7 Model Pergola Kayu yang Homey untuk Taman Rumahmu

Ragam Desain Pergola Kayu yang Memberikan Kenyamanan Maksimal

Panas teriknya matahari sering kali membuat banyak orang enggan untuk bersantai di taman rumahnya sendiri. Padahal, seharusnya taman dapat menjadi salah satu area yang paling nyaman dan menyenangkan di rumah. Kalau hal itu juga kamu alami, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pergola kayu.

Pergola sendiri merupakan sebuah kerangka di area halaman atau taman rumah yang berfungsi sebagai peneduh melalui bayangan kerangka tersebut. Sebenarnya, material pergola sangat bervriasi, tapi yang paling banyak digunakan adalah pergola kayu. Di samping fungsi utamanya, pergola kayu juga bisa menjadi elemen dekorasi yang mempercantik taman rumahmu, lho!

Nah, kalau kamu tertarik menggunakannya, berikut ini Kania sudah menyiapkan beberapa inspirasi model pergola kayu yang bisa kamu tiru untuk menciptakan suasana homey di taman rumah. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

1. Pergola Kayu dengan Aneka Hiasan

pergola kayu di taman rumahpinterest.com

Pergola kayu yang satu ini bisa dibilang adalah model yang paling standar. Namun, kamu bisa menyulap pergola kayu ini jadi lebih cantik dan menarik dengan menambahkan beberapa hiasan, seperti tirai di setiap sudut pergola dan rangkaian lampu hias yang menggantung. Untuk alas duduknya, gunakan sofa yang empuk supaya lebih nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lilin, bunga, atau aneka tanaman hias di dalam pot. Saat malam hari, suasana di bawah pergola kayu ini pasti akan jadi lebih romantis sehingga sangat cocok untuk melepas lelah bersama pasangan.

2. Pergola Kayu untuk Dapur Outdoor

pergola kayu untuk dapurburkholderlandscape.com

Di beberapa rumah, terdapat dapur outdoor yang biasanya digunakan saat ada acara barbeque atau kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman. Nah, supaya kegiatan memasak tetap seru dan menyenangkan, pastikan kamu menggunakan pergola kayu untuk melindungimu dari sengatan sinar matahari.

Kamu bisa membuat pergola kayu yang menyatu dengan meja atau kabinet dapur yang ada di bawahnya. Kalau kamu merasa terlalu polos, tambahkan saja bunga gantung pada penyangga tiang pergola kayu supaya tampilannya jadi lebih hidup dan manis.

3. Pergola Kayu Minimalis

pergola kayu terashouzz.com

Bagi kamu yang mengusung konsep hunian minimalis, model pergola kayu di atas bisa dijadikan inspirasi. Berbeda dengan model pergola pada umumnya, pergola kayu minimalis ini tampil dengan desain yang lebih modern atau kekinian, di mana kerangknya membentuk model siku yang menyatu langsung antara penyangga dan atapnya.

Pergola kayu ini terdiri dari rangkaian potongan kayu memanjang yang disusun secara horisontal dengan masing-masing jarak yang cukup rapat. Dengan demikian, pergola kayu ini akan memberikan perlindungan secara lebih maksimal. Terakhir, kamu bisa menambahkan beberapa tanaman hias gantung pada pergola kayu supaya terlihat lebih hidup.

4. Pergola Kayu Sederhana

pergola kayu di samping kolam renangthearchitecturedesigns.com

Pergola kayu ini dirancang dengan model yang sangat sederhana. Hanya ada empat tiang penyangga dan kerangka atap yang berbentuk kotak-kotak. Meski tanpa hiasan, pergola kayu ini tetap tampil estetik di tengah-tengah taman rumah. Selain itu, melalui kesederhanaannya, pergola kayu ini juga tampak sangat kokoh.

5. Pergola Kayu Melengkung

pergola kayu unikdecoist.com

Ingin membuat tampilan taman jadi lebih unik dan anti-mainstream? Coba gunakan model pergola kayu yang melengkung, seperti inspirasi di atas! Pergola kayu ini akan menaungi seluruh area santai di taman rumahmu. Jadi, tak hanya melindungi dari bagian atas saja.

Nah, untuk memaksimalkan keindahan pergola kayu ini, kamu bisa menambahkan aneka dekorasi unik di bawahnya, seperti lampu lantai bulat yang menyerupai bulan purnama atau pajangan meja dengan bentuk abstrak. Dengan demikian, momen bersantai bersama keluarga pasti jadi makin asyik!

6. Pergola Kayu Trapesium

pergola kayu trapesiuminspirazionals.com

Selain melengkung, ada juga model pergola kayu unik yang berbentuk trapesium. Celah-celah pada pergola kayu ini sangat kecil sehingga suasananya jadi sangat teduh. Keberadaan sofa besar yang empuk dan tanaman di sekelilingnya pasti akan membuat kamu betah berlama-lama berteduh di bawah pergola kayu ini.

Namun, model yang satu ini tidak terlalu efisien karena membutuhkan lebih banyak area dalam penempatannya. Berbeda dengan model pergola kayu standar yang hanya membutuhkan sedikit lahan untuk keempat tiang penyangganya.

7. Pergola Kayu dengan Tanaman Merambat

pergola kayu di tamanpinterest.com

Model terakhir, ada pergola kayu yang dipenuhi oleh tanaman merambat, baik itu pada kerangka atapnya ataupun tiang-tiangnya. Selain lebih teduh, tanaman rambat pada pergola kayu ini pun membuat suasana taman jadi lebih asri dan nyaman.

Selain tanaman rambat daun, kamu juga bisa menggunakan jenis tanaman rambat yang berbunga, seperti morning glory, melati irian, atau bunga alamanda. Dengan demikian, tampilan pergola kayu di taman rumahmu jadi lebih berwarna dan menawan.

Melalui inspirasi di atas, Kania harapkan kamu bisa menentukan model pergola kayu yang paling cocok untuk taman rumahmu, ya! Sudah siap membuat suasana taman rumah jadi lebih homey dengan pergola kayu?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari furnitur untuk taman rumahmu, Dekoruma juga jual kursi teras, kursi panjang, dan meja kopi. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply