5 Jenis Tanaman Rambat untuk Kanopi yang Bikin Rumah Jadi Sejuk

Ragam Jenis Tanaman Rambat untuk Kanopi Rumah yang Cantik

Mayoritas rumah di Indonesia memiliki kanopi. Baik itu untuk sekadar bersantai atau menaungi garasi dari panas dan hujan. Beberapa orang suka menambahkan tanaman rambat untuk kanopi supaya lebih rimbun, sejuk, dan estetik. 

Kamu ingin menambah tanaman rambat untuk kanopi juga? Jangan sembarangan pilih, ya! Berikut Kania sudah mengumpulkan 5 jenis tanaman rambat untuk kanopi yang tepat untukmu!

Bougenville

tanaman rambat untuk kanopi bougenvilleunsplash.com

Ingin kanopi tampil lebih berwarna dan sejuk? Kalau begitu, tanamlah tanaman rambat untuk kanopi jenis bougenville. Tanaman merambat ini memiliki daun hijau muda dan kembang yang mekar tahunan. Kembangnya sendiri ada yang berwarna ungu, merah, oranye, putih, dan juga kuning. 

Tanaman rambat untuk kanopi ini cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Hal ini dikarenakan bougenville membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Perawatan tanaman rambat untuk kanopi ini sederhana. Siram secukupnya, lalu pangkas usai kembangnya berguguran. Tujuannya untuk memancing pertumbuhan yang seragam dan menjadikan rumah tetap rapi.

Tanaman Dolar

tanaman rambat untuk kanopi dolartokotanaman.com

Tanaman rambat untuk kanopi ini tidak memiliki bunga. Tanaman dollar hanya terdiri dari daun-daun berukuran kecil berwarna hijau tua. Popularitasnya cukup tinggi lantaran tanaman rambat untuk kanopi ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Daun-daunnya jarang rontok, pertumbuhannya cepat, dan akarnya kecil. Akar yang kecil ini tidak akan merusak permukaan lantai ataupun paving block di sekitarnya.

lampu 3+Projects Bollard Lamp sebagai penerang tanaman rambat untuk kanopidekoruma.com

Namun, perlu diperhatikan juga untuk tampilan keseluruhan. Warna hijau tua dan daun dolar yang begitu rimbun akan membuat kanopi terlihat gelap. Sebagai solusinya, kamu bisa menambahkan lampu seperti Bollard Lamp pada sudut kanopi. Lampu dari 3+ Projects ini menjadikan kanopi lebih terang dan tekstur daun dolar semakin terlihat jelas di malam hari. Rumah pun akan terlihat lebih mewah!

Alamanda

tanaman rambat untuk kanopi bunga alamandapixabay.com

Saat memiliki rumah baru, pasti senang sekali ya memikirkan tampilan rumah secara keseluruhan. Termasuk untuk urusan tanaman rambat untuk kanopi. Nah, untuk memancarkan keceriaanmu, coba tanam bunga alamanda.

Tanaman rambat untuk kanopi ini memiliki bunga berwarna cerah seperti pink dan kuning. Namun, di Indonesia bunga alamanda warna kuning lebih populer. Bunganya sendiri menyerupai terompet dengan kelompak berjumlah lima buah.

Morning Glory

tanaman rambat untuk kanopi morning glorypixabay.com

Sesuai dengan namanya, tanaman rambat untuk kanopi ini memiliki bunga yang bermekaran setiap pagi. Warnanya beraneka ragam, tapi yang paling banyak ditemukan adalah warna biru tua dan biru muda. Bunganya berjumlah sangat banyak. Daunnya besar-besar menyerupai bentuk hati. Suasana di sekitar kanopi rumah jadi semakin rimbun dan indah.

Perawatan tanaman rambat morning glory tidak sulit. Cukup diberi air sewajarnya saja, jangan berlebihan karena akarnya bisa membusuk. Tanaman rambat untuk kanopi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menutupi permukaan dinding luar yang tampilannya kurang menarik. Dengan demikian, bagian dalam rumah pun akan terasa lebih sejuk di siang hari.

set meja dan kursi outdoor - Atria De Grass Wicker Table & Chairdekoruma.com

Rasanya sayang sekali kalau keindahan morning glory di pagi hari dilewatkan begitu saja. Saran Kania, sediakanlah set meja dan kursi di bawah kanopi untuk bersantai memandangi cantiknya bunga morning glory. Namun, pastikan kamu menggunakan meja dan kursi khusus untuk area outdoor, seperti Atria De Grass Wicker Table & Chair.

Desain set meja dan kursi ini sederhana. Namun, pemilihan material kaca, besi, dan rotan menjadikannya sempurna untuk area outdoor yang kerap terpapar matahari dan hujan. Duduk santai sambil menyeruput kopi di pagi hari dan menikmati keindahan tanaman rambat untuk kanopi akan membuat kamu lebih rileks.

Flame of Irian

tanaman rambat untuk kanopi flame of Irianpinterest.com

Tanaman rambat untuk kanopi yang terakhir adalah flame of Irian atau dikenal sebagai melati Irian. Keindahannya berasal dari bunga yang menjuntai ke bawah. Warna bunga ini merah menyala sehingga langsung menyita perhatian orang yang memandangnya.

Pada saat memangkas daun, kamu bisa pertimbangkan untuk memangkas beberapa bunga juga. Tujuannya untuk mendapatkan panjang juntaian bunga yang lebih teratur dan tidak mengganggu kepala orang yang melintas di bawahnya.

Demikianlah 5 jenis tanaman rambat untuk kanopi yang bisa kamu pertimbangkan. Dijamin, rumah kamu bakal jadi lebih cantik dan suasananya makin sejuk. Jadi, kamu mau pilih yang mana, nih?

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Ada banyak ragam pembahasan dan inspirasi seputar home & living. Mulai dari ide desain dapur kecil tapi cantik, tips merawat tanaman bagi pemula, hingga mengupas perbedaan baking powder dan baking soda.

Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur untuk hunianmu, lho. Nggak perlu khawatir kalau punya rumah mungil, kamu bisa mulai menata hunian dari #SatuSudutDulu dengan pilihan furnitur space-saving dan multifungsi yang bisa membuat ruangan jadi lebih efisien dan maksimal. Dekoruma jual sofa, credenza, kabinet dapur, tempat tidur, meja TV, hingga lemari pakaian. Yuk, langsung cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply