6 Ide Balkon Rumah Minimalis yang Cozy dan Asyik Buat Nyantai

Inspirasi Desain Balkon Rumah Minimalis Kekinian yang Bisa Ditiru

Penting nggak, sih punya balkon rumah minimalis? Jawabannya tentu saja penting karena area ini bisa jadi tempat yang asyik buat kamu quality time bareng pasangan, keluarga, teman, atau diri sendiri (me time). Hanya saja, supaya bisa nyaman, tentu desainnya juga mesti mendukung, ‘kan?

Simpelnya untuk membuat balkon rumah minimalis yang nyaman, ciptakan ruangan terbuka yang tetap teduh. Jangan menaruh furnitur berlebihan yang membuat balkon rumah minimalis milikmu jadi nggak space-saving dan malah terlihat sumpek.

Nggak perlu bingung memikirkan bagaimana menciptakan balkon rumah minimalis yang cozy buat bersantai. Tiru saja salah satu dari keenam inspirasi balkon rumah minimalis kekinian yang sudah Kania kumpulkan di bawah ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

1. Tak Perlu Berlebihan, Cukup Sofa dan Satu Warna Dominan

desain balkon rumah minimalis dengan dua sofa singledezigndistrict.com

Bikin desain balkon rumah minimalis sebenarnya nggak perlu neko-neko. Justru kalau berlebihan, balkon rumah minimalismu bisa terlihat “penuh” dan kurang menarik. Coba, deh tempatkan sepasang sofa satu seater yang nyaman ditambah aplikasi satu warna dominan untuk membentuk desain balkon rumah minimalis yang cantik dan modern. Hasilnya pasti lebih space-saving dan elegan!

2. Ayunan di Balkon Bikin Makin Betah

balkon rumah minimalis dengan kursi ayunan yang nyamanlivspace.com

Hias #SatuSudutDulu di balkon rumah minimalismu dengan menempatkan bangku ayunan. Furnitur ini nggak hanya membuat balkon rumah minimalis hunianmu makin ciamik, melainkan juga bisa membuat kamu makin betah bersantai-santai di tempat duduk gantung yang cozy. Kalau mau, kamu juga bisa melapisi sebagian lantai balkon dengan rumput sintetis supaya terlihat lebih asri.

3. Balkon Rindang Bikin Semangat Kerja

desain balkon rumah minimalis dengan rak tanaman vertikalarchitonic.com

Mau buat balkon rumah minimalis yang asyik dan nyaman buat kerja? Gampang, kok! Kamu hanya perlu menempatkan sepasang meja kursi besi yang nyaman diduduki. Kemudian, hadirkanlah hiasan lampu gantung & lampu plafon beserta beberapa tanaman hias. Namun, jangan cuma tempatkan tanaman-tanaman tersebut di salah satu area balkon saja, melainkan sebarlah ke beberapa sudut supaya balkon rumahmu makin rindang. Jadi, kamu bisa semakin merasa fresh ketika bekerja dan semangatmu nggak cepat habis!

Jbrothers T - TOWER PLANT STAND 6 POT

Jbrothers T – TOWER PLANT STAND 6 POT

Supaya tanaman-tanaman di balkon rumah minimalismu nggak terlihat berantakan, pemakaian rak tanaman lebih disarankan. Rak tanaman vertikal model tower yang bisa memuat 6 pot di atas bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempatkan satu atau dua rak ini di salah satu sisi balkon, sedangkan sisa tanaman bisa kamu letakkan di pinggiran railing balkon atau dekat pintu. Dijamin suasana rindang lebih gampang tercipta!

4. Balkon Rumah Minimalis yang Asyik Buat Nongkrong

balkon rumah minimalis modern dengan sepasang kursi santai dan meja kopithewilliamvale.com

Coba, deh hadirkan hanya sepasang bangku yang dilengkapi coffee table di area balkon hunianmu. Hasilnya pasti langsung jadi balkon rumah minimalis yang asyik buat nongkrong, entah untuk sekadar ngobrol atau jadi tempat bekerja. Biar kesannya lebih hangat, kamu bisa memasang dek kayu untuk lantai balkon, terutama buat kamu yang mengusung gaya hunian serba natural dan asri, seperti Japandi (Japanese-Scandinavian) atau tropis. 

 5. Estetik dengan Balkon Minimalis Bergaya Natural

desain balkon rumah minimalis bergaya naturalhousing.com

Suka banget dengan konsep ruangan bertema Japandi? Kamu juga bisa menghadirkannya dalam balkon rumah minimalismu, lho! Nuansa Japandi akan lebih mudah muncul ketika kamu membuat balkon rumah minimalis bergaya natural.

Biarkan cat dinding balkon dibuat clean dengan warna putih, lalu tinggal tambahkan tempat duduk dari material alami seperti rotan atau kayu untuk menghadirkan kesan natural. Biar makin cantik, tempatkan satu pot berisi tanaman hias hijau di salah satu sudut balkon rumah minimalismu.

Brewsuniq Space Saravad Lounge Chair - Rotan Brown

Brewsuniq Space Saravad Lounge Chair – Rotan Brown

Memilih kursi dengan konsep natural juga jangan yang biasa-biasa saja. Nggak ada salahnya memilih kursi berdesain unik yang membuat tampilan balkon rumah minimalis makin ciamik. Brand Brewsuniq Space punya model kursi rotan dengan dudukan rendah berangka kayu yang bisa membuat kamu makin betah di balkon. Nggak cuma unik, kursi bergaya Scandinavian yang natural ini juga nyaman diduduki berkat dudukannya yang cenderung lebih lebar daripada kursi pada umumnya.

6. Kumpul Ramai-ramai di Balkon yang Dikelilingi Sofa

desain balkon rumah minimalis mungil dengan sofa letter Lonekindesign.com

Ingin balkon rumah minimalismu jadi tempat ngumpul ramai-ramai, tapi luasnya cukup terbatas? Kamu bisa menyiasatinya dengan menghadirkan sofa letter L yang dapat menampung lebih banyak orang di balkon tersebut.

Sofa letter L ini memang sebaiknya dipesan secara custom supaya lebih sesuai dan muat banyak. Namun, kalau nggak mau ribet, kamu juga bisa membeli sofa L yang sudah jadi dengan menyesuaikan ukurannya. Dalam menerapkan desain balkon rumah minimalis ini kamu perlu lebih berhati-hati. Pasalnya, penataan yang kurang tepat bisa membuat area balkon jadi sumpek.

Gimana, kamu paling suka desain balkon rumah minimalis yang mana, nih? Kalau favorit Kania, sih yang nomor 5 karena sangat cocok buat hunian Kania yang bergaya Japandi 😆.  Namun, apa pun pilihan kamu, tetap pastikan untuk menggunakan berbagai material maupun furnitur yang berkualitas, ya mengingat keberadaan balkon berada di area outdoor yang lebih sering berhadapan dengan perubahan suhu dan cuaca

Nggak perlu bingung, berbagai furnitur berkualitas bisa kamu temukan, kok di Dekoruma. Bahkan, banyak juga yang modelnya multifungsi dan space-saving sehingga balkon rumah minimalis kamu bakal tetap lega. Beberapa di antaranya ada sofa, kursi santai teras, meja kecil, kotak makanan & toples, aneka rak penyimpanan, hingga kasur Dunlopillo. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply