6 Cara Merawat Bunga Kupu Kupu, Si Ungu yang Mewah dan Eksotis

Tips dan Trik Merawat Bunga Kupu Kupu agar Tumbuh Subur

Lagi ingin menambah koleksi tanaman hias yang cantik untuk hunianmu? Bagaimana kalau kamu memilih bunga kupu kupu? Dijamin adanya tanaman hias yang satu ini bisa membuat suasana rumahmu terasa lebih mewah!

Bunga kupu kupu memiliki warna rona ungu yang kuat sehingga bisa menampilkan kesan mewah yang nggak berlebihan. Bunga yang kerap disebut sebagai purple shamrocks ini memiliki bentuk kelopak agak segitiga dan menyerupai sayap kupu kupu yang sedang mengepak. Karena alasan tersebutlah, tanaman ini lebih populer dikenal sebagai bunga kupu kupu di Indonesia.

Untuk asal muasalnya, bunga kupu kupu berasal dari Amerika Selatan. Akan tetapi, saat ini sudah mudah dijumpai pula di Indonesia. Banyak orang senang memajang bunga kupu kupu di rumah karena nggak cuma cantik dan unik, tapi perawatannya juga nggak terlalu ribet. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membagikan cara merawat bunga kupu kupu agar ia dapat tumbuh subur. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Taruh di Tempat Sejuk

bunga kupu kupu di dalam pot silvertigerlilyspembrokedock.co.uk

Aslinya, tanaman bunga kupu kupu berasal dari wilayah yang sejuk. Tanaman ini bisa gampang layu karena terpapar banyak sinar matahari jika ditaruh di kawasan tropis seperti Indonesia. Jadi, lebih baik kamu menjadikan bunga kupu kupu sebagai tanaman hias indoor.

Namun, jangan lupa pula untuk mengatur suhu ruangan supaya bunga kupu kupu dapat tumbuh dan mekar dengan baik. Suhu ideal untuk tanaman hias ini sebaiknya berkisar di antara 15—24 derajat Celsius.

Pastikan Tetap Kena Cahaya

tanaman bunga kupu kupu di area jendela rumahsmartgardenguide.com

Pemilihan tempat menaruh bunga kupu kupu di dalam ruangan juga sangat menentukan pertumbuhan tanaman ini. Kalau mau tumbuh subur dan sehat, taruh pot bunga kupu kupu di ruangan yang dekat jendela. Soalnya, tanaman yang satu ini membutuhkan cahaya alami yang melimpah supaya pertumbuhannya maksimal.

Hanya saja, limpahan cahaya tersebut sebaiknya tidak terkena langsung karena daun bunga kupu kupu sangat sensitif.  Menaruhnya pas di dekat jendela adalah solusi terbaik supaya tanaman ini dapat cahaya maksimal, tapi tidak terpapar langsung. Jika di jendela rumah kamu tidak ada nook atau tempat untuk meletakkan pot bunga kupu kupu tersebut, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan rak tambahan di dekat jendela.

Ubah Posisi Secara Rutin

bunga kupu kupu di dalam pot tanah liatstandard.co.uk

Kebanyakan orang biasanya membiarkan pot tanaman dalam posisi yang sama untuk jangka waktu yang panjang. Namun, kalau kamu memilih menanam bunga kupu kupu, hentikan kebiasaan tersebut! Kamu harus rutin mengubah posisi pot tempat menaruh tanaman hias ini.

Pengubahan posisi secara rutin ini untuk memastikan asupan cahaya alami yang didapatkan tanaman terjadi secara merata. Jadi, pertumbuhannya nggak berat sebelah. Pasti kamu nggak mau, ‘kan kalau salah satu sisi tanaman bunga kupu kupu tumbuh subur, tapi di satu sisi lainnya terlihat gersang?

Jangan Terlalu Sering Menyiram

seseorang sedang menyiram bagian bawah pot tanaman bunga kupu kuputreehugger.com

Mungkin kamu menganggap menyiram bunga kupu kupu tiap hari bisa membuatnya tumbuh lebih subur. Namun, anggapan itu salah besar. Terlalu sering menyiram bunga kupu kupu justru bisa membuat akarnya gampang membusuk sehingga tanaman milikmu gampang mati. Selain kamu kehilangan bunga yang cantik, beberapa orang percaya bahwa tanaman yang sudah mati pun bisa menjadi tanaman pembawa sial.

Idealnya, kamu cukup menyiram tanaman bunga kupu kupu 2—3 kali dalam seminggu. Bahkan, pada musim hujan, kamu bisa lebih jarang untuk menyiram tanaman hias yang unik ini. Di samping itu, pastikan juga kamu menggunakan alat penyiram tanaman yang tepat supaya jumlah air yang diberikan tidak kelebihan.

Memberikan Pupuk? Boleh Banget!

tanaman bunga kupu kupu di dalam pot berisi tanahsmartgardenguide.com

Bunga kupu kupu memang tanaman yang bisa tumbuh subur hanya dengan teknik penyiraman yang tepat. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa memberi pupuk untuk tanaman ini, lho! Memberi pupuk pada tanaman bunga kupu kupu bisa membuatnya makin tumbuh subur dan terlihat cantik.

Kamu bisa memberikan pupuk padat ataupun pupuk organik cair ke jenis tanaman ini. Nggak perlu terlalu sering, kamu cukup memberikan pupuk 2—4 bulan sekali.  

Pakai Pot yang Dalam untuk Wadahnya

bunga kupu kupu yang tumbuh lebat di dalam pot warna cokelatflorgeous.com

Ini dia cara perawatan bunga kupu kupu yang sering diabaikan banyak orang, yaitu memilih pot yang tepat! Kebanyakan orang awam menanam bunga kupu kupu dengan menggunakan pot secara asal. Tak jarang akhirnya tanaman hias tersebut ditaruh di pot yang kedalamannya dangkal.

Pemakaian pot dangkal bisa merusak bunga kupu kupu karena tanaman ini membutuhkan banyak nutrisi tanah. Pot yang dangkal membuat jumlah tanah untuk menanam menjadi sedikit sehingga bunga pun menjadi tidak tumbuh maksimal karena nutrisinya terbatas. Jadi, pilihlah pot yang cukup dalam untuk menanam bunga kupu kupu.

Satu hal lagi yang nggak kalah penting adalah model pot. Bunga kupu kupu merupakan tanaman yang memiliki bentuk indah nan unik. Oleh karena itu, kamu juga harus imbangi dengan menggunakan pot yang cantik. Selain itu, pilih juga pot yang warnanya kontras dengan warna daun bunga kupu kupu, misalnya putih atau cokelat supaya nantinya tanaman hias ini tampil paling menonjol.

Tertarik menanam bunga kupu kupu di rumah? Semoga informasi dari Kania ini bermanfaat untukmu, ya! Oh ya, untuk urusan pot yang cocok untuk jenis bunga ini, kamu bisa mencari berbagai pilihan menariknya di Dekoruma, lho!

Selain pot, Dekoruma juga jual beragam jenis furnitur yang space-saving dan multifungsi untuk hunianmu. Kamu bisa menemukan meja tamu, rak display, lemari pakaianbean bag & kursi lesehan, nakas, kasur, hingga tempat tidur.

Kamu lagi cari rak serbaguna yang praktis untuk menyimpan aneka barang? Dekoruma juga jual Ninebox, yaitu merek rak penyimpanan favorit yang sangat efisien dan hemat tempat. Yuk, lengkapi semua keperluan rumahmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply