10 Cara Mengusir Lalat di Rumah, Ampuh Gak Pakai Ribet!

Trik Mudah Untuk Usir Lalat dari Rumah

Kedatangan lalat di rumah merupakan pertanda rumah kotor. Selain sangat mengganggu, lalat yang berkeliaran membuat rumah tampak tak terawat. Lebih parah lagi, lalat pun bisa mendistribusikan kuman saat hinggap di makanan, minuman ataupun peralatan rumah tangga lainnya sehingga menjadi sumber penyakit. Mencari cara mengusir lalat pun perlu dilakukan demi menjaga kesehatan keluarga.

Selain membersihkan rumah agar tetap terawat dan tidak mengundang lalat, Kania akan membagikan tujuh cara mengusir lalat di rumah yang bisa kamu lakukan secara sederhana. Tanpa perlu ribet, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau di pasaran sebagai cara mengusir lalat yang ampuh.

1. Menaruh Irisan Daun Pandan

daun pandan dipotong menjadi kecilshutterstock.com

Selain dimanfaatkan untuk memasak, daun pandan juga bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat yang ampuh. Daun berwarna hijau, berbentuk panjang ini ternyata mempunyai aroma yang dibenci oleh lalat. Adapun, kamu bisa menyiapkan beberapa helai daun pandan, mengirisnya hingga halus, menyimpannya di wadah seperti mangkuk atau piring, kemudian simpan di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

2. Air Rendaman Cengkeh

kumpulan cengkeh di atas sendok kayushutterstock.com

Memiliki bau khas yang sangat tajam, aroma cengkeh juga sangat tidak disukai oleh lalat. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan merendam beberapa biji cengkeh pada air, lalu simpan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

3. Meletakkan Bunga Lavender di Rumah

bunga lavender kering dan segar di mangkuk dan sekop kayushutterstock.com

Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, bunga lavender juga bisa dipakai sebagai cara mengusir lalat. Adapun, caranya sangatlah sederhana, di mana kamu cukup menempatkan beberapa tangkai bunga lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Dijamin, cara mengusir lalat ini ampuh dan sekaligus mempercantik tampilan rumahmu!

4. Cuka Apel Sebagai Umpan Lalat

buah apel di samping pitcher dan mangkuk berisi cuka apelhealthline.com

Ampuh bagi kesehatan, cara mengusir lalat yang simpel ialah memanfaatkan cuka apel sebagai umpan. Siapkan botol bekas air mineral, gunting bagian tengahnya dan tuang cuka apel hingga separuh botol. Setelah itu, tutup botol mengunakan kertas yang telah dilubangi dan bisa dimasuki lalat. Secara efektif, cuka apel tersebut akan mengundang lalat untuk masuk ke dalam botol dan membuat lalat tersebut terendam di dalam cuka apel.

5. Menyalakan Lilin di Rumah

lilin menyala di atas nampan dan dalam toplesdekoruma.com

Cara mengusir lalat menggunakan lilin kerap dilakukan oleh rumah makan atau pun restoran karena panas dari lilin sangat ampuh mengusir lalat agar tak hinggap ke dalam makanan. Maka dari itu, kamu dapat menyalakan lilin di atas meja makan saat menyantap hidangan di rumah.

Selalu berhati-hatilah melakukan cara mengusir lalat yang ini dengan tidak meletakkannya secara berdekatan dengan benda yang mudah terbakar. Kamu bisa menggunakan jenis lilin apa pun untuk cara mengusir lalat ini.

6. Menabur Garam di Area Tertentu

tumpahan garam di meja kayuscienceblog.com

Tahukah kamu bahwa garam bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir lalat? Tinggal taburkan di area yang sering dihinggapi lalat, seperti area memasak di dapur, sekitar rak dapur atau di sekitar tempat sampah. Tak hanya ampuh mengusir lalat, garam juga bisa mengusir semut, lho!

7. Irisan Mentimun

irisan mentimunmedicalnewstoday.com

Selain sebagai lalapan, timun juga ampuh untuk mengusir lalat. Caranya mudah. Potong timun hingga menjadi beberapa lembar dan posisikan di tempat yang kerap dikunjungi lalat. Dijamin lalat mulai berkurang di rumah kamu!

8. Plastik Berisi Air

plastik berisi air untuk usir lalatyoutube.com

Cara mengusir lalat ini sering banget kita temui di warung-warung makan dan memang terbukti ampuh! Hal ini dikarenakan plastik air mampu menipu penglihatan lalat yang memiliki mata sebanyak 3.000-6.000. Mata lalat bisa jadi tidak fokus.

Isilah plastik dengan air secukupnya. Gantungkan di area yang kerap dihinggapi lalat, misalnya area meja makan atau dapur. Cara yang satu ini akan lebih terasa efeknya bila dilakukan di siang hari.

9. Gunakan Kapur Barus

kapur barusgoogle.com

Nggak hanya mengusir tikus dan kecoa, kapur barus juga berkhasiat mengusir lalat. Baunya yang menyengat tak disukai lalat, lho. Letakkan kapur barus di area yang sering dihinggapi lalat. Saran dari Kania, letakkan kapur barus di akses lalat masuk, misalnya pintu atau jendela. Dengan begitu, seolah kamu menolakkehadiran lalat di rumah dan dia akan langsung pergi.

10. Menyemprotkan Air Campuran Bumbu Dapur

cara mengusir lalat dengan menyemprot cairan dari botolvideoblock.com

Cara mengusir lalat terakhir adalah memanfaatkan campuran bumbu dapur seperti kayu manis, bubuk cabai, bawang putih, dan air. Haluskan semua bumbu dapur tersebut menggunakan blender, tuang air dan aduk hingga rata. Saring campuran air untuk menghilangkan sisa bahan yang dihaluskan, lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Setelah itu, kamu cukup melakukan cara mengusir lalat tersebut dengan menyemprotkan cairan ke lalat yang sedang mengurumuni makanan.

Selain cara mengusir lalat di atas, cara terbaik adalah dengan tidak mengundang lalat ke rumah. Kamu harus menjaga kebersihan di rumah secara rutin. Sediakan alat kebersihan lengkap, ya. Kalau kamu bingung beli di mana, Dekoruma jual alat kebersihan yang lengkap!

Pastikan juga kamu selalu menutup tong sampah, membersihkan saluran air, serta menyimpan bahan makanan dalam kotak makanan. Trik ini akan memaksimalkan cara mengusir lalat yang sudah kamu lakukan sebelumnya.  Selamat mencoba!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma! Tidak hanya artikel saja, Dekoruma juga jual furnitur, dekorasi, hingga peralatan masak untuk melengkapi kebutuhan rumahmu.

Nah, buat kamu yang sedang mencari hunian, kamu bisa kunjungi laman Dekoruma Properti. Ada banyak sekali pilihan rumah ataupun apartemen untuk kebutuhan tempat tinggalmu. Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Bekasi, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera wujudkan hunian impianmu dan ciptakan momen indah bersama keluarga!

Leave a Reply