7 Ide Partisi Kayu Ini Bikin Ruangan Rumah Jadi Tampak Elegan!

Ragam Model Partisi Kayu yang Bisa Kamu Tiru di Rumah

Saat ini, banyak hunian yang mengusung konsep open space atau ruang terbuka pada interiornya dengan tujuan untuk menciptakan kesan luas pada lahan yang terbatas. Desain ruang terbuka berarti tidak ada dinding sebagai pemisah ruangannya. Nah, sebagai solusi untuk membedakan area yang satu dengan yang lainnya, kamu bisa menggunakan partisi kayu.

Di samping fungsi utamanya sebagai pemisah ruangan secara jelas, desain partisi kayu yang beragam juga bisa menjadi unsur dekoratif yang membuat hunian jadi lebih menarik dan elegan. Tak hanya itu, material alam dari partisi kayu juga mampu menghadirkan suasana yang nyaman pada rumahmu, lho! Yuk, langsung saja intip ide desain partisi kayu dari Kania di bawah ini!

1. Partisi Kayu dengan Rak Terbuka

partisi kayu dengan rak terbukahomeadore.com

Tak bisa dipungkiri, keterbatasan ruang membuat penghuni rumah harus mengorbankan beberapa furnitur yang dianggap tidak terlalu penting, misalnya saja rak display untuk memajang aneka koleksi pribadi. Hal ini tentu bertujuan supaya hunian tidak terlihat sempit atau sumpek. Akan tetapi, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi karena kamu bisa menggunakan model partisi kayu yang merangkap sebagai rak pajangan terbuka, lho!

Raknya tersusun menyatu di antara papan-papan kayu memanjang yang membentuk partisi kayu secara keseluruhan. Ide partisi kayu ini memang dirancang khusus bagi kamu yang suka memajang aneka dekorasi barang unik. Dengan demikian, hunian jadi lebih efisien dan tetap hemat tempat.

2. Partisi Kayu dengan Rangkain yang Rapat

partisi kayu antara dapur dan ruang tamupinterest.com

Selain memisahkan ruangan, partisi kayu juga berfungsi untuk menjaga privasi penghuni rumah, meskipun kebanyakan partisi kayu memiliki celah yang mudah terlihat. Akan tetapi, kamu bisa kok memilih partisi ruangan dengan rangkaian kayu yang lebih rapat untuk meningkatkan privasimu.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan balok-balok kayu yang padat pada setiap celah partisi kayu, seperti inspirasi di atas. Dengan demikian, pandangan mata akan semakin sulit untuk melihat ke area lainnya. Uniknya, balok-balok kayu yang diselipkan tersebut malah membuat partisi kayu terlihat makin elegan.

3. Partisi Kayu dengan Ukiran Putih

partisi kayu dengan ukiranhomify.com

Partisi tidak selalu harus bisa menutupi sebagian besar ruangan, yang kecil pun sudah cukup untuk menandakan dua area yang berbeda, seperti ide partisi kayu di atas. Desain partisi kayu ini terlihat sangat mewah berkat ukiran meliuk warna putih yang mendominasinya. Selain itu, kombinasi warna yang senada antara partisi kayu dengan lantai, sofa bed, tirai, dan rak tv juga membuat hunian jadi semakin elegan.

4. Partisi Kayu Kotak-Kotak

partisi kayu kotak-kotakdecoist.com

Partisi kayu ini terdiri dari model kayu kotak-kotak yang disusun secara tidak beraturan. Meski demikian, partisi kayu ini tetap terlihat menawan, apalagi warna kayunya juga cerah sehingga berhasil menciptakan ilusi ruang yang lapang.

Letaknya sendiri, ada di tengah-tengah ruangan sehingga partisi kayu ini juga sekaligus menjadi focal point. Selain di ruang tamu dan ruang makan, kamu juga bisa menggunakan desain partisi kayu ini untuk memisahkan area tidur dengan area kerja di kamarmu, lho!

5. Partisi Kayu dengan Aneka Bingkai Foto

partisi kayu dengan aneka hiasan dindingqanvast.com

Kamu suka memajang gambar lukisan atau foto-foto berkesan di hunianmu? Kalau begitu, ide partisi kayu yang memisahkan ruang tamu dengan ruang makan ini sangat cocok untukmu karena kamu bisa menempelkan beberapa bingkai foto atau lukisan di permukaannya.

Partisi kayu ini berwarna cokelat tua. Nah, supaya ruangan jadi terlihat lebih hidup, gunakanlah bingkai foto yang warnanya lebih cerah, tapi tetap netral, seperti krem atau putih. Dengan memajang lukisan atau foto-foto di partisi kayu, semua tamu yang berkunjung ke rumahmu pasti akan terpesona. Sudah siap berkreasi melalui ide partisi kayu ini?

6. Partisi Kayu Menyatu dengan Kabinet

partisi kayu menyatu dengan kabinetpinterest.com

Selanjutnya, ada partisi kayu kecil yang desainnya menyatu dengan lemari kabinet fungsional di bagian bawahnya. Selain untuk menyimpan barang-barang kepeluan secara praktis, kamu juga bisa meletakkan dekorasi, seperti vas bunga di atas permukaan kabinet tersebut. Meski tidak terlalu besar, kehadiran partisi kayu ini secara efektif berhasil membedakan dua area, yaitu ruang makan dan jalan masuk ke kamar tidur.

7. Partisi Kayu Multifungsi

partisi kayu sebagai rak dan pintutipsmake.com

Nah, yang terakhir ada model partisi kayu yang sangat serbaguna karena partisi ini tak hanya sebagai pembatas antara ruang makan dan ruang tamu, tapi juga sekaligus difungsikan menjadi rak display dan pintu terbuka. Ukuran dan bentuk rak pada partisi kayu ini sendiri sangat beragam sehingga kamu bisa meletakkan aneka pajangan kesayangan pada setiap sekat atau rak tersebut.

Namun, kalau kamu tidak terlalu suka memajang barang-barang, kosongkan saja rak-rak pada partisi kayu tersebut. Meski tidak ada pajangan, partisi kayu ini akan tetap terlihat menarik karena modelnya sangat unik.

Demikianlah tujuh ide partisi kayu yang bisa membuat hunianmu jadi lebih hidup dan terlihat elegan. Dari semua desain di atas, partisi kayu mana yang paling kamu suka? Apa pun itu pilihanmu, pastikan untuk selalu membersihkan partisi kayu secara rutin agar tidak berdebu dan merusak keindahannya, ya!

Temukan ragam inspirasi desain lainnya melalui artikel di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan furnitur dan dekorasi berkualitas untuk rumahmu, lho. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

Leave a Reply