5 Inspirasi Desain Tempat Cuci Baju Outdoor Favorit Para Ibu

Masyarakat Indonesia terbiasa untuk mencuci dan menjemur baju di halaman rumah. Hal ini dilakukan untuk tidak mengotori bagian dalam rumah dan juga mempercepat proses pengeringan baju. Tapi kebiasaan ini bisa mengganggu tampilan rumah, tidak sedap dipandang orang yang lalu lalang. Solusi yang dapat diikuti adalah menerapkan desain tempat cuci baju outdoor.

Well, untuk para ibu yang masih bingung ide desain laundry room di ruangan outdoor, Kania punya beberapa inspirasi desain menarik yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini. Perhatikan baik-baik desainnya, ya!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Desain Tempat Cuci Baju Outdoor di Balkon

Tempat Cuci Baju Tersembunyi di Balkon

houzz.com

Inspirasi desain tempat cuci baju outdoor ini berada di balkon dan langsung mendapatkan paparan matahari. Namun, bisa dikatakan cukup teduh dan aman untuk menjemur baju. Mesin cuci disembunyikan di balik partisi yang terbuat dari susunan tiang kayu.

Partisi ini membuat desain tempat cuci baju outdoor lebih rapi sekaligus melindungi mesin cuci rusak akibat sinar matahari. Agar terlihat fresh, letakkan tanaman hijau di tepi pembatas balkon untuk desain tempat laundry di ruangan outdoor.

Desain Tempat Cuci Baju Outdoor yang Semi Indoor

Desain Tempat Cuci Baju Outdoor yang Semi Indoor

loveproperty.com

Bagi kamu yang rumahnya tidak memiliki halaman atau tinggal di apartemen, desain tempat cuci baju outdoor semi indoor ini patut dicoba. Sediakan ruang khusus di dekat jendela. Lalu tata mesin cuci, jemuran, dan alat setrika sesuai keinginan.

Lantainya dibuat lebih rendah dari lantai interior hunian untuk menghindari air mengalir ke dalam. Tambahkan pintu geser dari kaca untuk membatasi area hunian dan laundry.

Heim Studio KOZU Rak Buku

Heim Studio KOZU Rak Buku

Manfaatkan rak buku minimalis dan multifungsi KOZU dari Heim Studio untuk desain tempat cuci baju. Tata segala kebutuhan laundry mulai dari sabun, pelembut, hingga alat setrika di sini. Konsep rak yang terbuka menjamin sirkulasi udara yang lancar sehingga kelembapan desain tempat cuci baju tetap terjaga.

Gunakan Kanopi Kaca dan Partisi Kayu

Gunakan Kanopi Kaca dan Partisi Kayu

pinterest.com

Desain laundry room di ruangan outdoor berikutnya menyatu dengan area santai di halaman belakang. Mesin cuci diletakkan agak ke dalam untuk menghindari sinar matahari. Sedangkan area jemuran dilengkapi dengan kanopi dari kaca.

Kanopi ini multifungsi untuk memastikan kamu masih bisa mengeringkan baju ketika hujan, serta mengurangi intensitas sinar matahari sehingga warna baju tidak mudah pudar. Partisi kayu dengan dekorasi tanaman hijau tahan panas dijadikan pembatas antara desain tempat cuci baju dengan tempat bersantai.

Ala Rumah di Pinggir Kota

Desain Tempat Cuci Baju Outdoor

pinteret.com

Tidak mau jemuran dilihat tetangga atau tamu yang berkunjung? Ikuti desain tempat cuci baju yang mengambil tempat di lorong menuju halaman belakang. Desainnya mengikuti konsep rumah-rumah di pinggir kota.

Kanopinya menggunakan rangka kayu yang serasi dengan pagar. Karena posisinya ada di luar, sistem pembuangan airnya jauh lebih mudah ditata. Dijamin aman dari hujan dan panas berlebihan!

Gabung dengan Dapur Basah

Gabung dengan Dapur Basah

pinteret.com

Ketika lahan outdoor terbatas, tapi desain tempat cuci baju dan dapur basah tidak bisa dihilangkan begitu saja, maka kamu perlu coba menggabungkan keduanya. Ide desain tempat cuci baju yang spacesaving ini cukup lazim di luar negeri.

Meja digunakan untuk bak cuci piring dan area persiapan bahan makanan. Sedangkan di bagian bawah kabinet jadi tempat untuk meletakkan mesin cuci dan lemari es. 

Desain Tropis Mungil

Desain Tropis Mungil

hicentral.com

Desain tempat cuci baju ini cocok diterapkan untuk hunian mungil. Mesin cuci diletakkan di sudut. Lalu untuk menjemur pakaian, gunakan dak jemuran minimalis yang ditempel pada dinding dan bisa dilipat sehingga spacesaving. Hadirkan kesan tropis dengan pepohonan berukuran kecil-sedang atau tanaman merambat sebagai dekorasi sekaligus menyembunyikan desain tempat cuci baju dari tetangga.

Sudah menemukan desain tempat cuci baju outdoor yang kamu suka? Langsung rancang budget dan siapkan lahan. Rumah terlihat rapi dari segala sisi, mencuci dan menjemur pun jadi nyaman! 

Jangan lupa untuk lengkapi aneka furnitur rumah yang space-saving dan multifungsi, seperti tempat penyimpanan untuk pakaian yang akan dicuci, kabinet dapur & troli, dan juga lemari laci untuk menyimpan sabun atau detergen pencuci pakaian. Semua furnitur pelengkap ini bisa kamu temukan dengan mudah dan terjangkau hanya di Dekoruma, lho!

Jadi tanpa perlu lagi, wujudkan semua impianmu dengan belanja aneka furniture minimalis multifungsi ala Japandi bersama Dekoruma, yuk! 

Leave a Reply