Cegah Keberadaan Jentik Nyamuk di Rumah dengan 7 Cara Ini!

Tips dan Trik Mencegah Kehadiran Jentik Nyamuk

Banyaknya nyamuk yang berterbangan di lingkungan rumah tentu saja sangat mengganggu. Selain mengurangi kenyamanan, nyamuk pun berpotensi mendatangkan penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal, hingga penyakit berat seperti demam berdarah.

Untuk mengusir nyamuk, hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah membasmi atau mencegah keberadaan jentik nyamuk. Hal ini disebabkan karena nyamuk merupakan serangga yang bisa menyimpan telur hingga ratusan dalam satu waktu sehingga kamu pun harus melenyapkan jentik nyamuk agar populasinya berkurang.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan tips dan trik mencegah jentik nyamuk hingga keberadaannya lenyap dan membuatmu bisa semakin nyaman ketika berada di rumah. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk kita simak cara mencegah keberadaan jentik nyamuk berikut ini!

Tutup Tempat Penyimpanan Air

cara cegah jentik nyamuk dengan menutup toren airshutterstock.com

Biasanya, nyamuk akan menyimpan telur pada beberapa tempat, termasuk permukaan air tidak bergerak. Maka dari itu, agar tidak ada jentik nyamuk, pastikan kamu selalu menutup tempat penyimpanan air secara rapat. Selain membuat nyamuk yang ada di dalamnya menjadi mati, hal ini pun bisa membuat nyamuk tak bisa lagi menaruh telur di dalam wadah tersebut. 

Buang Air yang Menggenang

cara cegah jentik nyamuk dengan menutup membuang genangan airthespruce.com

Jentik nyamuk juga kerap berkembang di air yang menggenang. Maka dari itu, sebaiknya kamu juga memastikan agar tak ada keran yang terbuka ataupun bocor karena area tersebut akan menjadi tempat terbaik untuk jentik nyamuk berkembang biak.

Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan area taman rumah setelah hujan atau sehabis disiram agar tidak terdapat genangan air. Hal ini termasuk juga pada pot tanaman yang kerap menjadi tempat favorit para jentik nyamuk.

Lenyapkan Jentik Nyamuk dengan Bahan Kimia

gambar nyamuk dan jentik nyamuk di dalam airshutterstock.com

Kamu juga bisa memanfaatkan produk kimia yang banyak dijual di toko-toko untuk melenyapkan jentik nyamuk. Namun, dalam penggunaannya, pastikan untuk tidak memakai produk kimia pembunuh jentik nyamuk pada air yang dipakai untuk keperluan utama, seperti cuci muka, kumur-kumur, bahkan minum sebab produk kimia tersebut bisa mengubah kandungan air. 

Pelihara Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

dua ekor ikan pemakan jentik nyamuktankarium.com 

Ada banyak jenis ikan hias yang bisa memakan jentik nyamuk yang berada di permukaan air. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memiliki sebuah kolam ikan berukuran mungil di rumah karena selain berguna untuk melenyapkan jentik nyamuk, kolam ikan pun dapat mempercantik tampilan rumah kamu.

Manfaatkan Cuka Apel

cara cegah jentik nyamuk dengan cuka apelliveenhanced.com

Jika kamu ragu menggunakan produk kimia, kamu bisa memanfaatkan cuka apel. Bahan ini dapat menjadi pestisida alami yang mampu melenyapkan jentik nyamuk pada permukaan air. Dikarenakan jentik nyamuk memiliki daya tahan tinggi, kamu sebaiknya menggunakan larutan cuka apel dengan kandungan tinggi agar bekerja lebih efektif dan efisien. 

Selalu Gunakan Air Mengalir

air mengalir untuk cegah keberadaan jentik nyamukhunterwater.com.au

Jentik nyamuk juga tak akan ada pada kondisi air yang mengalir. Jika kamu memiliki kolam ataupun wadah penyimpanan air, pastikan kamu mengganti air secara rutin atau buat air terus bergerak di dalam kolam untuk menghambat daur hidup nyamuk atau mengurangi risiko perkembangbiakan jentik nyamuk.

Bunuh Jentik Nyamuk dengan Klorin

cara cegah jentik nyamuk dengan klorinbrainstudy.info

Jika jentik nyamuk di rumah sangat membandel dan sulit dilenyapkan, kamu bisa memanfaatkan larutan klorin untuk membasminya. Klorin adalah larutan keras yang bekerja ampuh dalam membunuh jentik nyamuk. Namun, kamu harus memperhatikan cara pakainya karena klorin cukup berbahaya bagi lingkungan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah jentik nyamuk bersarang di rumah. Bukankah rumah adalah tempat di mana momen indah berawal? Maka dari itu, yuk buat rumahmu selalu bersih dan terawat agar seluruh penghuni tetap sehat dan merasa nyaman. Selamat mencoba tips dari Kania di atas!

Selain informasi di atas, kamu juga bisa menemukan artikel dengan pembahasan bermanfaat lainnya di Dekoruma, lho. Beberapa di antaranya ada artikel mengenai cara mengusir tokek, manfaat lemon untuk kesehatan dan rumah tangga, hingga tips dan trik seputar desain rumah.

Sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumahmu? Kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho! Ada banyak furnitur yang multifungsi dan space-saving dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih, seperti stool, meja makan, sofa, meja kerja, dan lemari pakaian pintu geser. Dengan begitu, hunian jadi lebih efisien dan maksimal. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply