10 Desain Rumah Minimalis 3 Kamar yang Mewah dan Tetap Lega!

Ide Desain Rumah Minimalis 3 Kamar dengan Penataan yang Apik

Sedang mencari inspirasi desain rumah minimalis 3 kamar yang space-saving dan multifungsi? Kamu sudah berada di laman yang tepat! Untuk membuat desain rumah minimalis 3 kamar, sangat dibutuhkan aransemen yang tepat agar tetap lega dan juga budget yang mencukupi. 

Bagi keluarga yang ingin keseimbangan antara ruang aktivitas dan kamar tidur sebagai tempat istirahat, rumah minimalis dengan 3 kamar bisa dijadikan solusinya. Namun, sebelum kamu mencontek inspirasi desain rumah ini, ada baiknya cari tahu dahulu beberapa tips dan triknya agar tidak salah langkah. 

Mau tahu apa saja tips dan trik yang harus dilakukan sebelum membuat desain rumah minimalis 3 kamar? Yuk, simak ulasan lengkap dari Kania berikut ini! 

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Tips dan Trik Menentukan Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

1. Buat Perencanaan yang Matang

Bisa membangun rumah sendiri untuk masa depan merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi semua orang. Ini juga menjadi sebuah impian yang menjadi nyata, sehingga banyak orang yang terbawa suasana dengan momen ini. 

Terutama jika kamu bisa membangun sebuah rumah dengan desain 3 kamar tidur yang membuatmu semakin antusias untuk bereksplorasi. Namun, kamu perlu ingat membangun rumah minimalis 3 kamar memerlukan budget yang besar sehingga kamu harus pertimbangkannya dengan matang. 

Kamu bisa membuat sebuah perencanaan anggaran agar terhindar dari budget berlebih dan potensi krisis keuangan. Beberapa perencanaan anggaran yang harus kamu siapkan ini adalah biaya bahan bangunan, layanan profesional, pengeluaran tak terduga, hingga biaya pengurusan surat menyurat oleh pemerintah setempat. 

2. Jadikan Kualitas Kamar sebagai Prioritas

Membangun sebuah rumah dengan desain 3 kamar memang bagus. Akan tetapi jika ruangan kamar terlalu kecil dan tidak memenuhi kebutuhan kamar, maka kamar tidur pun terasa tidak nyaman. 

Oleh karena itu, hal utama yang harus dilakukan adalah jadikan kualitas kamar sebagai prioritas dibandingkan kuantitas yang diinginkan. Itu artinya, kamu harus memastikan terlebih dahulu, ruangan kamar cukup luas dan besar untuk menyimpan furniture

Sebab, kamar yang luas pasti akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan untuk menyimpan berbagai perlengkapan kamar tidur, seperti lemari pakaian, meja nakas, hingga rak buku. 

3. Perhatikan Aksesibilitas Tiap Kamar dan Fungsi Penunjangnya

Tips ketiga untuk menentukan desain rumah 3 kamar yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan kesediaan ruangan kamar dan fungsi penunjangnya. Fungsi penunjang yang dimaksud ini merupakan kamar mandi dan ruangan lainnya.

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah, kamu bisa memastikan bahwa nantinya di setiap kamar akan diberikan aksesibilitas atau tidak. Tips ini diyakini akan membantumu untuk merancang setiap ruangan kamar.

4. Utamakan Sisi Nyaman untuk Tiap Kamarnya

Langkah selanjutnya yaitu utamakan sisi kenyamanan untuk setiap kamar di rumah. Ini merupakan sebuah tantang untukmu atau para designer agar bisa menjadikan ruangan setiap kamar terasa nyaman. Contoh kecil yang bisa kamu terapkan yaitu adanya sirkulasi udara atau jendela yang minimalis untuk setiap kamar di rumah.

5. Pastikan Pencahayaan Kamar dan Ruangan Lain Tercukupi

Dalam mendesain rumah minimalis 3 kamar jangan lupa untuk selalu perhatikan tingkat pencahayaan kamar dan ruangan lainnya tercukupi. Sebab, pencahayaan ruangan yang baik merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar dan akan membuat kamu serta keluarga menjadi lebih nyaman. 

Selain itu, pencahayaan yang baik juga akan membuat rumah dan ruangan terlihat lebih artistik dan aesthetic dengan adanya tambahan lampu gantung minimalis, lampu tidur, atau lampu teras. 

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Nah, setelah membaca semua tips penting di atas, kini, kamu bisa mencontek berbagai inspirasi desain rumah dengan 3 kamar yang sudah Kania rangkum. Langsung saja, intip desain rumah minimalis 3 kamar berikut yang sangat indah dan berkelas untuk kamu wujudkan.

Desain Rumah Minimalis yang Compact dan Enggak Bikin Sesak

Desain rumah minimalis 3 kamar

home-designing.com

Gambar di atas merupakan contoh rumah minimalis yang berada di lahan sangat terbatas, umumnya ditemukan di perkotaan atau apartemen. Rumah ini melebar dengan dua kamar tidur berada di area belakang dan satu di samping pintu. 

Tidak ada ruang tamu di ruang sesempit ini. Setelah masuk rumah, kamu akan menemukan lorong yang mengarah ke semua ruangan rumah. Tapi masih ada sisa space untuk ruang makan dan ruang keluarga, yang berbatasan dengan balkon.

Pemanfaatan ruangan indoor pun jadi lebih maksimal. Untuk kamu yang mau mengusung gaya Japandi, pilih lantai kayu untuk ruang tidur dan dijamin desain rumah minimalis 3 kamar ini akan makin homey

Heim Studio SETSU extendable dining table

Heim Studio SETSU Extendable Dining Table

Kania punya rekomendasi meja makan yang cocok untuk ruangan outdoor maupun indoor pada desain rumah minimalis 3 kamar, yaitu meja makan SETSU dari Heim Studio. Ya, permukaan meja makan ini bisa diperpanjang untuk menampung lebih banyak anggota keluarga. Furnitur yang praktis nan space-saving ini siap menyempurnakan desain rumah minimalis 3 kamar dan pastinya membuat kamu dan keluarga lebih leluasa saat makan.

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar dengan Dapur Depan

desain rumah minimalis 3 kamar

home-designing.com

Rumah kedua ini lebih lapang dengan adanya teras untuk bersantai di depan rumah. Ruang keluarganya didesain menjadi satu dengan dapur menyerupai rumah-rumah bergaya western. Semua kamar berada di area belakang untuk memaksimalkan privasi. 

Rumah ini hangat dan pastinya nyaman untuk tempat berkumpul dengan orang-orang tersayang yang berharga di hidup kamu. Desain rumah minimalis 3 kamar pun bakal jadi lebih space-saving!

Tak Butuh Carport Asal Kamar Utamanya Super Lega

desain rumah minimalis

pinterest.com

Rumah ini bertipe memanjang, umumnya bertipe 36. Penataan areanya standar rumah tipe ini, tapi kamar depan diperluas dengan memangkas area yang seharusnya bisa dijadikan carport. Dua kamar lain diletakkan bersebelahan di sisi yang berlawanan, masing-masing menghadap ke ruang keluarga di tengah dan dapur di belakang. Salah satu kamar ini bisa kamu jadikan untuk kamar tidur si kecil yang minimalis dan nyaman.

Nah, untuk kamu yang tak butuh garasi atau carport untuk kendaraan, desain ini cocok untuk kamu. Dengan kamar utama sebesar itu, kamu bahkan bisa menjadikan kamar tidur menjadi ruang keluarga kedua, hanya saja privasinya lebih terjaga. Jangan lupa, masih ada sedikit area taman hijau kecil di depan.

Linori JANA Set Sprei Sarung Bantal Bamboo Velvet Super Single 120x200x40cm - Sage Green

Linori JANA Set Sprei Sarung Bantal Bamboo Velvet Super Single 120x200x40cm – Sage Green

Untuk istirahat yang makin nyaman dan berkualitas, jangan lupa untuk memilih kasur dengan tingkat keempukan yang sesuai kebutuhanmu. Pilih juga sprei yang lembut dan nyaman digunakan, seperti set sprei JANA dari Linori di atas yang terbuat dari bahan bamboo velvet organik. Selain lembut, bahan sprei ini juga terasa dingin dan mampu menyerap keringat serta menjaga kelembapan sehingga bahan tetap sejuk dan tidak panas.

Semua Kamar Menghadap Area Taman

desain rumah minimalis 3 kamar

home-designing.com

Rumah bertipe melebar ini berdiri di lahan yang cukup luas, kemungkinan besar ini adalah rumah vertikal. Kita melihat ada semacam balkon di belakang yang bersebelahan dengan taman. Kamar berjejer di sisi kiri rumah, masing-masing punya kamar mandi. Kamar itu menghadap ke area taman mungil sehingga rumah terlihat semakin menawan dan asri. Dua kamar utama di desain rumah ini memiliki kamar mandi privat.

Yuk, bikin hunian lebih nyaman dan estetik dengan aneka aksesoris rumah cantik mulai #SatuSudutDulu!

Cek koleksinya di sini!

Ruang Keluarga di Tengah, Pusat dari Segalanya

desain rumah minimalis 3 kamar

home-designing.com

Rumah ini juga merupakan apartemen dengan balkon khas. Ketika kamu masuk dari pintu, kamu akan menemui kamar area mandi yang cukup besar di sisi kiri. Maju sedikit kamu akan bertemu livingroom yang cukup luas. Ini adalah ruang utama dan berbatasan langsung dengan area taman.

Ketiga kamar ditata berjajar membentuk segitiga dan di antaranya ada 1 kamar mandi ekstra yang lebih privat. Jangan lupakan pula permainan warna yang dapat turut memengaruhi nuansa dan keindahan ruangan. Oleh karena itu, pilihlah warna cat rumah yang bagus dan sesuai dengan gaya hunian yang diusung.

Desain Rumah dengan Jendela Besar

Desain Rumah dengan Jendela Besar

pinterest.com

Rumah seperti ini cocok untuk area pemukiman yang padat dan gerah karena dilengkapi dengan banyak bukaan jendela besar. Tiga kamarnya dijejer memanjang dari depan sampai belakang dengan ukuran yang kurang lebih sama. Posisi pintu kamar cukup privat karena pintu kamar paling depan pun tidak berhadapan dengan ruang tamu, melainkan dengan ruang keluarga.

Heim Studio Nobu Sofa Bed Cream

Heim Studio Nobu Sofa Bed Cream

Buat kamu yang juga ingin menghadirkan ruang duduk yang nyaman di hunian saat ini, sebaiknya kamu menggunakan furnitur multifungsi berupa sofa bed, seperti inspirasi produk di atas. Saat kamu mau melakukan power nap, tidak perlu repot-repot ke kamar tidur. Cukup rentangkan saja sandaran sofa ini hingga menjadi seperti kasur. Sekiranya kedatangan sanak saudara, acara istirahat bersama pun bisa makin nyaman dengan kehadiran sofa bergaya Japandi ini.

Suka Privasi? Kitari Ruangan kamu dengan Banyak Sekat Dinding

rumah minimalis dengan sekat dinding

home-designing.com

Rumah yang satu ini cocok untuk kamu yang lebih menginginkan privasi. Ada ruang tamu khusus di depan yang dipisahkan dengan berbagai ruang dengan tembok-tembok yang mengelilinginya. Dapur berada di tengah rumah, sementara kamar-kamar ada di belakang dan satu di depan. Masih ada sisa space untuk ruang keluarga kecil di samping ruang tamu, tapi kedua ruangan ini sepenuhnya dipisahkan dinding.

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar yang Modern Kontemporer

desain rumah minimalis kontemporer

home-designing.com

Ini adalah rumah yang sangat fungsional. Komposisi ruangnya komplit, ada ruang tamu, ruang keluarga merangkap ruang makan yang menghadap balkon, dapur dan kamar mandi di tengah, serta tiga buah kamar yang ukurannya hampir sama. Privasi masing-masing ruangan tetap terjaga meski area rumah ini terbatas. Ada juga kamar mandi privat di area belakang lho.

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar dengan Lorong Privat

desain rumah dengan lorong privat

home-designing.com

Last but definitely not least! Desain rumah minimalis 3 kamar untuk sebuah rumah besar yang berdiri di lahan yang cukup luas. Ada beberapa keunikan desainnya. Ruang tamu tidak ada, digantikan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan sekaligus dapur, yang memanjang menghabiskan hampir separuh panjang rumah.

Kemudian ketika maju, kamu akan menemukan sebuah dinding panjang yang berisi lorong yang menghubungkan ketiga kamar besar di depannya. Di sisi kirinya ada kamar mandi yang cukup luas. Kamarnya sangat lega dan semuanya memiliki area balkon sendiri-sendiri.

Banyak sekali inspirasi desain rumah minimalis 3 kamar yang mungkin cocok untuk kamu. Seberapa sempit pun ruangan kamu, jika ditata dengan baik, maka tetap akan terasa luas. Kamu bisa menghadirkan segala kenyamanan di rumah bersama pasangan dan anak-anak.

Jangan lupa lengkapi hunianmu dengan aneka perlengkapan rumah seperti furnitur atau aksesoris yang serba space-saving dan multifungsi. Semua bisa kamu temukan di Dekoruma, lho! Mulai dari meja makan, meja tv, lemari pakaian, kabinet dapur, tempat tidur, karpet, hingga vas & pot bunga, semuanya ada!

Mau refresh tampilan rumah, tapi bingung harus mulai dari mana? Mulai saja dari #SatuSudutDulu! Sesimpel dengan menambahkan aneka hiasan atau mengganti furnitur lama di sudut favoritmu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply