Simpel tapi Serbaguna, Intip 7 Desain Rak Barang Berikut!

Salah satu cara untuk menghindari barang berceceran di setiap sudut rumah adalah menggunakan rak barang. Saat ini, rak tidak melulu berbentuk persegi panjang yang kaku dan membosankan. Berkat ide kreatif dari produsen furnitur, kamu bisa mendapatkan rak barang dengan desain yang simple namun tetap keren. Material dan warnanya yang beragam akan membuat tampilan interiormu semakin apik.

Simak dahulu tujuh desain rak barang serbaguna yang unik berikut agar kamu terinspirasi untuk mencari rak yang anti-mainstream.

1. Rak barang menyerupai aquarium

rak barang dengan rangka persegi panjang dari besi seperti akuariumdesign-milk.com

Rak barang yang satu ini sekilas seperti aquarium mini yang ditempel pada dinding rumah. Bentuknya memang simpel dan dibuat terbuka supaya kamu mudah meletakkan barang di dalamnya. Bagian atas dan bawah dibuat dari papan kayu. Dengan lis besi berwarna hitam sebagai rusuknya, rak barang ini cocok diletakkan pada ruang bergaya minimalis.

2. Rak barang ala labirin

rak barang dengan desain seperti labirinohthethingsyoucanbuy.com

Ingin meletakkan barang dalam berbagai ukuran pada satu rak barang? Kamu bisa coba rak barang ala labirin seperti ini. Dengan celah-celah yang memiliki sudut 90 derajat, kamu cukup meletakkan barang sesuai dengan ukuran. Tumpukan buku di celah yang sempit atau vas bunga tinggi di bagian sudut, sempurna, ‘kan?

Idealnya rak barang yang berbentuk seperti labirin ini hanya diisi dengan barang-barang koleksi yang esensial saja sehingga tampilannya tetap unik dan menawan. Kalau kamu bingung di mana bisa mendapatkan rak barang yang unik, Dekoruma jual Funika, merek rak serbaguna dengan aneka model dan ukuran.

3. Rak barang sekaligus partisi

rak barang bertingkat sebagai sekat ruangan dalam ruang tamufreshome.com

Keterbatasan lahan di dalam sebuah hunian terkadang memaksa sang pemilik untuk menggabungkan beberapa ruang sekaligus. Misalnya saja ruang tamu yang bersebelahan dengan ruang makan. Hal ini tentu akan membuat penghuni lain merasa kurang nyaman ketika ada tamu yang datang.

Solusinya adalah menggunakan rak barang berukuran besar yang bisa dimanfaatkan juga sebagai sekat ruang tamu. Tidak perlu rumit, cukup sebuah rak kayu dengan banyak sekat. Beberapa barang yang bisa dipajang adalah patung, buku, piagam, bingkai foto, lampu, dan sebagainya.

4. Rak barang berbentuk tetesan air

rak barang bertingkat dengan rangka seperti tetes airtrendir.com

Berikutnya, ada rak barang dengan bentuk tetesan air raksasa. Kalau memiliki lengkungan, pasti akan sulit untuk meletakkan barang. Oleh karena itu, terdapat sekat bertingkat untuk meletakkan pajangan dan dekorasi lainnya sesuai kebutuhan. Meski bentuknya sederhana, tetap terlihat unik, keren, dan fungsional, kan?

5. Rak barang untuk sudut yang lebih efisien

rak barang atau rak sudut dengan bingkai kayu di sudut ruanganfreshome.com

Sudut ruang seringkali terbuang sia-sia karena penempatan furnitur yang kurang tepat. Untungnya saat ini sudah ada banyak desain rak barang yang bisa memanfaatkan sudut ruangan dengan efisien. Rak barang ini berupa bingkai yang terbuat dari kayu olahan, seperti multiplek dengan model yang tampak bengkok mengikuti sudut ruang.

Sering disebut sebagai rak sudut, furnitur ini juga cocok untuk ruangan berukuran kecil karena bisa diletakkan di bagian atas pada sudut ruangan. Tidak ada lagi ruang yang terbuang sia-sia jika menggunakan rak barang ini, kan?

6. Rak dengan kerangka “tipis”

rak barang dengan kerangka besi tipisarchvisuals-dk.com

Ingin memiliki rak barang dengan desain hemat ruang? Mungkin rak dinding minimalis yang tipis seperti ini cocok untukmu. Dari kejauhan, rak ini tampak seperti terbuat dari garis-garis, padahal ada papan besi tipis yang menopangnya. Meski terlihat tipis, nyatanya rak ini sangat kokoh untuk menampung semua barangmu.

7. Rak dinding “melayang” dari kayu

rak barang atau rak dinding dengan papan kayu dan besi siku di atas meja dapurthespruce.com

Desain rak barang yang berikutnya sudah tidak asing lagi, yaitu rak dinding minimalis dari kayu. Desainnya sangat simpel karena hanya menggunakan papan kayu dan besi siku yang dipasang ke dinding. Biasanya, rak seperti ini digunakan pada ruangan kecil untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih lapang.

Tapi, kalau mau digunakan pada ruangan besar pun tidak apa karena sama kerennya. Kamu hanya perlu menyesuaikan ukurannya dengan ukuran barang yang akan diletakkan di sana.

Kamu bisa menaruh aneka barang di sini, baik koleksi buku atau koleksi tanamanmu seperti bunga sri rejeki dan peace lily. Hasilnya, area tersebut akan terlihat lebih menawan.

8. Rak bertingkat dengan kayu penopang

rak barang kukuh dengan rangka kayu bertingkat dalam ruang tamudekoruma.com

Jika kamu menginginkan rak yang lebih fungsional dan mampu menopang banyak dekorasi dan barang keperluan sehari-hari, pilihlah rak display kayu dengan desain bertingkat. Namun, inspirasi di atas menunjukkan bahwa desain kukuh tak melulu harus berangka besi.

Selain berguna sebagai tempat memajang sekaligus menyimpan barang di dalam rumah, desain rak barang tentu juga harus sesuai dengan desain interior hunian agar tampilan ruangan menjadi lebih apik. Tak perlu memilih desain yang rumit, pastikan bahwa rak yang dipilih cukup kuat untuk menopang segala pajangan, dekorasi, dan kebutuhan sehari-hari yang akan ditaruh di sana.

Kamu sedang mencari furniture online seperti rak barang di atas? Dekoruma menyediakan aneka rak barang dengan beragam model dan ukuran. Yuk, langsung intip dan incar rak barang yang kamu banget di Dekoruma!

Leave a Reply