Pesona 5 Ornamen Ramadhan, Sambut Hari Raya

Saat memasuki bulan suci, ornamen Ramadhan hadir di berbagai sudut perkotaan, mulai dari pusat perbelanjaan hingga pasar swalayan. Hiasan khas yang terbilang masif ini turut memeriahkan suasana untuk menyambut Hari Raya.

Menghadirkan ornamen Ramadhan, tentunya dalam ukuran yang lebih memadai sebagai dekorasi Ramadhan, pada hunian menjadi solusi praktis dan ampuh untuk menghidupkan suasana Ramadhan. Namun, kamu perlu mengetahui apa saja ornamen Ramadhan yang khas agar kamu bisa memastikan bahwa setiap ornamen telah hadir pada hunian demi suasana Ramadhan yang makin semarak.

1. Bintang segi delapan

ornamen ramadhan berupa rub el hizb pada dinding dan lantaishapingbeauty.net

Dalam literatur Islam, ornamen Ramadhan ini dikenal juga dengan nama Rub al-Hizb yang dilambangkan dengan bentuk dua persegi yang tumpang-tindih, sehingga garis bentuknya terlihat seperti bintang segi delapan. Pada awalnya, simbol ini digunakan dalam Al-Qur’an yang dibagi menjadi 60 Hizb atau kelompok ayat dengan panjang yang kira-kira sama untuk menentukan setiap seperempat Hizb.

Dengan asal muasal yang beragam, kini simbol yang identik dengan ajaran Islam ini menjadi salah satu ornamen Ramadhan yang kerap menghiasi suasana perayaan Ramadhan di berbagai belahan dunia.

2. Bulan dan bintang

ornamen ramadhan berupa bulan sabit dan bintang dengan lampu LED digantung di langit-langit maltheislamicmonthly.com

Ornamen Ramadhan khas yang identik dengan simbol ajaran Islam adalah ornamen berbentuk bulan dan bintang yang dalam bahasa Arab disebut al-Qomar dan an-Najm, yang hadir dalam Al-Qur’an sebagai nama surah.

Bulan sabit dikenal sebagai ornamen Ramadhan karena ia dianggap melambangkan penanda waktu menuju bulan baru dalam Islam menurut salah satu kisah filosofisnya. Bulan sabit ini juga bermakna bahwa umat Islam harus selalu memperbarui keadaan menjadi lebih baik.

ornamen ramadhan warna putih dan biru berupa bulan sabit bintang lentera dan tulisan kaligrafiinvent-uae.com

Mendampingi bulan sabit, ornamen Ramadhan berupa bintang dengan lima sudut ini melambangkan rukun amalan mendasar dalam Islam: syahadat, shalat, zakat, puasa, dan ibadah haji.

Dengan berbagai kisah filosofi tersebut, kedua simbol Islam ini kerap hadir berdampingan sebagai dekorasi tempat ibadah dan ornamen Ramadhan untuk menghiasi perayaan Idul Fitri.

3. Kubah berbentuk kerucut

ornamen ramadhan berbentuk lentera dengan kubah mengerucutsouqalmal.com

Satu lagi ornamen Ramadhan yang sangat mudah ditemui pada saat bulan suci tiba adalah ornamen-ornamen kubah dengan bentuk mengerucut pada bagian atasnya. Umumnya ditemukan sebagai tempat lilin atau lentera, ia memang identik dengan arsitektur Islam khas Timur Tengah dimana kubah kerap menjadi bagian penutup atas bangunan masjid.

Tak heran jika berbagai dekorasi pada perayaan bulan Ramadhan akan sangat mudah ditemui ornamen Ramadhan khas satu ini, baik dalam bentuk lentera, lukisan, hingga replika bangunan-bangunan dengan kubah itu sendiri.

4. Seni kaligrafi Arab

ornamen ramadhan dengan tulisan kaligrafi arab pada pajangan warna batu bata di tengah malpinterest.com

Seni kaligrafi Arab memang kerap menjadi salah satu ornamen Ramadhan yang identik dengan ajaran Islam. Karya seni ini sangat umum ditemukan melengkapi bangunan-bangunan masjid baik dalam bentuk lukisan ataupun diukir langsung pada interior ataupun eksterior bangunan.

Jadi, tak heran jika seni kaligrafi ini juga kerap digunakan sebagai ornamen Ramadhan, terutama saat memasuki bulan suci. Keindahan dari ornamen Ramadhan yang sarat akan nilai seni ini jelas akan mempercantik hunianmu untuk menyemarakkan Hari Raya.

5. Ketupat Lebaran

ornamen ramadhan berupa ketupat lebaran di atas meja kayushutterstock.com

Berbeda dengan ornamen Ramadhan sebelumnya yang cukup populer penggunaannya di seluruh dunia, ornamen khas selanjutnya ini mungkin hanya bisa kamu temukan sebagai dekorasi lebaran di Nusantara.

Perayaan Idul Fitri di Indonesia memang khas dengan hadirnya ketupat sebagai menu andalan. Tak heran jika di Indonesia, ornamen Ramadhan berbentuk ketupat lebaran ini hadir untuk menyemarakkan suasana bulan Ramadhan.

Itulah berbagai inspirasi dekorasi ornamen Ramadhan yang bisa kamu pilih untuk melengkapi suasana perayaan bulan suci sekaligus menyambut Idul Fitri. Ornamen Ramadhan mana yang paling sering kamu jumpai?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual meja TV, kursi makan, sofa, bahkan jasa desain interior juga tersedia.

Tak hanya itu, tersedia juga peralatan dapur. Dekoruma jual panci, kompor, dan wajan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply