6 Jenis Ikan Molly Tercantik dan Tips Memiliharanya di Rumah

Ragam Jenis Ikan Molly yang Bisa Dipelihara

Kamu tertarik memelihara ikan hias di rumah? Salah satu ikan hias yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipelihara adalah ikan molly sebab ikan hias air tawar yang satu ini sangat cantik, unik, dan juga tergolong mudah dirawat.

Jenis ikan molly sendiri ada banyak, yang mana masing-masing memiliki keunikan dan ciri khasnya. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu berkenalan dengan 6 jenis ikan molly yang paling cantik dan favorit, serta tips untuk merawatnya di rumah. Simak ulsannya sampai habis, ya!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Ikan Molly Hitam

jenis ikan Molly Hitam - Black Molly Fishshutterstock.com

Jenis pertama adalah molly hitam. Sesuai dengan namanya, ikan yang satu ini memiliki tubuh berwarna hitam yang sangat anggun. Namun, beberapa dari jenis ikan molly hitam juga memiliki sedikit warna kuning ataupun oranye pada bagian siripnya sehingga memberikan tampilan unik.

Molly Sailfin

jenis ikan Molly Sailfinshutterstock.com

Selanjutnya adalah ikan molly Sailfin. Jenis ikan yang satu ini terdiri dari berbagai macam warna, mulai dari oranye, kuning, hingga hitam. Adapun, karakter dari ikan ini adalah bentuk tubuh yang standar dengan sirip punggung yang jauh lebih tinggi serta membentang hingga ke dasar sirip ekor.

Ikan Molly Balon

jenis ikan Molly Balon - Balloon Mollyshutterstock.com

Ada pula jenis molly Balon. Namanya tentu tidak sembarangan dipilih, melainkan karena jenis ikan ini memiliki bagian perut yang menggelembung menyerupai balon. Molly balon pun terdiri dari berbagai macam warna. Bentuknya yang tidak biasa dan unik ini menjadikannya semakin digemari banyak orang, terutama oleh pecinta ikan.

Molly Lyretail

jenis ikan Molly Lyretailshutterstock.com

Jenis ikan molly lain yang bisa kamu rawat di rumah adalah Lyretail. Jenis ikan yang satu ini memiliki sirip ekor yang sangat indah, di mana bagian ekor atas dan bawah sama-sama memanjang sehingga memberikan tampilan bercabang yang sangat cantik. Tertarik memlihara lyretail molly ini?

Molly Dalmatian

jenis ikan Molly Dalmatianfishparenting.com

Jenis ikan molly ini adalah salah satu varian yang sangat populer di Indonesia. Memiliki warna dasar putih yang sangat cantik, terdapat juga bintik hitam yang menghias tubuh jenis ikan ini sehingga penampilannya sangat mirip dengan anjing Dalmatian.

Molly Golden Doubloon

jenis ikan Molly Golden Doubloonjustdial.com

Jenis terakhir adalah molly Golden Doubloon. Jenis ikan yang satu ini juga sangat populer di Indonesia dan memiliki karakter unik, di mana pada bagian tubuh depannya berwarna kuning keemasan, sedangkan bagian belakangnya memiliki warna hitam pekat yang sangat cantik.

Tips Memelihara Ikan Molly

dua ikan Molly di akuarium cantikshutterstock.com

Secara umum, ikan molly adalah salah satu jenis ikan yang sangat mudah dipelihara. Mereka dapat bertahan hidup pada air dengan suhu antara 22 celcius hingga 27 celcius, yang mana ini adalah suhu normal yang biasa didapatkan di Indonesia.

Namun, jika kamu baru pertama kali memiliki aquarium, disarankan untuk tidak langsung menaruh ikan molly di dalamnya. Sebaiknya, kamu menggunakan nitrogen cycle untuk menjaga kualitas air di dalam aquarium. Selain itu, pastikan kamu mengganti sekitar 20% air di dalamnya selama seminggu sekali agar ikan kesayangan yang kamu pelihara bisa bertahan hidup dalam waktu lama.

Heim Studio KOZU Coffee Table

Heim Studio KOZU Coffee Table

Nah, jika kamu berencana memelihara ikan molly di dalam aquarium, kamu bisa menempatkannya dekat area ruang tamu sebagai penghias ruangan. Jika tidak ada tempat khusus, letakkan saja di atas meja tamu menggunakan akuarium yang lebih kecil sehingga membuat tampilan rumah semakin cantik.

Salah satu rekomendasi meja tamu dari Kania adalah Heim Studio KOZU Coffee Table. Modelnya sangat unik dan multifungsi, di mana terdapat dua permukaan meja dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda. Bagian meja yang lebih tinggi dan kecil bisa kamu pindahkan dan jadikan side table untuk meletakkan akuarium di samping sofa. Jadi, tidak akan mengurangi kapasitas pada meja utama.

Itulah berbagai jenis ikan molly yang bisa kamu pelihara di rumah. Pastinya jenis ikan ini juga sangat cocok untuk pemula karena perawatannya cukup mudah. Yuk, percantik hunian kamu dengan memelihara ikan hias!

Psst.. jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan perabotan atau furnitur kekinian dari Dekoruma, ya! Selain jual meja tamu seperti rekomendasi tadi, Dekoruma juga jual sofa, meja makan, rak buku, lemari pakaian, kabinet dapur, troli dapur, kursi kantor, hingga rak sepatu. Pilihan model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong!

Leave a Reply