Pondok Indah, Kawasan Elit dengan Fasilitas Berkelas

Pondok Indah

Pondok Indah merupakan sebuah wilayah hunian elit yang berada di Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pada zaman dulu, wilayah ini hanyalah lahan pertanian yang terdiri atas persawahan, perkebunan karet, dan pertanian palawija. Luasnya mencapai 460 hektar. Wilayah ini pertama kali dibangun dan dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Pondok Indah Group yang berada di bawah naungan PT Metropolitan Kentjana Tbk.

Saat ini, wilayah Pondok Indah tidak hanya berisikan kompleks perumahan, tapi juga mall dan ruko. Infrastrukturnya juga semakin memadai, terutama untuk transportasi umumnya.

Kelebihan 

Hunian di wilayah ini terkenal memiliki harga yang mahal. Namun, peminatnya tetap banyak. Beberapa faktor yang melatarbelakanginya adalah kenyamanan dan privasi tinggi bagi para penghuninya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat kalangan atas seperti artis, pejabat, dan pebisnis.

Pondok Indah dikatakan wilayah elit bukan hanya karena harga rumahnya yang mahal atau kalangan yang menghuninya. Melainkan juga karena desain-desain rumah di kawasan ini umumnya memang begitu megah dan besar. Desainnya bergaya Eropa dengan langit-langit tinggi, pilar besar, dan fasad yang artistik.

Ruang dan drainase wilayah ini juga ditata dengan baik. Dengan demikian, suasananya asri dan minim risiko banjir meski terjadi hujan lebat. Kelebihan yang satu ini pastinya dibutuhkan oleh semua masyarakat Indonesia.

Tren Harga Properti di Pondok Indah

Nilai investasi properti di Pondok Indah terpantau meningkat setiap tahunnya meskipun tidak setinggi area lainnya di Jakarta Selatan yang memiliki pasar kelas menengah ke atas. Selain masalah perbedaan target pasar, kenaikan harga yang sedikit ini dipengaruhi oleh situasi pandemi. Pada tahun 2021 sendiri, wilayah ini menduduki peringkat kelima wilayah hunian yang dicari di Jakarta Selatan.

Harga properti di kawasan ini, khususnya rumah baru, sangat mustahil berada di angka ratusan juta rupiah. Saat ini, tercatat harga rumah yang paling murah dibanderol sekitar Rp 5,4 miliar dan tertinggi Rp 59 miliar. Sementara itu, harga tanah dimulai dari Rp 40 juta per meter persegi.

Selain rumah, wilayah ini juga diramaikan dengan apartemen yang tidak kalah mewahnya. Unit apartemen yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari tipe 1 kamar tidur hingga 6 kamar tidur. Desain interiornya bervariasi, seperti mewah minimalis atau mewah klasik. Harga apartemen di kawasan ini hampir menyaingi harga rumah di wilayah Jakarta lainnya, yakni mulai dari Rp 600 juta hingga Rp 20 miliar.

bangunan Pondok Indah Mall (PIM) di Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta SelatanSumber gambar: pondokindah.id

Fasilitas Umum 

Di wilayah seluas 460 hektar, warga bisa menikmati fasilitas umum yang lengkap dan berkelas. Rumah sakit yang tersedia di kawasan ini adalah Rumah Sakit Pondok Indah.

Sekolah di wilayah ini pun didominasi oleh sekolah swasta dan internasional. Di antaranya adalah Jakarta International School, BPK Penabur Tirta Martha, Don Bosco by Ciputra, dan Raffles Christian School. Opsi lainnya berada di area Kebayoran Lama seperti SMAN 29 Jakarta, SMAN 47 Jakarta, SMAS Bina Nusantara, dan SMAS Lentera Indonesia.

Untuk urusan kebutuhan gaya hidup, ada mall kebanggaan warga yaitu Pondok Indah Mall (PIM). Mall ini terbagi atas PIM 1, PIM 2, dan PIM 3. Tenant yang meramaikan mall ini datang dengan variasi produk, mulai dari fashion, kuliner, kesehatan, elektronik, dan masih banyak lagi.

Infrastruktur 

Infrastruktur di kawasan ini terdiri dari jalan tol, MRT, TransJakarta, dan commuter line. Jalan tol yang dapat diakses oleh warga adalah Tol JORR dengan pintu keluar di Gerbang Tol Pondok Pinang atau Gerbang Tol Ciputat.

Meski tergolong dalam kawasan elit, bukan berarti kawasan ini tidak ramah pengunjung dari berbagai kalangan. Ini terbukti dengan kehadiran sarana transportasi umum berupa MRT dan TransJakarta. Untuk berkunjung ke Pondok Indah, warga bisa naik MRT hingga Stasiun Lebak Bulus Grab, lalu melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 15 menit ke Pondok Indah. 

Bagi yang menggunakan TransJakarta, naiklah bus yang mengarah ke Lebak Bulus. Kemudian, turun di Halte Pondok Indah 2. Dari halte ini, Anda bisa langsung masuk ke Pondok Indah Mall melalui Skywalk lantai 1.

Jika naik commuter line, pastikan untuk naik rute Bogor, lalu turun di Stasiun Tanjung Barat. Bisa juga menaiki commuter line rute Rangkasbitung dan turun di Stasiun Kebayoran.

Prospek Properti di Pondok Indah

Pasar properti mewah di tanah air, termasuk di wilayah ini, tidak mengalami peningkatan penjualan yang fantastis. Selain karena pandemi, hal ini disebabkan oleh target pasar yang terbatas.

Alih-alih membeli hunian di Pondok Indah untuk investasi, akan lebih baik jika membelinya untuk dihuni dalam jangka panjang bersama keluarga tercinta. Beberapa pertimbangan yang dapat diambil adalah kenyamanan, privasi, kemudahan akses, infrastruktur yang lengkap, fasilitas umum yang memadai, dan nilai prestisiusnya.

Leave a Reply