6 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah dan Aman

Tips dan Trik untuk Memiliki Passive Income dengan Cara yang Aman

Biaya hidup kian meningkat dari tahun ke tahun. Mengandalkan pendapatan dari pekerjaan utama saja tidak akan cukup. Ada kalanya kita perlu mencari pendapatan sampingan supaya biaya hidup ini bisa terpenuhi semua. Namun, apa mungkin kita menjalankan dua pekerjaan sekaligus? Pastinya sangat menguras waktu dan tenaga, ya. Malahan salah satunya bisa jadi terbengkalai. Untungnya, saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan passive income atau pendapatan pasif.

Passive income ini pada dasarnya adalah pendapatan yang dihasilkan tanpa harus hadir di tempat kerja dan mengurusnya setiap saat. Dengan demikian kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan utama. Bagi kamu yang tertarik, simak 6 cara untuk mendapatkan passive income dengan mudah dan aman dari Kania berikut ini, ya!

Bisnis Kos-Kosan

gambar kamar sebagai ilustrasi passive income melalui bisnis kos-kosanunsplash.com

Punya rumah atau tanah yang tidak lagi dihuni? Ada baiknya direnovasi menjadi kos-kosan. Tata kamar kos dan sediakan fasilitas dengan baik supaya banyak yang berminat menyewa unit kos. Passive income pun akan hadir per bulannya.

Kamu tidak perlu setiap hari berkunjung ke kos-kosan karena kegiatan penyewa bisa dipantau menggunakan CCTV atau asisten rumah tangga. Sumber passive income ini cukup aman dan stabil. Namun, pastikan membuat surat perjanjian untuk mencegah kerugian akibat properti rusak serta memahami sekilas latar belakang calon penghuni.

Sewa Studio Foto Beserta Peralatan

cara mendapatkan passive income dengan menyewakan studio fotopixabay.com

Dunia fotografi kian marak diminati seiring berkembangnya tren online shop. Kamu bisa menyewakan sebuah studio foto yang lengkap beserta peralatan dan properti foto. Dapatkan passive income dari menyewakan studio dalam hitungan jam atau harian. Supaya bisnis ini tetap hidup, rajin ikuti tren terkait properti foto dan selera konsumen, ya!

Kontributor Karya Seni

cara mendapatkan passive income dengan menjadi kontributor karya senipixabay.com

Banyak orang yang sudah peka terhadap copyright atas karya seni. Jika kamu memiliki bakat di bidang ini, cobalah jadi kontributor karya seni di sejumlah website dan dapatkan passive income. Karya seni ini dapat berupa gambar, foto, lagu, dan sebagainya. Setiap kali karya senimu diunduh dan dipakai, maka kamu akan menerima passive income berupa royalti. 

Jika didaftarkan ke lembaga resmi, maka jangka waktu copyright atas karya seni menjadi lebih panjang. Berkisar dari 20 tahun hingga 70 tahun usai penciptanya meninggal dunia. Mendapatkan passive income hingga masa pensiun bukan hal yang mustahil lagi.

Dropshipper

cara mendapatkan passive income dengan menjadi dropshipperpixabay.com

Online shop tidak kalah menariknya untuk dijadikan sumber pendapatan sampingan. Namun, memiliki online shop berarti harus memiliki ruang untuk stok barang dan meluangkan waktu pengemasan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa coba jadi dropshipper dan dapatkan passive income. Modal yang dibutuhkan hanya strategi marketing, smartphone, dan koneksi internet. Lapor data orderan kepada supplier, lalu biarkan mereka yang mengirim barang ke pembeli atas nama kamu.

Investasi Saham

cara mendapatkan passive income dengan melakukan investasi sahampixabay.com

Investasi saham adalah salah satu bentuk passive income yang sangat populer sejak dulu. Hal yang perlu dilakukan adalah memilih dan membeli saham pada saat yang tepat. Kamu juga bisa memantau pergerakan saham pada kurun waktu tertentu. Lalu, biarkan saham bertumbuh dan menghasilkan dividen secara berkala. Selain mengandalkan dividen, kamu pun dapat menjual aset saham yang dimiliki dan mendapatkan keuntungan.

Investasi Reksa Dana

cara mendapatkan passive income dengan melakukan investasi reksa danapixabay.com

Bermain saham memiliki risiko yang besar. Jika kamu baru mau mulai investasi di bidang keuangan dan ingin cari yang minim risiko, silakan coba reksa dana. Saat ini, sudah ada banyak bank bahkan aplikasi keuangan yang menyediakan area investasi reksa dana. Passive income berupa bunga dari jenis investasi untuk pemula ini tergolong stabil dan sangat jarang mengalami kerugian. Serunya lagi, kamu dapat memantau pergerakan keuntungan setiap harinya.

Ternyata, mendapatkan passive income dengan mudah dan aman itu tidak sulit, ‘kan? Yuk, mulai terapkan salah satu cara mendapatkan passive income di atas dan kelola hasilnya dengan bijak!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain membaca artikel, kamu juga bisa sekaligus belanja furniture online, lho! Ada banyak jenis furnitur multifungsi dan space-saving yang siap membuat hunian kamu makin efisien. Beberapa di antaranya adalah sofa bed, lemari pakaian, kursi kantor kabinet dapur, rak buku, dan meja rias.

Tersedia juga aneka dekorasi kekinian yang fungsional di Dekoruma! Kamu bisa menemukan tirai, cushion dan bantal sofa, cermin, karpet, hingga lampu gantung. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply