5 Cara Mengatasi Wastafel Mampet yang Efektif Tanpa Bantuan Tukang

Ikuti Tips Mengatasi Wastafel Mampet 

Wastafel mampet adalah hal yang sangat menyebalkan dan bisa terjadi di hampir setiap rumah. Selain merepotkan, hal ini akan membuat kamu terkendala karena sulit menyelesaikan pekerjaan rumah. Itulah mengapa, cara mengatasi wastafel mampet yang efektif menjadi kata kunci yang dicari banyak orang.

Wastafel mampet umumnya disebabkan oleh beberapa hal. Adapun, salah satu masalah yang paling umum dikarenakan menumpuknya kotoran di saluran pembuangan. Jika kamu mengalami hal ini, kamu pun mungkin akan segera meminta bantuan tukang.

Di artikel ini, Kania akan membagikan cara mengatasi wastafel mampet yang efektif dan tentunya bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus lagi meminta bantuan tukang. Apa saja, sih, cara mengatasi saluran wastafel mampet yang bisa dilakukan?

★ Satu Aplikasi Untuk Wujudkan Rumah Impian ★

Dekoruma, aplikasi belanja online furnitur dan aksesoris rumah untuk ciptakan hunian yang nyaman dan estetik. Selain belanja online, kamu juga bisa mewujudkan inspirasi desain rumah impian, mulai dari desain interior, kitchen set, hingga jual beli rumah dan properti lainnya. Semua bisa kamu wujudkan hanya dari genggaman tangan melalui aplikasi Dekoruma!

Yuk, unduh aplikasi Dekoruma sekarang!

Gunakan Alat Penyedot Toilet

Cara Mengatasi Wastafel Mampet

pinterest.com

Tentunya kamu tak asing dengan alat penyedot toilet atau plunger. Alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan cara mengatasi saluran tempat cuci piring mampet, di mana kamu dapat mengisi wastafel dengan air hingga setengah penuh. Lalu gunakan alat penyedot toilet pada lubang wastafel untuk menyedot kotoran.

Nantinya, air akan meluap secara perlahan dan kotoran pun akan terbawa. Kamu bisa melakukan cara efektif yang satu ini dengan menggunakan alat penyedot toilet selama beberapa kali hingga wastafel sepenuhnya bersih dan tidak mampet.

Gunakan Air Panas dan Sabun Pencuci Piring

Gunakan Air Panas dan Sabun Pencuci Piring

pinterest.com

Kasus wastafel mampet umumnya disebabkan oleh minyak ataupun lemak yang menumpuk di saluran pembuangan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan cara mengatasi sink atau bak cuci piring yang mampet dengan memanfaatkan air panas dan sabun pencuci piring.

Silakan tuangkan campuran sabun pencuci piring dan air panas ke dalam saluran pembuangan air, lalu diamkan beberapa menit dan bilas. Sebaiknya, kamu melakukan cara mengatasi saluran wastafel yang mampet menggunakan air panas dan sabun pencuci piring secara rutin setidaknya satu minggu sekali.

Atasi Wastafel Mampet dengan Cuka

Atasi Wastafel Mampet dengan Cuka

hipwee.com

Kamu juga bisa melakukan cara mengatasi saluran wastafel menggunakan cuka. Caranya sangatlah mudah karena kamu cukup meneteskan cairan cuka pada saluran pembuangan pada wastafel lalu diamkan hingga 30 menit.

 Setelah itu, silakan siram saluran pembuangan pada wastafel menggunakan air panas dan gunakan juga alat penyedot toilet untuk menarik kotoran yang menyumbat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara mengatasi tempat pencucian piring yang mampet dengan mencampurkan cuka dan garam. Di mana kedua bahan ini sangatlah efektif untuk menghilangkan sumbatan pada wastafel.

Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Baking Soda dan Garam

Gunakan Campuran Baking Soda dan Garam

furniterus.com

Cara mengatasi saluran bak cuci piring atau sink yang mampet lainnya bisa dilakukan menggunakan bahan alami yakni memanfaatkan baking soda dan garam. Cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan secara mudah karena kamu cukup mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam segelas air.

 Setelah itu, silakan tuang cairan garam dan baking soda ke dalam wastafel yang tersumbat, lalu tinggi sekitar 4 jam dan bilas saluran wastafel menggunakan air yang mendidih.

Cara Mengatasi Wastafel Mampet dengan Manfaatkan Cairan Khusus 

Manfaatkan Cairan Khusus Pembersih Saluran Wastafel

kalmet.com

Cara mengatasi saluran wastafel yang terakhir adalah memanfaatkan produk pembersih khusus saluran wastafel yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Kamu bisa menuangkan cairan ke dalam saluran wastafel yang mampet, lalu diamkan beberapa menit dan siram dengan air panas.

 Cairan khusus pembersih saluran wastafel ini dibuat menggunakan bahan kimia yang efektif menghancurkan timbunan kotoran ataupun lemak yang menyangkut di dinding pipa. Selain itu, cairan ini pun sangat berguna untuk menghilangkan bau tak sedap yang terdapat di bagian dalam wastafel.

Inilah beberapa cara mengatasi wastafel mampet yang bisa kamu lakukan di rumah dan tentunya tak perlu lagi meminta bantuan tukang. Selain tips di atas, temukan juga berbagai informasi menarik lainnya hanya di Dekoruma!

Leave a Reply