanaman yang Kania bahas di atas, masih banyak lagi tanaman rumah penghasil oksigen yang bisa kamu temukan. Saran Kania, pilihlah tanaman rumah penghasil oksigen yang bentuknya juga unik dan cantik sebagai dekorasi hunian. Selamat berburu tanaman rumah penghasil oksigen sesuai kesukaanmu!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma! Ada banyak pembahasan yang bisa kamu temukan, mulai dari topik mengenai cara menata rumah mungil, inspirasi desain dapur bawah tangga, cara mengusir kecoa, hingga penyebab kulkas tidak dingin.

Selain artikel, kamu juga bisa belanja furniture online, lho. Dekoruma jual spring bed, sofa, rak buku, kabinet dapur, tempat tidur, hingga meja kerja. Desainnya multifungsi dan modern, harganya pun ramah di kantong!

Tersedia pula jasa desain interior dan pembuatan kitchen set, tepatnya melalui Dekoruma Desain Interior. Tak hanya di daerah Jadetabek, kini Dekoruma juga siap melayani untuk di daerah Bandung, baik itu desain interior Bandung maupun kitchen set Bandung. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply