Ini Dia Hari Baik Pindah Rumah, Jangan Sembarangan Pilih!

Menentukan Hari Baik Pindah Rumah

Ingin memiliki hunian baru? Saat ini, ada banyak sekali pilihan rumah baru maupun rumah dijual dari tangan kedua yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Namun, jika sekarang kamu telah mendapatkan rumah yang diimpikan, pastinya kamu tak sabar ingin segera pindah.

Sebelum pindah ke rumah baru, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan, mulai dari memilih peralatan dan perlengkapan rumah, mengurus dokumen, serta kebutuhan lainnya. Hal ini juga termasuk memilih hari baik pindah rumah yang banyak dipercaya orang karena mempengaruhi keberuntungan dan hal positif lainnya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai hari baik pindah rumah, simak tips dari Kania di bawah ini, yuk! 

Banner Dekoruma Properti

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

menentukan hari baik pindah rumah menurut Islamappmanager.co.uk

Menurut Islam, tidak ada ketentuan spesifik mengenai hari baik pindah rumah. Namun, terdapat bulan yang telah ditentukan untuk disesuaikan menurut posisi rumah baru yang akan ditempati. Jika rumah barumu berada di arah Timur, maka kamu sebaiknya pindah di bulan Sya’ban, Ramadan atau Rajab. Sementara itu, waktu terbaik untuk pindah ke hunian baru yang lokasinya di Barat dapat kamu lakukan pada bulan Muharram, Rabiul Awal, dan Safar.

Untuk kamu yang akan berpindah ke rumah baru yang letaknya di Utara, maka hari baik pindah rumah dapat dilakukan pada bulan Jumadil Awal, Jumadil Akhir, atau Rabiul Akhir. Sementara itu, jika rumahmu posisinya di Selatan, maka proses perpindahan rumah dapat dilakukan pada bulan Syawal, Zulhijah, ataupun Zulkaidah. 

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon Jawa

hari baik pindah rumah menurut Primbon Jawatj-projects.com

Menurut Primbon Jawa, trik menentukan hari baik pindah rumah dapat dilakukan dengan mengetahui neptu terlebih dulu. Penghitungan ini juga dapat dilakukan dengan mengetahui neptu dari keluarga ataupun pasangan yang akan kamu ajak untuk pindah rumah, dengan informasi neptu dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Hari Neptu
Senin 4
Selasa 3
Rabu 7
Kamis 8
Jumat 6
Sabtu 9
Minggu 5

 

Nama Pasaran Neptu
Pahing 9
Pon 7
Wage 4
Kliwon 8
Legi 5

Setelah mengetahui neptu dari hari lahir, kamu pun bisa menambahkannya dengan neptu hari pindahan yang rencananya akan dilakukan. Setelah ditambahkan, kamu dapat membaginya dengan empat untuk mengetahui hasilnya, seperti di bawah ini:

  • Hasil 1  adalah Guru yang artinya dihormati, digurukan, lancar rejeki dan sejahtera.
  • Hasil 2 adalah Ratu yang artinya wibawa, disegani dan banyak rejeki.
  • Hasil 3 adalah Rogoh yang artinya boros, mudah dimasuki pencuri, dan kurang bahagia
  • Hasil 4 adalah Sempoyong yang artinya tidak bertahan lama, susah dan sering bertengkar.

Jika hasil di atas dirasa kurang baik, misalnya hasil Rogoh, maka kamu pun sebaiknya memilih hari baik pindah rumah lainnya sehingga hasilnya mendapatkan Ratu ataupun Guru.

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Pancasuda

hari baik pindah rumah menurut Pancasudawaltonflooringcentre.co.uk 

Kamu juga bisa menghitung hari baik pindah rumah berdasarkan Pancasuda yang pembaginya merupakan angka 5. Pada penghitungan ini, kamu bisa mengurangi total neptu dengan perkalian terdekat, lalu lihat kedudukan sisa angka berdasarkan tabel berikut ini:

Kelebihan Jatuh Pada Arti
1 Sri Lancar rejeki dan dipenuhi berkat
2 Lungguh Derajat tinggi di mata masyarakat
3 Gedhong Kaya akan harta benda
4 Lara Sakit
5 Pati Mati dalam arti luas

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Feng Shui

hari baik pindah rumah menurut feng shuiwhitegates.co.uk

Untuk mengetahui hari baik pindah rumah menurut feng shui, caranya juga sangatlah mudah karena kamu cukup menggunakan patokan shio dari kepala keluarga untuk disesuaikan menurut rencana bulan pindah rumah. Beberapa shio mengundang ciong atau konflik pada bulan tertentu, di mana keterangannya bisa kamu lihat di bawah ini:

Shio Konflik
Kambing Kerbau
Monyet Harimau
Ayam Kelinci
Anjing Naga
Babi Ular
Tikus Kuda
Kerbau Kambing
Harimau Monyet
Kelinci Ayam
Naga Anjing
Ular Babi
Kuda Tikus

Hari Baik Pindah Rumah Menurut Feng Shui Berdasarkan Jam

hari baik pindah rumah menurut feng shui berdasarkan jampropertypriceadvice.co.uk 

Selain menghindari bulan berdasarkan tabel di atas, terdapat juga hari baik pindah rumah menurut Feng Shui yang didasarkan pada jam. Kamu bisa melihat informasinya pada tabel di bawah ini sebelum pindah ke rumah baru:

Shio Jam Baik
Tikus 23:00 – 01:00
Kerbau 01:00 – 03:00
Harimau 03:00 – 05:00
Kelinci 05:00 – 07:00
Naga 07:00 – 09:00
Ular 09:00 – 11:00
Kuda 11:00 – 13:00
Kambing 13:00 – 15:00
Monyet 15:00 – 17:00
Ayam 17:00 – 19:00
Anjing 19:00 – 21:00
Babi 21:00 – 23:00

Untuk kamu yang ingin pindah rumah, tak ada salahnya melakukan tips di atas. Selain itu, jangan lupa untuk menyimak berbagai inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma, ya!

Kalau kamu justru masih mencari rumah yang cocok dengan kebutuhan keluarga, kamu bisa menemukannya di Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah dengan harga terbaik untukmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Bekasi, BSD, Jakarta Selatan, hingga Depok. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah di rumah barumu!

Leave a Reply