Ini Dia 7 Jenis Ikan Cupang Cantik yang Bisa Kamu Pelihara!

Mengetahui Aneka Jenis Ikan Cupang untuk Dipelihara

Ada banyak jenis hobi yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain menanam aneka tanaman hias, kamu pun bisa memelihara ikan hias, seperti ikan cupang. Tak hanya efektif membantu menenangkan pikiran, memelihara ikan cupang juga dapat menambah keindahan di dalam rumah, lho!

Terdiri dari berbagai macam jenis, ikan cupang juga sangat mudah dirawat sehingga tak akan merepotkan kamu. Nah, jika kamu tertarik memelihara ikan cupang, kali ini Kania akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis ikan cupang yang bisa kamu pelihara di rumah. Apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya sampai habis!

Ikan Cupang Halfmoon

jenis ikan cupang halfmoonnatfish.com

Jenis ikan cupang ini terdiri dari varian warna yang sangat cantik, mulai dari kuning hingga merah menyala. Sesuai dengan namanya, ikan cupang halfmoon yang berasal dari Thailand ini memiliki ekor dan sirip menyerupai bentuk separuh bulan. Mengenai harganya, kamu bisa menemukan ikan cupang halfmoon di pasaran dengan kisaran harga Rp3 jutaan.

Ikan Cupang Double Tail

ikan cupang double taildeviantart.com

Memiliki bentuk unik dengan ekor ganda yang terbelah dua pada bagian tengah siripnya, ikan cupang double tail juga terdiri dari berbagai varian warna. Bahkan, kamu bisa menemukan varian multicolor yang sangat cantik.

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, ikan cupang double tail tergolong langka sehingga harganya cenderung mahal bahkan mencapai Rp2 jutaan per ekor. Dengan memelihara ikan cupang ini di dalam akuarium, dijamin rumah kamu akan terlihat lebih hidup dan atraktif!

Ikan Cupang Crown Tail

ikan cupang crown tailaquariadise.com

Disebut juga dengan nama ikan cupang serit, ini adalah ikan cupang pertama yang dibudidayakan di Indonesia sejak tahun 1997. Ikan cupang crown tail juga memiliki bentuk yang cantik dengan sirip menyerupai jarum yang membentuk sisir rambut. Di pasaran, jenis ikan cupang ini sangat mudah kamu temukan dan bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau.

Ikan Cupang Plakat

ikan cupang plakataquariadise.com

Memiliki bentuk ekor yang sangat menawan, nama ikan cupang plakat diambil dari istilah Thailand yang berarti pertarungan. Sesuai makna namanya, ikan cupang jenis ini kerap difungsikan sebagai ikan aduan dan memiliki karakterisitik berupa ekor yang terkesan pendek, tapi kokoh. Jika tertarik membelinya, ikan cupang plakat bisa kamu temukan di pasaran seharga Rp1 jutaan. 

Ikan Cupang Giant

ikan cupang giantaquaticarts.com

Ketimbang jenis lainnya, ikan cupang giant memiliki ukuran terbesar, bahkan mencapai 12 cm. Ikan cupang giant dikembangkan dari perkawinan silang antara ikan cupang plakat dan jenis lainnya. Jenis ikan cupang ini sendiri cukup mudah ditemukan di pasaran, di mana kamu bisa membelinya dengan kisaran harga sekitar Rp400 ribuan.

Ikan Cupang Fancy

ikan cupang fancypinterest.com 

Alasan jenis ikan cupang ini dinamakan fancy adalah warnanya yang sangat cantik dan beragam, bahkan kamu bisa menemukan varian dengan kombinasi hingga tujuh warna. Memiliki ukuran yang sangat mungil, ikan cupang fancy anakan bisa kamu temukan di pasaran dengan kisaran harga mulai Rp200 ribuan. Sementara, jenis ikan cupang fancy untuk keperluan kontes bisa dijual hingga Rp20 jutaan. Fantastis banget, ya?

Ikan Cupang Paradise

ikan cupang paradiseyoutube.com 

Ikan cupang paradise atau surga banyak ditemukan di Asia Tenggara. Bahkan, di Indonesia, jenis cupang ini banyak terdapat di perairan Jawa, Bali, dan Sumatera. Sekarang, ikan cupang surga cukup langka ditemukan sehingga harganya pun cenderung mahal. Namun, jika kamu seorang kolektor yang ingin memelihara ikan cupang langka, kamu dapat mulai untuk memburunya.

Tujuh jenis ikan cupang di atas memiliki bentuk yang menawan sehingga kehadirannya siap mempercantik rumahmu. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk memulai hobi dengan memelihara ikan cupang? Jangan lupa tambahkan juga aneka hiasan akuarium supaya ikan cupang kamu betah dan senang.

Selain artikel di atas, temukan juga inspirasi lainnya di Dekoruma, ya! Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga secara online, lho. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

Leave a Reply