10 Cara Mendaur Ulang Peralatan Dapur Lamamu

Peralatan dapurmu menumpuk di rumah? Wah, sepertinya bukan hanya kamu saja yang mengalaminya. Hampir semua orang di rumahnya memiliki peralatan dapur yang sudah tua dan sudah sangat jarang dipakai. Tapi tidak semua orang langsung membuangnya. Banyak juga yang terus menyimpan peralatan dapur lama mereka walau sudah usang.

Memang sulit rasanya membuang peralatan kesayangan yang sudah lama menemani kita, sekalipun mereka sudah termakan usia dan usang. Tapi, penyimpanan barang tidak terpakai secara terus menerus, lama kelamaan akan menumpuk dan memenuhi isi rumahmu. Percayalah, tidak akan lama sampai kamu merasa rumahmu mulai penuh dan menyesakkan!

Peralatan dapur lamamu tidak harus dibuang kok. Ada banyak cara kreatif yang dapat menyulap peralatan dapur lamamu menjadi sebuah inovasi baru yang cantik dan tetap fungsional. Yuk intip beberapa inspirasi yang Kania temukan!

Daur Ulang Peralatan Dapur #1 Parutan Keju Jadi Lampu Gantung Hias

Peralatan Dapur Parutan Keju Lampu Gantungpinterest.com

Ada banyak lampu gantung hias yang cantik dan menawan. Mulai dari desain lampu gantung dengan banyak kristal yang megah, sampai desain lampu gantung minimalis yang elegan. Tapi kamu pasti akan lebih terkesima dengan lampu gantung hasil daur ulang dari peralatan dapurmu ini!

Parutan keju lama di rumahmu tidak harus berakhir di tempat sampah. Dengan penambahan sentuhan kabel dan lampu pijar, peralatan dapurmu ini siap berubah fungsi menjadi lampu gantung hias yang unik. Bagian lubang-lubangnya bisa menjadi tempat cahaya akan keluar dan menerangi ruangan dengan temaram. Siap-siap untuk ditanya di mana bisa mendapatkannya ya!

#2 Wadah Saringan Jadi Wadah Penerangan Dapurmu

Peralatan Dapur Wadah Penerangan Dapurpinterest.com

Dulu peralatan dapur seperti wadah saringan sangat digemari yang berbahan dari besi. Tapi kini, peralatan dapur lebih banyak dicari yang terbuat dari bahan plastik. Alasannya tentu saja karena peralatan dapur berbahan plastik terbilang memiliki harga yang lebih terjangkau dan tidak akan menghitam oleh karat. Tapi peralatan dapur lamamu yang berbahan besi ini juga tidak perlu buru-buru dibuang loh.

Baca Juga: 2 Menit yang Menentukan Masa Depan Makan Malam Kamu!

Untuk area dapur yang sepi, kamu bisa menambahkan dekorasi unik dan menarik dari peralatan dapur lamamu ini! Caranya pun mudah. Sambungkanlah listrik di beberapa titik di dinding sebagai sumber pencahayaan. Lalu gunakan wadah saringan lamamu untuk menutupi sumber cahaya. Peralatan dapur lamamu ini akan mengurangi tingkat intensitas cahaya dari lampu dan membantu menciptakan nuansa romantis dan klasik di ruang dapurmu.

#3 Sendok Sup Jadi Wadah Lilin

Peralatan-Dapur-Sendok-Lilin-1709215954-1507463958737.jpgimages.pier1.com

Lilin merupakan sumber penerangan tambahan di rumah yang sangat dibutuhkan apalagi ketika mati lampu menyerang. Selain itu, cahaya temaram yang diberikan lilin dapat membantu kamu dalam membangun suasana hangat dan romantis di dalam ruangan.

Pilihlah tempat lilin yang tepat dan tidak mudah menyalurkan api ya. Nah, di sini kamu bisa menggunakan daur ulang peralatan dapur lamamu! Gunakan sendok sup yang sudah tua sebagai wadah dari  lilin. Peralatan dapur lamamu ini bisa menjadi dekorasi yang unik dan menarik, bukan?

#4 Garpu Jadi Gantungan Baju

Peralatan Dapur Hanger Sendoklumberjocks.com

Punya banyak peralatan dapur seperti garpu yang sudah usang dan tidak layak digunakan lagi? Jangan ragu untuk mendaur ulang peralatan dapurmu ini ya. Salah satu inspirasi daur ulang peralatan dapur yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah dengan menyulap peralatan makan garpu menjadi gantungan baju. Kamu tidak akan percaya betapa mudah membuatnya!

Peralatan Dapur Hanger Sendokboavidaonline.com.br

Kumpulkan peralatan dapur ini dan bengkokkan bagian ujungnya. Kamu bisa berkreasi dengan bagian gigi garpu dan membuat beragam bentuk yang lucu dan menarik. Setelah selesai, tempelkan gantungan baju hasil daur ulang peralatan dapurmu ini di dinding. Mudah, cepat, unik dan sangat menarik kan. Sudah siap membebaskan kreativitasmu dalam berkarya?

#5 Gilingan Adonan Jadi Gantungan Handuk

Peralatan Dapur Gilingan Adonan Tempat Handukpinterest.com

Kotor saat memasak rasanya sudah tidak mungkin untuk dihindari. Daripada menggunakan tisu, akan lebih baik kalau kamu membersihkan kotoran yang tertinggal di dapur dengan menggunakan lap atau handuk.

Kamu bisa menyulap salah satu peralatan dapurmu menjaid gantungan handuk loh, apa itu? Gilingan adonan lamamu! Tempelkan gilingan adonan lamamu di meja dapur atau di island table. Bentuk peralatan dapur seperti gilingan adonan yang unik bisa memberikan kesan vintage pada area dapurmu.

#6 Hiasan Meja Jadi Terrarium

Peralatan Dapur Terrariumpinterest.com

Saat ini menggunakan tanaman hias terrarium sudah menjadi tren yang cukup diminati masyarakat. Selain karena penampakannya yang manis, terrarium dapat membawa kesegaran hijau di rumahmu. Buat yang suka berkreasi, kamu bisa mendaur ulang peralatan dapurmu menjadi sebuah wadah terrarium loh.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Punya Terrarium Bisa Bikin Kamu Tambah Bahagia

Salah satu alat yang bisa kamu gunakan di sini adalah sebuah hiasan meja transparan. Cukup dengan membersihkannya dan mulai menyusun kebun terrariummu. Tampilan yang manis dan tidak kalah kan dengan terrarium yang dijual di luar sana. Hihihi.

#7 Parutan Keju Jadi Tempat Perhiasan

Peralatan Dapur Parutan Keju Tempat Perhiasanimages.britcdn.com

Tidak hanya menjadi satu hal, peralatan dapur di rumahmu bisa didaur ulang menjadi benda dengan kemampuan fungsional yang tidak kalah dari barang aslinya. Seperti peralatan dapur parutan keju. Di atas tadi, kita sudah membahas mengenai mendaur ulang parutan keju lama di rumahmu menjadi gantungan lampu hias yang unik.

Baca Juga: 11 Inspirasi Keren Lampu Hias Ruang Tamu Di Rumah

#8 Pengocok Adonan Jadi Wadah Lilin

Peralatan Dapur Kocokan Adonan Llilinhfurbanismo.com.br

Selain menggunakan sendok sup lamamu sebagai daur ulang wadah lilin, ada banyak peralatan dapur yang bisa kamu sulap jadi wadah lilin yang tidak kalah menarik, misalnya dengan pengocok adonan. Jangan ragu menggunakan peralatan dapurmu di rumah untuk menjadikannya wadah lilin seperti ini.

Selipkan lilin-lilin kecil ke dalam pengocok adonan dan gantung terbalik. Dekorasi pencahayaan yang manis yang siap menghangatkan suasana ruangan.

#9 Paduan Piring dan Cawan Jadi Stand Kue

Peralatan Dapur Piring Stand Kuepinterest.com

Waktu arisan di mana teman-teman banyak datang berkunjung, rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran camilan ringan, kan? Apalagi jika makanan ringan itu semua disajikan menggunakan stand alat saji kue yang cantik.

Bayangkan kalau kamu bisa membuat sendiri stan kue cantik itu dari mendaur ulang peralatan dapur di rumah? Pakai saja piring makan terbaikmu dan susun secara vertikal, sebuah stand kue cantik sudah bisa kamu miliki.

#10 Cetakan Kue Jadi Organizer Serbaguna

Peralatan Dapur Cetakan Kue Organizers.jeban.com

Siapa di sini yang selalu kesulitan mencari barang kecil di rumah ketika butuh? Kamu tidak sendiri. Di sinilah kamu membutuhkan organizer serbaguna sebagai tempat penyimpananmu. Bahkan kamu tidak perlu pergi membelinya. Daur ulang saja peralatan dapur lamamu, seperti si cetakan kue favorit. Semakin banyak lubang cetakan, maka semakin banyak jenis barang kecil yang bisa kamu simpan di dalamnya.

#11 Piring Dekoratif Jadi Hiasan Dinding

Peralatan Dapur Piring Dekoratif Dinding

media1.popsugar-assets.com

Para ibu di rumah biasanya memiliki hobi mengoleksi piring makan cantik di rumah. Bahkan di saat piring-piring itu tidak pernah digunakan. Biasanya piring-piring itu hanya berakhir dengan debu karena disimpan terlalu lama. Sekarang kamu bisa memberikan fungsi untuk peralatan dapurmu ini.

Gunakan koleksi piring di rumahmu sebagai dekorasi untuk dinding. Supaya nggak monoton, kamu dapat menambahkannya dengan variasi hiasan dinding. Pola yang dimiliki setiap piringmu bisa membawa warna tersendiri, apalagi pada ruang makan.

Baca Juga: 6 Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah di Rumah!

Itu dia beberapa inspirasi hasil daur ulang peralatan dapur di rumah. Pembuatannya mudah dan cepat. Apa kamu jadi tertarik mendaur ulang peralatan dapur di rumahmu?

Supaya tampilan dapur makin menarik, jangan lupa lengkapi juga dengan furnitur dan aneka perabotan yang dibutuhkan dari Dekoruma, ya! Dekoruma jual lemari dapur, meja, dan kursi bar dengan beragam ukuran serta model yang menarik.

Selain perabotan, Dekoruma juga menyediakan jasa pembuatan kitchen set, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply