Efektif Banget! Begini Cara Menanam Bawang Putih yang Tepat

Tips dan Trik Menanam Bawang Putih di Rumah

Siapa yang tidak pernah makan atau setidaknya melihat bawang putih? Bawang putih merupakan salah satu rempah yang sering kali hadir dalam berbagai macam menu makanan. Oleh karena itu, tidak heran jika bawang putih juga termasuk ke dalam daftar bumbu dapur. Pada masakan tertentu, rasanya kurang pas kalau tidak menggunakan bawang putih.

Sayangnya, sama seperti cabai, bawang putih juga kerap mengalami kenaikan harga. Tentunya hal ini akan menguras dompet, ya? Akan tetapi, jangan khawatir, karena kamu bisa kok menanam bawang putih sendiri di rumah. Dengan demikian, kamu pun jadi bisa menghemat pengeluaran.

Lalu, bagaimana cara menanam bawang putih yang tepat di rumah? Berikut ini, Kania sudah menyiapkan caranya untukmu. Yuk, langsung saja simak cara menanam bawang putih di bawah ini!

1. Cara Menanam Bawang Putih dengan Memilih Jenis Bawang

bawang putihtreehugger.com

Cara menanam bawang putih yang pertama tentunya dengan memilih terlebih dahulu jenis bawang putih yang akan kamu tanam. Pada umumnya, jenis bawang putih yang bisa ditanam di rumah adalah bawang putih softneck dan bawang putih hardneck.

Bawang putih softneck merupakan jenis bawang yang cocok ditanam di daerah yang cuacanya panas. Sementara, jenis bawang putih hardneck lebih cocok di daerah yang lebih dingin atau sejuk. Nah, dalam cara menanam bawang putih ini, kamu tinggal sesuaikan saja dengan kondisi cuaca di daerah rumahmu.

Dalam cara menanam bawang putih ini, kamu bisa membeli umbi bawang putih di toko tanaman terdekat. Biasanya, satu umbi bawang terdiri dari beberapa siung yang bisa kamu tanam satu per satu.

2. Menyiapkan Pot dan Media Tanam

pot dan media tanampinterest.com

Bawang putih bisa kamu tanam di dalam sebuah pot. Oleh karena itu, siapkanlah pot tanaman serta media tanamnya sebagai cara menanam bawang putih yang selanjutnya. Pastikan kamu memilih pot yang memiliki lubang di bagian bawahnya. Idealnya, ukuran pot yang digunakan dalam cara menanam bawang putih ini memiliki kedalaman hingga 20 cm serta bisa menampung bawang putih dengan jarak 10 cm antar siung  dan bagian sisi pot.

Untuk media tanamnya, gunakan tanah berkompos yang sudah siap pakai dengan sedikit campuran pasir. Kemudian lanjutkan cara menanam bawang putih ini dengan menuangkan tanah tersebut ke dalam pot yang sudah kamu siapkan. Pastikan kamu menyisakan ruang sekitar 2,5 cm dari bagian atas pot untuk meletakkan siung bawang putih.

3. Cara Menanam Bawang Putih

beberapa bawang putih yang sudah berdaunhomegrowneating.com

Nah, setelah selesai menyiapkan pot dan media tanam, cara menanam bawang putih yang selanjutnya adalah proses penanaman itu sendiri. Pertama-tama, ambil umbi bawang putih dan pisahkan setiap siungnya. Setelah itu, letakkan siung bawang putih di atas tanah yang sudah disiapkan dengan jarak antar siung sekitar 10 cm.

Dalam cara menanam bawang putih ini, pastikan bagian siung yang rata menghadap ke bawah dan yang lancip ke arah atas. Tekan setiap siung bawang putih hingga masuk ke dalam, tapi tetap sisakan ujung siung di atas permukaan tanah sekitar 2,5 cm.  Kalau sudah, letakkanlah pot bawang putih di teras atau kebun rumah yang terkena sinar matahari langsung.

4. Lakukan Perawatan Secara Rutin

menyiram bawang sebagai cara menanam bawang putihalphafoodie.com

Cara menanam bawang putih ini belum berakhir. Setelah melalui proses penanaman, kamu harus merawatnya secara berkala. Hal ini bisa dilakukan dengan menyiram tanaman bawang putih menggunakan air supaya tanahnya tetap lembap. Namun, jangan sampai terlalu basah, siramlah secukupnya sesuai ukuran pot.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, setelah beberapa hari akan mulai keluar tunas berwarna hijau dari umbi bawang putih. Hal ini menandakan bahwa bawang putih mulai bertumbuh dan cara menanam bawang putih yang kamu lakukan tidak sia-sia.

5. Memanen Bawang Putih

seseorang memegang beberapa bawang putihromper.com

Setelah melakukan cara menanam bawang putih di atas dengan benar, tentunya bawang tersebut akan segera panen. Biasanya, saat akan panen, bawang putih akan mengeluarkan daun warna hijau yang akan terus memanjang dari waktu ke waktu. Kamu bisa memotong daun tersebut dan menggunakannya sebagai bahan masakan sehari-hari.

Nah, jika bagian tengah daun di dalam pot sudah mulai menguning atau kecokelatan dan menjadi kering, ini artinya bawang putih sudah siap dipanen. Setelah kamu memanen bawang putih, jangan lupa bersihkan sisa-sisa tanah yang masih menempel menggunakan sikat halus. Setelah itu, keringkan bawang putih selama satu minggu dengan cara menggantungnya di tempat yang kering, tapi tetap sejuk.

Demikianlah cara menanam bawang putih di rumah yang efektif dan tepat. Tidak terlalu sulit, bukan? Pastikan kamu tidak melewatkan setiap cara menanam bawang putih di atas, ya! Selamat menanam dan menghemat pengeluaran!

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, ragam produk rumah tangga, seperti furnitur, perabotan, dan dekorasi juga ada di Dekoruma, lho. Yuk, cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!

Leave a Reply