Bikin Pangling! Intip 5 Desain Dapur Kecil Tapi Rapi dan Mewah

Inspirasi Dapur Kecil Tapi Rapi yang Cantik dan Gampang Ditiru

Belum apa-apa, sebagian orang langsung merasa minder ketika memiliki dapur kecil. Hal ini dikarenakan dapur yang kecil lekat dengan image yang sempit, berantakan, dan tampilan apa adanya. Padahal, mereka bisa memiliki dapur kecil tapi rapi, bahkan terlihat mewah apabila ditata dengan tepat.

Di samping itu, dapur kecil tapi rapi dapat memberikan kenyamanan, kebersihan, dan keamanan tersendiri bagi penggunanya. Apakah kamu termasuk orang yang skeptis dengan dapur kecil? Lebih baik simak dulu inspirasi desain dapur kecil yang rapi, mewah, dan bikin pangling dari Kania di bawah ini!

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Space-saving dengan Meja Multifungsi

desain dapur kecil tapi rapi dengan meja multifungsidekoruma.com

Salah satu kunci untuk memiliki dapur kecil tapi rapi adalah menggunakan furnitur multifungsi. Pada inspirasi di atas, ada meja multifungsi yang dapat didorong ke bagian dalam layaknya laci ketika tidak digunakan. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai meja makan ataupun kitchen island.

Dari segi interior, kabinet dapur memenuhi seluruh dinding dapur sehingga lebih spacesaving meskipun ada banyak peralatan yang perlu disimpan. Untuk menciptakan kesan mewah, pilih material marmer untuk menghiasi counter top dan backsplash pada dapur kecil. Material ini bisa diganti dengan keramik motif marmer yang harganya lebih terjangkau. Jangan lupa untuk memasang lampu gantung supaya dapur lebih terang dan terkesan profesional.

Dapur Kecil Tapi Rapi Bentuk Letter L Dekat Jendela

desain dapur kecil tapi rapi bentuk letter Ldekoruma.com

Dapur letter L sangat pas diaplikasikan pada dapur yang berada di koridor hunian. Pemiliknya memiliki ruang gerak yang lebih leluasa. Kamu juga dapat memisahkan area kompor dan area mencuci dengan adil.

Dinding atas dimanfaatkan untuk kabinet gantung sehingga peralatan masak tertata rapi. Desain dapur kecil tapi rapi ini dibuat menghadap ke jendela berukuran besar. Dengan demikian, sirkulasi udara dan sinar lebih lancar sehingga dapur bebas lembap dan bau. Selain itu, jendela memberikan efek seakan dapur kecil ini berukuran luas.

Dapur Kecil Tapi Rapi ala Industrial Modern

dapur kecil tapi rapi dengan gaya industrial moderndekoruma.com

Konsep interior industrial modern tidak selamanya membutuhkan ruang yang besar. Coba terapkan beberapa elemen kunci pada dapur kecilmu. Dari segi warna, biarkan abu-abu tua dan hitam mendominasinya. Abu-abu tua mewakili material semen dan stainless steel yang biasa digunakan pada interior industrial. Lalu, padukan dengan material kayu berwarna natural untuk kesan yang lebih kekinian.

Kitchen set letter U pada dapur kecil ini terlihat begitu lapang berkat penggunaan rak ambalan yang terbuka. Rak tersebut digunakan untuk wadah bumbu dan bahan makanan yang sering dipakai. Alat masak berukuran besar disimpan di kabinet dapur untuk menghindari kesan sumpek dan berantakan.

Beberapa perangkat elektronik yang sekiranya tidak serasi dengan interior, dapat disembunyikan di balik lemari khusus. Apakah kamu sadar kalau ada dispenser di dapur ini?

Heim Studio KOZU Kabinet Dapur Serbaguna

Heim Studio KOZU Kabinet Dapur Serbaguna

Jika sewaktu-waktu butuh rak tambahan, gunakan kabinet Kozu dari Heim Studio yang didesain ala industrial modern dan minimalis juga. Materialnya dikombinasikan antara papan kayu particle board dan besi hitam. Bentuknya tinggi ramping sehingga tidak makan tempat.

Dapur Imut Nan Praktis

inspirasi desain dapur kecil tapi rapi di area apartemendekoruma.com

Dapur kecil tapi rapi juga bisa disesuaikan dengan kondisi hunian. Unit apartemen studio memiliki kriteria lahan terbatas yang biasanya hanya dihuni 1-2 orang. Oleh karena itu, dapurnya cukup dibuat sederhana berbentuk garis lurus atau letter I.

Meski berada di sudut unit apartemen, dapur kecil tapi rapi ini nyaman untuk meletakkan beragam alat masak. Seluruh bidang dinding diisi dengan kabinet, bahkan kamu bisa meletakkan microwave di kabinet atas. Di bagian sudut juga terdapat rak terbuka yang cukup luas untuk menata berbagai wadah bahan masak serta dekorasi. Agar terlihat mewah dan menyatu dengan ruangan lainnya, samakan warna kabinet atas dengan dinding dapur. 

Ekstra Kitchen Island Makin Mewah

desain dapur kecil tapi rapi dengan kitchen islanddekoruma.com

Cara termudah untuk membuat dapur kecil tapi rapi adalah menyembunyikan semua barang di balik kabinet. Trik ini juga berlaku untuk peralatan elektronik dapur berukuran besar seperti dispenser dan lemari es. Kedua peralatan elektronik ini dibingkai dengan rak kayu yang senada dengan kabinet bahkan kitchen island.

Meskipun dapur kecil yang rapi ini sudah cukup terang dengan sinar matahari, kamu tetap wajib menambahkan penerangan. Dengan begitu, masak di malam hari tetap nyaman dan dapur jadi kelihatan mewah. Misalnya dengan menggantungkan lampu di atas kitchen island atau pakai indirect lighting dari balik ambalan.

Pangling, ‘kan? Nah, kamu juga bisa, lho menghadirkan dapur kecil tapi rapi seperti inspirasi tadi di hunian sendiri! Tentunya harus dibarengi juga dengan penggunaan produk-produk multifungsi dan spacesaving supaya makin efisien. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan juga untuk memakai jasa desain interior, seperti yang ditawarkan Dekoruma.

Tim Dekoruma Desain Interior pun siap melayani untuk di berbagai daerah, mulai dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya. Selamat mewujudkan dapur kecil impianmu!

Leave a Reply