6 Desain Kanopi untuk Teras Rumah

Macam-Macam Model Atap Kanopi untuk Halaman Rumah

Tak hanya berperan sebagai atap tambahan di teras rumah, penggunaan kanopi juga dapat memberikan perlindungan terhadap cuaca serta difungsikan sebagai dekorasi bangunan. Oleh karena itu, pemilihan kanopi tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena dapat berpengaruh pada desain arsitektur rumah secara keseluruhan.

Buat kamu yang punya rencana memasang kanopi di teras rumah, Kania akan membagikan enam model kanopi keren yang bisa kamu gunakan. Seperti apa saja? Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Ciptakan Tampilan Mewah dengan Kanopi Kayu

atap kanopi teras rumah dengan material kayu mewahhomedcorhub

Cocok dengan berbagai konsep bangunan rumah, kanopi kayu ini siap memberikan sentuhan natural yang terkesan mewah di area teras rumahmu. Kamu bisa memilih kanopi kayu dengan model rapat seperti inspirasi di atas supaya teras rumahmu terlindung dari hujan ataupun panas. Namun, pastikan kamu memilih material kayu terbaik agar kanopi tetap awet, kukuh, dan terhindar dari pelapukan.

Sebagai penerang pada malam hari, tambahkan lampu gantung pada kanopi kayu. Jangan lupa sesuaikan juga furnitur dan dekorasi di teras dengan desain kanopi, ya agar terlihat serasi dan tetap mewah.

Kanopi Galvalum untuk Tampilan Minimalis

atap kanopi galvalum warna putih minimalisGoogle

Untuk kamu yang mengutamakan keawetan, maka kanopi berbahan galvalum sangat cocok untuk digunakan. Kanopi galvalum tahan terhadap rayap, karat, ataupun kelembapan sehingga cocok digunakan di Indonesia. Seperti pada gambar, kanopi galvalum yang digunakan tampak sangat serasi dengan konsep rumah minimalis yang diusung. Selain itu, kamu bisa mengecat kanopi dengan warna yang diinginkan serta disesuaikan menurut desain eksterior rumah.

Tampilan Futuristik dengan Kanopi Berbahan Metal

atap kanopi futuristik dengan motif yang bolongbuilddirectafrica

Dapat memberikan kesan futuristik, kanopi metal atau logam tak sekadar awet, tapi juga dapat memberikan kesan artistik pada teras rumahmu. Terlebih lagi, saat ini terdapat teknologi laser cut sehingga kamu dapat memesan kanopi dengan motif dekoratif yang diinginkan. Kamu juga bisa menghadirkan bunga gantung dengan menggantungnya di kanopi metal. Meskipun kanopi metal dapat dibuat dalam berbagai model, tapi pastikan kamu menyesuaikannya dengan konsep rumah agar tampilannya seimbang dan tidak berlebihan, ya!

Kanopi Kaca untuk Kesan Stylish dan Bersih

atap kanopi teras rumah dengan material kaca warna putihgroverbeachtrading

Untuk kamu yang ingin menonjolkan konsep desain dari arsitektur rumah, maka kanopi dengan material kaca seperti pada gambar di atas sangat cocok digunakan. Selain itu, penggunaan kanopi kaca pun dapat memberikan kesan stylish dan bersih.

Walaupun menggunakan material kaca, tapi atap kanopi ini tetap melindungi area teras rumah dari panas maupun hujan sehingga kamu bisa memanfaatkan area tersebut untuk bersantai. Untuk menciptakan suasana santai yang lebih nyaman, tambahkan meja teras dan kursi teras. Supaya lebih kukuh, kamu dapat memasangkan kanopi kaca dengan bingkai atap baja ringan atau besi.

Kanopi Fiber yang Awet dan Tahan Lama

atap kanopi fiber pada teras rumahGoogle

Jika kamu ingin membuat teras rumah tetap cerah tanpa terlalu mengekspos bangunan rumah, kamu bisa menggunakan kanopi dengan material fiber yang memiliki karakter bening yang samar. Menariknya, kanopi fiber terdiri dari berbagai model yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, seperti model gelombang ataupun rata.

Selain itu, terdapat pula sederet kelebihan kanopi fiber, seperti antibising, antibocor, antikarat, serta mempunyai bobot yang jauh lebih ringan ketimbang material kaca. Dengan demikian kanopi fiber ini jauh lebih aman dan memudahkan dalam proses instalasi.

Tambah Kesejukan Rumah dengan Kanopi Tanaman Rambat

kanopi teras rumah dengan tanaman rambat warna merahcalameo

Untuk kamu yang sering memanfaatkan area teras untuk bersantai, kamu juga dapat berkreasi dengan menambahkan tanaman rambat pada kanopi. Apapun material kanopi yang digunakan, kamu bisa memasangkan berbagai jenis tanaman rambat, seperti Melati Irian, Wisteria, Air Mata Pengantin, Mandivella, Petrea, hingga tanaman Dollar pada bagian atas kanopi. Dengan menggunakan kanopi tanaman rambat ini, tentu saja teras rumahmu jadi lebih asri, sejuk, dan sehat.

Keenam model kanopi di atas bisa kamu aplikasikan di teras rumah sebagai pelindung terhadap cuaca, penambah unsur dekoratif, serta memberikan fungsi ekstra pada bagian depan rumah. Dari keenam desain kanopi tersebut, model manakah yang paling kamu suka?

Setelah memilih model kanopi, sekarang saatnya kamu memilih furnitur yang tepat untuk bagian dalam rumahmu! Tidak perlu bingung karena kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma yang jual meja kantor, lemari, kasur busa, kursi malas, hingga rak tv minimalis.

Nah, kalau kamu sedang mencari kasur untuk kamar tidurmu, Dekoruma jual King Koil, Guhdo, Dunlopillo, dan kasur Serta, empat merek kasur ternama dengan pilihan material yang beragam. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

Leave a Reply