Pahami Fungsi dan Jenis Dinding Penahan Tanah pada Bangunan!

Macam-Macam Dinding Penahan Tanah Beserta Fungsinya

Dinding penahan tanah yang kerap disebut dengan istilah retaining wall adalah konstruksi yang wajib dipasang pada struktur bangunan di lahan miring. Umum digunakan pada hunian yang terdapat di tepi lereng ataupun sungai, penggunaan dinding penahan tanah sangat efektif untuk mencegah terjadinya bahaya seperti longsor.

Tak hanya terdiri dari satu jenis saja, dinding penahan tanah juga tersedia dalam berbagai macam jenis untuk disesuaikan menurut bangunan dan kondisi tanah. Nah, untuk mengetahui masing-masing jenis dan fungsi dari dinding penahan tanah, simak ulasan Kania di bawah ini, yuk!

Dinding Penahan Tanah Gravity

dinding penahan tanah gravityroadsbridges.com

Jenis dinding penahan tanah yang satu ini dapat kamu fungsikan untuk menahan tekanan dari tanah lateral. Dapat diaplikasikan pada daerah bertebing berbentuk landai ataupun terjal serta daerah timbunan tanah, jenis dinding penahan tanah gravity bekerja dengan memanfaatkan bobot massa dari badan konstruksi. Sementara itu, material yang biasa digunakan pada dinding penahan tanah ini adalah tulang beton dan pasangan batu.

Dinding Penahan Tanah Kantilever

dinding penahan tanah cantilevernachi.org

Jenis dinding penahan tanah kantilever kerap diaplikasikan di daerah tebing atau timbunan. Mengenai cara kerjanya, dinding penahan tanah kantilever memanfaatkan daya jepit pada struktur tubuh dinding sehingga bentuknya memiliki ciri khas berupa model telapak memanjang di bagian dasar struktur dan disertai dengan sistem jepit.

Dinding Penahan Tanah Diaphragm

Dinding Penahan Tanah Diaphragmdishmaan.com

Untuk konstruksi bawah tanah seperti basement, dinding penahan tanah yang biasa digunakan adalah jenis diaphragm. Dinding penahan tanah yang satu ini dibangun dari rangkaian besi beton bertulang dan dicor dengan sistem modular sehingga jauh lebih kokoh untuk pembangunan konstruksi bawah tanah. 

Dinding Penahan Tanah Contiguous Pile dan Soldier Pile

dinding penahan tanah Contiguous Pile dan Soldier Pilegeotech.hr

Sama halnya dengan diaphragm, jenis dinding penahan tanah contiguous pile dan soldier pile juga kerap digunakan di konstruksi bawah tanah. Biasanya, pembuatannya dikombinasikan dengan sistem anchor sehingga dapat memutuskan aliran air bawah tanah dan mampu meningkatkan daya dukung tekanan aktif lateral tanah. 

Dinding Penahan Tanah Gabion

dinding penahan tanah gabiontaglevel.com

Ada pula dinding penahan tanah bernama gabion yang dibangun dari kumpulan blok serta terbuat dari kawat bronjong yang dilengkapi isian batu belah dengan susunan vertikal. Tak sekadar digunakan sebagai dinding penahan tanah, jenis yang satu ini juga kerap diaplikasikan untuk meningkatkan konsentrasi resapan air ke dalam tanah. 

Dinding Penahan Tanah Blok Beton

dinding penahan tanah blok betonpinterest.com

Selain itu, ada pula dinding penahan tanah berupa blok beton. Terkait konstruksinya, dinding penahan tanah yang satu ini dibangun dari kumpulan blok beton serta dilengkapi dengan sistem pengunci. Pada umumnya, blok beton dibuat modular dalam sistem fabrikasi untuk kemudian tinggal di pasang di lokasi bangunan.

Dinding Penahan Tanah Sheet Pile 

Dinding Penahan Tanah Sheet Pile aarsleff.co.uk

Jenis dinding penahan tanah lainnya adalah sheet pile. Jenis yang satu ini biasanya dipakai untuk membendung air, sedangkan material yang dipakai pada konstruksi dinding penahan tanah ini biasanya merupakan beton prategang. Dalam pengaplikasiannya, sheet pile biasanya dibangun hingga mencapai tanah keras.

Dinding Penahan Tanah Revetment 

dinding penahan tanah revetmentdpwh.gov.ph

Untuk memperkuat daerah miring, seperti alur pantai atau tepian sungai, jenis dinding penahan tanah yang biasa digunakan adalah revetment. Jenis yang satu ini lebih efektif digunakan untuk mengamankan tanah terhadap gerusan dan banyak juga dipakai di daerah yang rentan terjadi longsor akibat abrasi.

Masing-masing jenis dinding penahan tanah di atas dapat diaplikasikan berdasarkan fungsinya tersendiri sehingga kamu sebaiknya menyesuaikan menurut tipe konstruksi bangunan. Buat kamu yang saat ini berencana membuat hunian, simak juga artikel informatif lainnya melalui Dekoruma!

Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Depok, rumah baru di Jakarta Selatan, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat yang tentunya dengan harga terbaik. Yuk, langsung saja temukan hunian impianmu di Dekoruma!

Leave a Reply