6 Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Mati agar Berfungsi Kembali

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Rusak

Air conditioner (AC) memang lebih ampuh membuat ruangan rumahmu terasa lebih dingin. Namun, kipas angin nggak kalah berfungsi untuk membantu udara menjadi lebih adem, apalagi saat musim kemarau dan AC tidak dingin karena berbagai hal. Bahkan, bagi beberapa orang, udara di sekitar kurang sreg rasanya jika kipas angin belum menyala.

Yang jadi masalah, bagaimana kalau kipas angin mendadak mati? Bisa-bisa semua jadi kepanasan. Akan tetapi, nggak usah panik, cara memperbaiki kipas angin yang mati nggak terlalu sulit, kok. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tukang. Meskipun begitu, kamu tetap memerlukan beberapa alat perkakas yang bisa menunjang cara memperbaiki kipas angin, seperti obeng, solder, timah, kunci pas, tespen listrik, dan alat pendukung lain sesuai kebutuhan.

Kania sudah menyiapkan beberapa cara memperbaiki kipas angin yang mati supaya berfungsi kembali. Setelah tahu cara-cara memperbaiki kipas angin di bawah ini, kamu nggak bakalan panik lagi kalau tiba-tiba kipas angin di hunianmu mendadak tidak bisa berputar.

Banner Dekoruma Retail

Kabel Putus atau Nggak?

cara memperbaiki kipas angin dengan mengecek kabeljazz.or.id

Sebelum sibuk dan pusing memikirkan cara memperbaiki kipas angin yang mati, lebih baik kamu cek dahulu kabel-kabel yang ada di bagian luar kipas angin maupun bagian dalamnya. Biasanya, kipas angin mendadak mati karena ada kabelnya yang putus. Kamu bisa menggunakan AVO meter untuk melihat ada tidaknya kabel yang putus. Kalau memang ada, kamu harus ganti kabel sebagai cara memperbaiki kipas angin tersebut.

Bersihkan Kipas Angin

cara memperbaiki kipas angin dengan mengelapmitchwrightair.com

Bisa jadi kipas angin Anda mati bukan karena rusak, tapi mungkin hanya karena memiliki terlalu banyak debu di bagian baling sehingga tidak bisa berputar. Cara memperbaiki kipas angin untuk masalah ini tentu saja dengan membersihkan debu pada bagian dalam kipas.

Kamu perlu membongkar kerangka luar kipas angin terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan bagian baling-balingnya dengan lap basah. Bagian kerangka juga jangan lupa dilap. Setelah itu, tunggu sampai kering baru pasang kembali kerangka luarnya. Kipas angin pun bisa berputar kembali. Tentunya cara memperbaiki kipas angin dengan masalah kotor ini sangat simpel, bukan?

Perbaiki dengan Pelumas

cara memperbaiki kipas angin dengan pelumastheconversation.com

Selain karena kotor, biasanya kipas angin juga bisa mendadak mati karena bagian baling-baling mulai berkarat. Cara memperbaiki kipas angin yang seperti ini juga tidak sulit. Setelah membongkar kerangkanya, kamu cukup memberikan pelumas, seperti oli. Setelah dilumasi, kamu bisa coba menyalakan kipas angin dan perlahan akan bergerak kembali.

Ganti Saklar Kipas Angin

cara memperbaiki kipas angin dengan mengganti saklargoogle.com

Selain karena kabel yang rusak, kipas angin juga sering mendadak mati karena saklarnya yang sudah tidak berfungsi lagi. Biasanya, kamu bisa mengenali gejala kerusakan ini jika kipas angin sama sekali tidak berbunyi ketika kabel dipasang ke stop kontak. Jika ini terjadi, cara memperbaiki kipas anginnya adalah dengan membuka panel pemutus dan mengganti saklarnya dengan yang baru. Biasanya, cara memperbaiki kipas angin ini dilakukan untuk kipas angin yang sudah tua.

Cek Kumparan Dinamo

cara memperbaiki kipas angin dengan mengecek dinamogoogle.com

Masalah lain dari kipas angin yang mati adalah dinamo yang sudah aus. Cara memperbaiki kipas angin yang dinamonya demikian adalah membongkar kumparan dinamo. Jika bergerak ketika digoyang ke kanan atau kiri, artinya dinamo tersebut sudah benar-benar aus dan mesti diganti yang baru. Lepaskan dinamo dengan hati-hati, kemudian pasang kembali dengan yang baru.

Biarkan Kipas Angin Istirahat Sejenak

cara memperbaiki kipas angin yang rusakgearxnews.com

Kalau tiba-tiba kipas angin punyamu berdengung kencang dan mendadak mati, bisa jadi karena mesinnya sudah terlalu panas. Sebelum sibuk mencari cara memperbaiki kipas angin, lebih baik kamu mencabut saklar dan mendiamkannya terlebih dahulu. Biasanya, setelah didiamkan kurang lebih 10 menit, kipas angin yang kepanasan tersebut bisa menyala kembali. Kalau masih tetap mati, barulah kamu perlu mencari cara memperbaiki kipas angin berdasarkan indikasi kerusakannya.

Cara memperbaiki kipas angin sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, pada tahap kerusakan yang parah dan tidak bisa tertangani sendiri, saatnya kamu memanggil tenaga terlatih untuk memperbaikinya. Atau pilihan lainnya, kamu bisa membeli kipas angin baru. Dekoruma jual kipas angin untuk kamu, lho!

Selain kipas angin, ada juga aneka furnitur space-saving (hemat tempat) dan multifungsi untuk membuat hunian makin efisien. Dekoruma jual meja komputer, lemari pakaian, meja makan, sofa minimalis, meja rias, stool, dan berbagai rak penyimpanan.

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma, ya! Kamu bisa menemukan beragam pembahasan seputar home & living dan berbagai tips menarik. Di antaranya ada artikel mengenai desain rumah minimalis, inspirasi warna cat tembok, manfaat kopi untuk rumah tangga, hingga cara mengatasi wc tersumbat. Yuk, langsung saja kepoin laman Dekoruma!

Leave a Reply