8 Ide Kerajinan Limbah yang Inspiratif dan Gampang Ditiru

Kerajinan Limbah yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Pusing karena tumpukan sampah di rumah seperti nggak ada habis-habisnya? Daripada pusing, ubah saja sampah-sampah tersebut jadi kerajinan limbah yang bermanfaat untuk hunianmu!

Banyak jenis kerajinan limbah yang bahannya ternyata sangat mudah diperoleh dari apa yang kamu konsumsi sehari-hari. Cara pembuatannya pun tidak terlalu sulit sehingga bisa langsung kamu praktikkan di rumah.

Berikut ini, Kania punya beberapa inspirasi kerajinan limbah dari sampah-sampah rumah tangga. Kania yakin, salah satunya pasti ada yang membuat kamu tertarik. Yuk, simak bersama!

Banner Dekoruma Retail

Tas atau Pouch Daur Ulang dari Bungkus Kopi

kerajinan limbah pouch dari bungkus minuman sasetirdresearch.com

Kamu coffee addict yang setiap hari selalu minum kopi dan seringnya menyeruput kopi kemasan? Sudah pasti sampah bungkus kopi ada banyak di rumahmu, bukan? Daripada sia-sia, kamu bisa mengolahnya menjadi kerajinan limbah yang sangat berguna, loh! Dengan teknik anyaman yang tidak terlalu sulit, kamu bisa menyulap tumpukan bungkus kopi menjadi tas ataupun pouch fungsional yang keren.

Tatakan Gelas dari Kardus Tak Terpakai

kerajinan limbah tatakan gelas dari kardus bekassquarespace.com

Jangan biarkan kardus bekas hanya menumpuk! Membuangnya memang bisa menjadi pilihan, tapi menjadikannya kerajinan limbah berupa tatakan gelas tentu lebih bermanfaat. Kamu hanya perlu menggunting kardus tersebut menyerupai bentuk tertentu sesuai selera. Kemudian, hias kardus menggunakan cat air ataupun akrilik supaya lebih estetik. Jangan lupa lapisi dengan lakban bening supaya tatakan gelasnya lebih tahan lama. 

Kantong Kresek Jadi Gelang Estetik

kerajinan limbah gelang dari plastik kresekyoutube.com

Mau buat aksesori untuk dipakai dari limbah bekas? Bisa kok! Kamu bisa menciptakan kerajinan limbah berupa gelang dari kantong kresek yang sudah tidak terpakai. Kamu hanya perlu memilin kantong kresek tersebut dan melingkarkannya menjadi bentuk gelang. Carilah kantong kresek dengan motif yang berbeda-beda supaya motif gelang yang kamu buat bisa lebih bervariasi.

Koran dan CD Bekas Disulap Jadi Jam

kerajinan limbah jam dari koran dan cd bekaskerajinandahsyat.blogspot.com

Kerajinan limbah berupa jam juga bisa kamu buat kalau kamu punya stok koran dan CD bekas yang banyak. Kamu hanya perlu memilin koran menjadi lingkaran besar untuk bagian inti jam dan juga bagian angka-angkanya, seperti inspirasi di atas.

Nah, kalau stok koran kamu terbatas, kamu bisa mengganti bagian angka tersebut dengan CD yang sudah dilapisi koran bekas. Namun, khusus untuk kerajinan limbah yang satu ini, tentu saja kamu perlu membeli mesin dan jarum jam agar dapat berfungsi layaknya jam biasa.

Hiasan Bingkai Foto dari Limbah Kertas

kerajinan limbah bingkai foto unik dari kertas warnamodernplace.ru

Punya bingkai foto yang polos dan mulai terlihat membosankan di rumah? Kamu bisa, lho menyulap limbah kertas tersebut menjadi hiasan bingkai foto yang menarik. Yang kamu perlukan hanya menggulung kertas-kertas bekas aneka warna, kemudian lekatkan di atas permukaan bingkai foto tersebut. Jadi deh, bingkai foto yang lebih menarik dari limbah kertas! Tinggal selipkan saja foto-foto pilihanmu dan pajang di ruang tamu, ruang keluarga, ataupun kamar tidurmu.

Bunga dari Kulit Bawang

kerajinan limbah dekorasi bunga dari kulit bawang merahyoutube.com

Setiap kamu memasak harian, pasti ada bawang yang kamu pakai sebagai bumbu, ‘kan? Coba bayangkan, berapa banyak limbah kulit bawang yang bisa kamu hasilkan dalam sebulan? Uniknya, kamu bisa memanfaatkan kulit bawang tersebut menjadi kerajinan limbah yang estetik, lho!

Pertama-tama, keringkan dulu kulit bawang dengan menjemurnya. Setelah benar-benar kering, baru kamu bisa mengolahnya menjadi kerajinan limbah. Khusus untuk kuling bawang merah ataupun bawang putih, kamu bisa menyulapnya menjadi hiasan bunga, seperti ide di atas.

Pot dari Botol Plastik

kerajinan limbah pot tanaman dari botol bekasrimma.co

Punya banyak botol plastik bekas minuman yang hanya teronggok di dekat tempat sampah? Sebelum benar-benar membuangnya, kamu bisa mencoba mengolahnya menjadi kerajinan limbah berupa pot tanaman. Kerajinan limbah ini cocok banget untuk melengkapi hobi barumu di masa pandemi ini.

Sederhananya, membuat pot dari botol plastik cukup membagi dua botol secara horizontal. Bagian bawah botol yang nantinya disulap menjadi pot. Kamu bisa mengkreasikan kerajinan limbah ini dengan mengecatnya ataupun memberikan sedikit aksen di bagian atas dengan menggunting botol plastik tersebut menyerupai bentuk tertentu. Pot dari botol plastik ini pas banget ditaruh di atas coffee table ruang tamu ataupun di meja kerja.

Kalender dari Sisa Kayu

kerajinan limbah kalender dari sisa kayuamazon.com

Kalau kamu punya banyak sisa kayu di rumah, membuatnya menjadi kerajinan limbah berupa kalender sangat direkomendasikan. Ini tentu bisa terpakai dari waktu ke waktu.

Kamu hanya perlu memotong dua kotak kayu dengan ukuran sekitar 2,5 sentimeter menjadi bentuk kubus. Kemudian, potong lagi kayu menjadi bentuk balok tipis dengan panjang 5 sentimeter dan lebar 2,5 sentimeter. Bahan pelengkap lainnya adalah cat, spidol, gunting, lem, dan kardus. Sederhana, bukan? Bagian kubus kecil nantinya akan menjadi tanggal. Sementara, balok tipis menjadi penunjuk bulan.

Kira-kira kerajinan limbah mana dulu yang mau kamu buat? Apapun itu pilihanmu, sudah pasti limbah atau sampah di rumahmu akan berkurang dengan cara yang berguna, bukan? Selamat berkreasi!

Sedang mencari furnitur multifungsi dan space-saving supaya hunianmu makin efisien? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti meja makan, lemari dapur, lemari pakaian, tempat tidur, sofa, meja kerja, dan juga rak sepatu.

Bahkan, Dekoruma juga jual aksesoris lampu, karpet, cermin, dan tanaman hias artifisial, lho. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, cari semua keperluan rumahmu di Dekoruma dan wujudkanlah hunian yang nyaman karena kehidupan indah berawal dari rumah!

Leave a Reply