5 Ide Kerajinan dari Sabun yang Unik Untuk Mengisi Waktu Luang

Ragam Kreasi DIY Sabun Unik yang Mudah Dibuat dan Bisa Dijual

Mungkin masih sedikit orang yang membuat kerajinan dari sabun. Padahal, kegiatan yang satu ini sangat mudah dilakukan sendiri di rumah, tanpa membutuhkan peralatan yang rumit. Bahan utama pembuatan sabun dapat ditemukan di marketplace. Bahkan, ada beberapa kreasi bisa menggunakan sabun batang sisa pemakaian pribadi. Pas banget untuk mengisi waktu luang dan mengurangi sampah sabun, nih.

Lebih dari itu, ide kreasi ini pun bisa kamu jual dan jadi usaha kecil-kecilan, lho. Pasti kamu sudah nggak sabar, ‘kan untuk membuat kerajinan dari sabun? Yuk, simak idenya dari Kania berikut ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Kerajinan dari Sabun ala Play Dough

ide kerajinan sabun ala play doughlovinsoap.com

Masih ingatkah dengan mainan play dough? Di mana kita bisa membentuknya jadi aneka kerajinan tangan. Nah, teknik adonan ala play dough ini juga dapat dijadikan sebagai kerajinan dari sabun. Caranya dengan mencampurkan adonan sabun cair atau parutan sabun batang, tepung kanji, dan air.

Kemudian, beri warna dan bentuk sesuai keinginan. DIY sabun seperti ini cocok untuk dikerjakan bersama anak-anak. Ketika dipakai untuk mencuci tangan atau mandi, adonan sabun tersebut akan larut dan mengeluarkan busa.

Jadi Dekorasi Pahatan

ide DIY kerajinan sabun dengan pahatan bentuk bungawoodcarvingillustrated.com

Jika kamu memiliki sabun batang yang ukurannya tergolong besar, bisa coba kerajinan dari sabun seperti ini. Siapkan cutter atau pisau kecil dan desain yang akan dibuat. Lalu, pahat sabun tersebut sedikit demi sedikit hingga serupa dengan desain kamu. Ide di atas menggunakan desain bunga dan daun. Kalau kamu ingin berkreasi, bisa coba desain binatang atau pemandangan.

Dekornata Cherie Wooden Tray Nampan Kayu Skincare

Dekornata Cherie Wooden Tray Nampan Kayu Skincare

Kalau sudah jadi, coba pajang dekorasi hasil kerajinan sabun tersebut menggunakan nampan kayu supaya kreasi kamu jadi lebih artistik dan terlihat mewah. Pilihlah ukuran nampan kayu yang pas dan proporsional dengan ukuran sabun. Mau pajang di kamar mandi atau ruang keluarga, sama-sama estetik!

Anti Rempong dengan Alat Cetak

cetakan untuk membuat DIY sabunaliexpress.com

Mau bikin kerajinan dari sabun sendiri, tapi tidak berbakat untuk memahat? Tenang, kamu bisa gunakan cetakan sabun yang banyak dijual di pasaran, kok. Tinggal pilih saja mau bentuk yang seperti apa. Untuk sabunnya, kamu perlu membuatnya dalam keadaan cair supaya bisa masuk ke dalam cetakan. Jika ingin menggunakan sabun batang sisa, lelehkan dulu sabun tersebut. Berkreasilah dengan aneka warna dan tambahkan minyak aromatherapy untuk membuat kreasi sabun lama menjadi baru!

Sabun Jelly yang Menggemaskan

kreasi DIY sabun jellybitzngiggles.com

Berikutnya ada kerajinan dari sabun yang teksturnya menyerupai jelly. Ketika disentuh akan terasa kenyal dan sedikit transparan. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan sabun cair, gelatin tanpa rasa, dan air mendidih. Larutkan gelatin dengan air panas, lalu campurkan ke sabun cair. Aduk perlahan supaya tidak ada gelembung busa. Segera masukkan ke dalam cetakan layaknya sedang menggunakan cetakan kue dan tunggu hingga mengeras.

Karena DIY sabun ini sifatnya transparan, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan kelopak bunga atau hiasan lainnya. Atau, buatlah kerajinan sabun ini dalam ukuran kecil untuk disimpan di tas dan digunakan untuk cuci tangan sekali pakai. Buat yang punya buah hati, pasti si Kecil jadi rajin cuci tangan.

Kerajinan dari Sabun dengan Teknik Cold Process

ide kerajinan dari sabun dengan teknik cold processpinterest.com

Kalau kerajinan dari sabun yang berikutnya membutuhkan ketelitian dan jiwa seni yang tinggi. DIY sabun ini menggunakan teknik cold process dan cetakan bentuk persegi panjang. Adonan yang sudah disiapkan berbentuk cair dan terbagi atas beberapa warna, sesuai kebutuhan desain yang akan dibuat. Pengerjaannya dilakukan per warna dan menunggu hingga warna tersebut mengeras. Lalu, dilanjutkan dengan penuangan warna berikutnya.

Untuk bentuk solid seperti bulan dan bintang, biasanya menggunakan adonan sabun padat yang sudah dibuat terlebih dulu. Setelah mengeras, sabun dikeluarkan dari cetakan dan dipotong ke dalam ukuran yang lebih kecil. Kerajinan dari sabun dengan teknik cold process ini banyak diterapkan oleh produsen sabun natural.

Itulah 5 ide kerajinan dari sabun yang bisa kamu bikin di rumah dan jadikan peluang usaha kecil-kecilan. Kamu tertarik buat yang mana dulu, nih?

Jangan lupa baca juga artikel dengan berbagai tips dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka jenis furnitur untuk hunianmu, lho. Mulai dari meja makan, sofa, bean bag, rak dinding, nakas, hingga kasur, semuanya ada.

Bahkan, tersedia pula jasa desain interior dengan harga terjangkau. Tim Dekoruma Desain Interior siap melayani untuk di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan desain interior Bandung dan Surabaya. #EnaknyaAdaDekoruma semakin mudah mewujudkan rumah impian yang nyaman.

Leave a Reply