8 Cara Praktis Menciptakan Rumah Sehat Untuk Lindungi Keluarga

Tips dan Trik Membuat Rumah Sehat yang Aman dan Nyaman

Rumah sehat dimulai dari rumah yang bersih. Akan tetapi, karena banyaknya pekerjaan yang membuat sibuk, tak jarang urusan kebersihan rumah menjadi kurang terkendali. Sering rumah pun menjadi tidak terurus, kotor, dan tentunya hal ini tidak sehat untuk kamu dan keluarga. Ataupun, mungkin kita suka membersihkan rumah, tapi apakah rumah sudah benar-benar bebas dari kuman dan bakteri maupun virus? Jika sudah begini, bisa-bisa hunianmu tidak lagi menjadi rumah sehat yang kamu dambakan. 

Solusinya, tentu kamu harus mulai berbenah dan membersihkan rumah kembali agar tercipta rumah sehat yang nyaman untuk dihuni. Sebenarnya, menciptakan rumah sehat yang bersih dan bebas dari kuman tidak sulit, kok. Coba, deh ikuti beberapa cara praktis menciptakan rumah sehat dari Kania di bawah ini! Kamu dan keluarga pun akan merasa lebih terlindungi karena rumah senantiasa bersih tanpa perlu cara yang terlalu ribet.

Gunakan Kemoceng dan Kain Lap Untuk Bersihkan Debu

seorang perempuan membersihkan rak dengan kemoceng untuk menciptakan rumah sehatshutterstock.com

Menciptakan rumah sehat bisa kamu mulai dengan membersihkan berbagai perabotan rumah dari debu. Jangan hanya mengandalkan kemoceng untuk menyingkirkan debu-debu tersebut. Guna menciptakan rumah sehat yang bersih, selalu sediakan kain lap basah untuk mengelap debu yang menempel pada perabotan rumah.

Pasalnya, tak jarang pemakaian kemoceng saja masih menyisakan beberapa titik debu. Namun, untuk sudut-sudut tertentu, penggunaan kemoceng akan lebih memudahkanmu untuk menjangkau debu dan menyingkirkannya. Setelah itu, tetap lap bagian di sekitarnya dengan kain lap yang agak basah untuk mengangkat debu secara keseluruhan. 

Tentu tak hanya sampai di situ saja karena bisa jadi di permukaan yang sudah dibersihkan tadi masih terdapat kuman dan bakteri yang tak bisa disingkirkan hanya dengan menggunakan kemoceng dan lap. Maka dari itu, pastikan kamu juga menyemprotkan disinfektan yang dapat membunuh kuman, bakteri, bahkan virus sekaligus agar lebih yakin kebersihannya.

Sapu dan Pel Lantai Setiap Hari

seseorang sedang menyapu lantai sebagai upaya menciptakan rumah sehatshutterstock.com

Idealnya, untuk menciptakan rumah sehat, kamu harus menyempatkan waktu menyapu dan mengepel seluruh penjuru rumah setiap hari. Tujuannya tentu untuk meminimalisir debu dan kuman sehingga kamu dan keluarga bebas beraktivitas di area lantai.

Menyapu dan mengepel lantai rumah tiap hari juga bisa meminimalkan terjadinya infeksi virus dan bakteri bagi keluarga apabila cairan yang digunakan adalah cairan antiseptik. Ini karena salah satu bagian paling kotor dari rumah tidak lain adalah lantai. Jadi, kalau mau menciptakan rumah sehat, mulailah bersihkan lantai setiap hari.

Gunakan Vacuum Cleaner Otomatis

seseorang mengatur vacuum cleaner otomatis untuk menciptakan rumah sehatshutterstock.com

Kesibukanmu mungkin membuat kegiatan menyapu dan mengepel terasa memakan waktu. Salah satu solusinya, kamu bisa membeli vacuum cleaner otomatis untuk membersihkan lantai rumahmu. Mesin vacuum otomatis juga dapat menjangkau sudut-sudut rumah yang mungkin sulit kamu raih dengan cara pembersihan manual. Dengan demikian, rumah bakal jadi makin bersih dari debu, ‘kan?

Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

seseorang membuang sampah ke tempatnya sebagai upaya menciptakan rumah sehatshutterstock.com

Tumpukan sampah di rumah adalah sumber kuman, bakteri, dan virus yang tidak terhingga. Sebisa mungkin, jangan biarkan sampah menumpuk di dalam rumah. Kamu tak akan pernah bisa mendapati rumah sehat kalau masih suka membuang sampah tidak pada tempatnya, misalnya membiarkan tisu yang bekas dipakai di atas meja atau sampah dapur yang dibiarkan berhari-hari. 

Maka dari itu, sebaiknya kamu membuang sampah pada tempatnya dan keluarkanlah sampah yang sudah penuh ke bak sampah di luar rumah untuk kemudian diangkut oleh orang-orang yang bertugas. Lagipula, tidak terlalu sulit dan memakan waktu, kok untuk membuang sampah secara benar dan teratur. Dengan membangun kebiasaan baik ini, rumah sehat pun dapat tercapai!

Cuci Karpet Secara Rutin

ide desain interior ruang tamu untuk rumah sehatdekoruma.com

Kamu termasuk orang yang jarang mencuci karpet? Karpet yang ada di rumahmu mungkin masih kelihatan bersih dan bagus, tapi kalau kamu jarang mencucinya, bukan tidak mungkin kalau karpet tersebut menjadi sarang kuman dan bakteri yang mengancam kesehatan keluarga. Pasalnya, karpet menjadi area yang paling mudah tertempel debu, kuman, dan bakteri karena sering diinjak ataupun diduduki.

Jangan sampai kamu gagal menghadirkan rumah sehat bagi keluarga hanya karena membiarkan karpet kotor tetap tergelar. Kalaupun kamu tidak sempat mencuci karpet atau karena terasa melelahkan, kamu bisa menyemprotkannya dengan semprotan disinfektan, bukan?

Jadwalkan Waktu Ganti Sprei

desain interior kamar tidur rumah sehatdekoruma.com

Sprei juga bagian penting untuk rumah sehat, lho! Apalagi kamu dan keluarga tidur di atasnya setiap hari, bukan? Oleh karena itu, biasakan untuk mengganti sprei secara rutin, setidaknya setiap minggu untuk menjaga kebersihan area tidurmu. 

Bagaimanapun, rumah sehat juga dimulai dari area tidur yang nyaman dan bebas dari berbagai kuman penyakit. Makin sering mengganti sprei dan membersihkan kamar tidur, tentu saja membuat area tidurmu makin bersih, bukan? Kualitas tidur pun dapat meningkat!

AC Wajib Dibersihkan Secara Berkala

ilustrasi penggunaan AC untuk rumah sehatshutterstock.com

Kalau di rumahmu memasang air conditioner (AC), jangan lupa untuk membersihkannya pula secara rutin. Ini karena AC sangat berpengaruh pada kualitas udara di dalam hunian. Rumah sehat tentu saja yang kualitas udaranya bersih, bukan? 

Dengan membersihkan AC secara berkala, setidaknya 3 bulan sekali, kamu bisa mencegah kuman, debu, virus, dan serangga kecil bersarang di pendingin udara tersebut. Kualitas udara di dalam rumah pun akan jadi lebih baik! 

Semprotkan Disinfektan

Dettol Disinfectant Spray - Morning Dew 225ml untuk menciptakan rumah sehatdettol.co.id

Setelah membersihkan rumah secara maksimal sampai ke tiap sudutnya, jangan lupa semprotkan disinfektan untuk memastikan area rumah benar-benar bersih. Disinfektan dapat di semprotkan sesudah rumah dibersihkan karena bebas debu, belum tentu bebas kuman dan bakteri. 

Pastikan kamu memilih disinfektan yang ampuh membunuh kuman, bakteri, serta virus secara menyeluruh, seperti Dettol Disinfectant Spray untuk menciptakan rumah sehat yang aman dan nyaman.

Dettol Disinfectant Spray yang praktis digunakan ini telah teruji efektif membunuh 99.9% kuman, bakteri, dan virus, bahkan harumnya juga membuat udara jadi lebih segar. Memakai Dettol Disinfectant Spray tentu akan memudahkan kamu dalam menciptakan rumah sehat karena dengan satu semprotan saja kuman dan virus akan pergi. Yang tak kalah penting, Dettol Disinfectant Spray juga dapat menjangkau area atau sudut-sudut rumah yang selama ini sulit dibersihkan.

Selain itu, Dettol Disinfectant Spray juga memberikan kemudahan dan kepraktisan lain, yaitu kamu tidak perlu repot mengelap permukaan yang telah disemprot Dettol Disinfectant Spray. Tinggal tunggu saja beberapa detik sampai permukaan benda mengering.Jadi, pekerjaan rumahmu nggak bertambah, bukan?

Dettol Disinfectant Spray bisa kamu gunakan untuk menyemprot berbagai area rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, kamar tidur, dapur, hingga ruang makan. Selain itu, bisa juga disemprotkan ke berbagai benda, seperti sofa, tempat tidur, kursi, meja, karpet, jaket, mainan anak, dudukan toilet, tempat sampah, air conditioner, helm, interior mobil, sampai pintu dan jendela. Namun, hindari penyemprotan disinfektan ini ke peralatan makan, kayu yang dipoles, atau nyala api, ya!

Dengan adanya Dettol Disinfectant Spray, upaya kamu dalam menciptakan rumah sehat terasa lebih mudah, ‘kan? Yuk, semangat bersih-bersih hunian dan ciptakan rumah sehat secara praktis dengan Dettol Disinfectant Spray!

Leave a Reply