5 Ide Desain Ruang Cuci Jemur Lantai 2 yang Apik dan Nyaman

Inspirasi Ruang Cuci Jemur Estetik di Hunian

Akibat lahan untuk hunian semakin terbatas dan mahal harganya, tidak sedikit orang yang membangun rumahnya secara vertikal alias tingkat 2. Karena keterbatasan lahan ini pula, ruang outdoor kerap dikorbankan sehingga tidak ada ruang untuk mencuci dan menjemur pakaian. Dalam keadaan seperti ini, keputusan yang paling tepat adalah membangun ruang cuci jemur lantai 2.

Kehadiran ruang cuci jemur di lantai dua rumah dikatakan strategis karena area tersebut bisa dibuat semi outdoor dan mendapatkan sinar matahari. Selain itu, posisinya di bagian atas belakang rumah sehingga pakaian yang sedang dijemur tidak mengganggu estetika rumah.

Menarik, ya? Kalau begitu simak 5 ide desain ruang cuci jemur lantai 2 yang sudah Kania kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini supaya kelihatan apik dan nyaman digunakan!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Minimalis dengan Taman Mungil

ruang cuci jemur lantai 2 minimalis dengan taman mungilpinterest.com

Desain ruang cuci jemur lantai 2 yang satu ini dibuat menyerupai koridor semi outdoor. Tatanannya minimalis, hanya ada mesin cuci, bak cuci, dan tiang untuk menjemur. Perangkat elektronik diletakkan berhimpit dengan dinding bangunan untuk menghindari paparan sinar matahari berlebih. 

Kamu bisa menambahkan atap dan dinding apabila dirasa area ini bisa terlihat oleh tetangga sekitar dengan mudah. Tinggi dinding cukup ¾ dari tinggi bangunan lantai 2 agar sirkulasi udara dan sinar matahari tetap lancar. Di salah satu sudutnya ada taman mini dengan tanaman hijau yang membuat ruang cuci jemur ini terlihat lebih asri.

Ruang Cuci Jemur dengan Atap Transparan

ruang cuci jemur lantai 2 dengan atap transparaninterlook.co.id

Ruang cuci jemur lantai 2 kali ini memiliki desain yang lebih minimalis dan spacesaving. Ada 2 kunci utama pada desain ruang cuci jemur ini. Pertama ada pada atapnya yang dibuat semi transparan. Dengan demikian, sinar matahari yang masuk ke area laundry tidak berlebihan sehingga pakaian pun tidak mudah rusak. Ketika hujan tiba-tiba turun, kamu pun tidak perlu panik mengangkat jemuran.

Kedua adalah tatanan mesin cuci, gantungan, dan kabinet yang berada di satu sudut saja. Mesin cuci diberi rangka kayu sehingga bagian atasnya bisa dimanfaatkan untuk meletakkan aneka barang tanpa membebani mesin itu sendiri. Lihat ke atas lagi, ada kabinet penyimpanan gantung untuk pakaian yang sudah kering. Di bawah kabinetnya terdapat tiang untuk menjemur pakaian.

PIRA Aero LWU60 Rak Mesin Cuci - Rak Dinding Penyimpanan

PIRA Aero LWU60 Rak Mesin Cuci / Rak Dinding Penyimpanan

Kabinet dengan gantungan baju di bagian bawah pada ruang cuci jemur tadi sangat layak dimiliki. Kamu tidak perlu repot custom karena ada rak mesin cuci Aero LWU60 dari PIRA yang modelnya mirip dan langsung siap pakai. Tinggal pasang saja ke dinding ruang cuci jemur milikmu!

Hangat dengan Lantai Kayu

desain ruang cuci jemur lantai 2 dengan lantai kayuhelloshabby.com

Karena berhubungan dengan air, ruang cuci baju lebih identik dengan kesan yang dingin dan berantakan. Akan tetapi, sebenarnya ruang cuci jemur lantai 2 bisa saja dibuat terlihat hangat dengan trik sederhana. Salah satunya menggunakan lantai kayu di area jemurnya. Lantai kayu ini bisa berupa lantai vinyl, keramik motif kayu, ataupun dek kayu.

Ruang Cuci Jemur Lantai 2 Indoor

desain ruang cuci jemur lantai 2 indoorcut2size.ca

Bagi kamu yang rumahnya tidak mungkin dibuatkan ruang semi outdoor, maka ruang cuci jemur lantai 2 indoor seperti ini bisa dijadikan inspirasi. Buatlah jendela berukuran besar yang mudah dibuka tutup. Tujuannya supaya kelembapan di ruang cuci jemur tetap terjaga dan jemuran bebas bau apek. Bagian atas mesin cuci dilengkapi dengan meja panjang yang dapat dimanfaatkan untuk menyetrika pakaian.

Sekaligus Dapur Outdoor

desain ruang cuci jemur lantai 2 menyatu dengan dapurinteriordesign.id

Desain ruang cuci jemur lantai 2 yang bergaya ala industrial modern ini dibuat menyatu dengan dapur outdoor. Kania merekomendasikan desain ini untuk kamu yang juga hobi menikmati santapan di rooftop rumah.

Tidak perlu khawatir jemuran akan terkena bau masakan, ya. Pasalnya area kompor dan jemuran terpisah cukup jauh dan dihalangi oleh partisi kaca. Sementara itu, mesin cucinya bersebelahan dengan bak cuci piring dan menggunakan kanopi beton sehingga lebih aman dari sinar matahari dan hujan. 

Itu tadi 5 ide desain ruang cuci jemur di lantai dua rumah yang apik dan nyaman. Silakan sesuaikan dengan ukuran lahan dan kebutuhan masing-masing. Pastikan juga sistem pengairan dan pembuangan air lancar supaya ruang cuci jemur tidak mudah tergenang air serta menimbulkan masalah baru.

Leave a Reply