Pamulang Barat, Kawasan di Tangsel dengan Prospek Cerah

Pamulang Barat

Pamulang Barat merupakan sebuah kelurahan yang posisinya ada di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Wilayah ini memiliki penduduk sebanyak 50,290 jiwa. Wilayah ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Pamulang yang awalnya bernama Desa Pamulang Barat.

Seiring berjalannya waktu, wilayah ini menjadi lokasi pembangunan hunian. Alhasil, wilayah ini ramai dengan warga yang bertempat tinggal. Status Pamulang Barat berubah dari desa menjadi kelurahan lantaran sudah semakin maju dan menyerupai sebuah kota.

Warga yang tinggal di sini pun didominasi pendatang, terutama para pekerja di Jakarta. Kawasan ini juga pernah menjadi lokasi kantor Walikota Tangerang Selatan. Hingga saat ini Pamulang Barat masih menjadi opsi wilayah dari sejumlah pencari hunian. Wajar saja kalau pada akhirnya para developer berlomba-lomba membangun kompleks perumahan dan juga apartemen di kawasan ini.

Kelebihan 

Pamulang Barat berada di bagian tengah Kecamatan Pamulang. Wilayah ini berbatasan langsung dengan 4 kelurahan lainnya, yaitu Pamulang Timur, Pondok Benda, Benda Baru, dan Bambu Apus.

Jika dilihat secara umum, wilayah ini sangat strategis karena memiliki banyak akses menuju Jakarta, Depok, dan Bogor. Lokasinya yang strategis inilah yang menjadi nilai plus dari kawasan ini.

Tren Harga Properti di Pamulang Barat

Tren harga properti di Pamulang Barat cenderung naik setiap tahunnya, mengikuti standar dari kecamatan Pamulang. Harga properti di wilayah ini sendiri bervariasi.

Untuk rumah baru misalnya, ada unit yang dijual mulai dari harga Rp 700 juta-an hingga Rp 1,9 miliar. Dengan rentang harga yang bervariasi ini, target pasarnya pun menjadi lebih luas, yakni masyarakat kelas menengah dan atas. 

Begitu pula dengan desain dan fasilitas kompleks perumahan yang ditawarkan oleh developer. Mau yang minimalis modern tapi hemat energi, ada. Mau yang minimalis tapi sudah pakai fitur smarthome, juga ada.

Ada pula apartemen yang bisa jadi pilihan alternatif jika Anda ingin memiliki hunian di wilayah ini dalam waktu cepat. Pasalnya, lahan di Pamulang secara keseluruhan sudah padat penduduk.

gambar pemandangan kawasan Pamulang Barat dari kejauhanSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum 

Berada di tengah-tengah Kecamatan Pamulang, menjadikan warga Pamulang Barat mudah bepergian menuju ke sejumlah fasilitas umum. Rumah sakit yang tersedia di wilayah ini adalah RSIA R. P. Soeroso, RSIA Buah Hati Ciputat, RS Bhinneka Bakti Husada, RS Permata Pamulang, RSIA Vitalaya, RS Bersalin Permata Sarana Husada, dan RSUD Kota Tangerang Selatan.

Di wilayah yang berdekatan dengan kota Tangsel ini setidaknya terdapat 37 sekolah. Di antaranya adalah SD Bhakti Prima, SD Islam Al Hidayah, SD Kristen Ora et Labora, SDN Pamulang 01, SMP Djojoredjo, SMP Muhammadiyah 22, SMA Pelita Bangsa, SMK Arraisiyah, SMK Kesehatan Letris Indonesia 2, dan SMKS Sasmita Jaya 1.

Pamulang sendiri memiliki 2 pusat perbelanjaan, yaitu Pamulang Square dan Living Plaza Pamulang. Jika ingin keluar dari wilayah ini, Anda bisa menuju kawasan Bintaro Exchange atau Mall Cinere.

Infrastruktur 

Infrastruktur di kawasan ini didukung dengan kehadiran jalan tol dan banyak pilihan transportasi umum. Saat ini, jalan tol yang paling diandalkan oleh warga Pamulang Barat untuk bepergian ke Jakarta dan sekitarnya adalah Tol JORR serta Tol Pamulang – Cinere.

Kehadiran tol ini juga mempermudah warga Pamulang Barat yang hendak menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemacetan terurai, jarak tempuh pun menjadi lebih pendek.

Selain itu, ada juga TransJakarta untuk membawa Anda ke wilayah Pamulang. Naiklah TransJakarta rute Ciputat, lalu turun di Halte Ciputat dan lanjutkan perjalanan ke Pamulang Barat dengan angkutan umum selama kurang lebih 11 menit.

Untuk yang lebih suka menggunakan commuter line untuk pulang-pergi kerja ke/dari Jakarta atau Bogor, ada stasiun commuter line Rawa Buntu dan Sudimara. Sedangkan untuk MRT, saat ini stasiun yang terdekat dengan Pamulang Barat adalah Stasiun Lebak Bulus Grab.

Prospek Properti di Pamulang Barat

Properti di daerah ini memiliki prospek cerah ke depannya. Harganya dipastikan naik secara signifikan bukan hanya karena peminatnya yang banyak, tapi juga karena ada pengembangan infrastruktur yang lebih baik. Salah satunya adalah proyek MRT yang akan melewati Pamulang. 

Berdasarkan rencananya, jalur MRT ini akan terhubung dengan Stasiun Lebak Bulus Grab hingga ke Pondok Cabe. Beberapa sumber mengatakan bahwa pembangunan jalur MRT ini akan ditunda hingga proyek MRT di Jakarta selesai. Namun, jika sudah terwujud, ini akan meningkatkan nilai investasi properti. Sambil menunggu, Anda bisa mulai menabung dan memilih lokasi hunian.

Ada pula rencana pemekaran Pamulang Barat akibat kondisi yang sudah padat penduduk. Pemekaran ini nantinya akan membuat warga lebih nyaman dan lokasinya bebas banjir.

Leave a Reply