5 Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Praktis Tanpa Perlu Dibongkar

Tips dan Trik Membersihkan Mesin Cuci Secara Efektif dan Mudah

Mesin cuci wajib kamu bersihkan secara rutin. Meskipun mesin cuci terlihat bersih, tapi sebenarnya ada banyak kotoran yang tak terlihat di dalamnya. Jika tidak kamu bersihkan, maka kotoran tersebut bisa membuat mesin cuci menjadi cepat rusak dan membuat hasil cucian kurang maksimal.

Di artikel ini, Kania akan memberikan informasi mengenai cara membersihkan mesin cuci yang bisa kamu lakukan secara praktis tanpa perlu repot membongkarnya. Untuk itu, yuk kita simak cara membersihkan mesin cuci berikut ini!

Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Konsentrat

cara membersihkan mesin cuci dengan konsentratyoutube.com

Cara membersihkan mesin cuci pertama yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan konsentrat atau pembersih mesin cuci yang dapat bekerja khusus untuk melarutkan residu di dalam tabung. Kamu bisa melakukan langkah dan cara membersihkan mesin cuci tersebut dengan merendam konsentrat ke dalam mesin cuci yang telah diisi air hingga batas tertinggi.

Setelah itu, silakan nyalakan mesin cuci sekitar 10 menit. Saat proses ini, biasanya air di dalamnya akan berubah menjadi keruh. Kemudian, diamkan sekitar tiga jam hingga kotoran yang menempel pada tabung mesin cuci menjadi rontok. Setelah itu, buang air kotor tersebut. Jangan lupa bilas tabung beberapa kali hingga bersih dan mesin cuci kini siap kamu gunakan kembali! 

Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Soda Kue dan Cuka

cara membersihkan mesin cuci dengan soda kue dan cukashutterstock.com

Jika tidak memiliki konsentrat, kamu juga bisa melakukan cara membersihkan mesin cuci dengan memanfaatkan soda kue atau baking soda dan cuka. Pertama-tama, nyalakan mesin cuci yang telah diisi dengan air hangat. Kemudian, ulangi proses pencucian dengan air panas untuk kedua kalinya.

Ketika mesin cuci mulai berguncang, silakan tambahkan 60 gram soda kue dan 750 ml cuka, lalu biarkan kedua larutan tersebut teraduk selama 30 detik. Setelah itu, matikan mesin cuci dan biarkan selama satu jam. Jika dinding tabung mesin cuci sudah terendam sepenuhnya, nyalakan kembali mesin cuci dan selesaikan program pencucian. Langkah terakhir, kamu pun bisa membuang air di dalam mesin cuci dan bilas beberapa kali menggunakan air bersih. 

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bagian Tabung dengan Kain Lap

cara membersihkan mesin cucipinterest.com

Kamu juga bisa melakukan cara membersihkan mesin cuci pada bagian tabung dengan mengelapnya. Pertama-tama, pastikan mesin cuci kamu dalam kondisi mati dan lap bagian tabung menggunakan kain yang telah direndam ke dalam campuran air panas dan cuka dengan komposisi setara. Setelah itu, kamu bisa mengelap seluruh bagian mesin cuci termasuk bagian langit-langit tabung hingga bersih. Cara membersihkan mesin cuci ini tergolong sederhana, tapi hasilnya tak kalah efektif dengan cara-cara sebelumnya.

Tips Penempatan Mesin Cuci

cara membersihkan mesin cuci dengan praktispinterest.com

Agar mesin cuci kamu awet, kamu tak sekadar harus melakukan cara membersihkan mesin cuci secara rutin, tapi juga menempatkan alat elektronik rumah tangga ini secara tepat. Sebaiknya, tempatkan mesin cuci di area yang terbebas dari lembap dan pastikan juga untuk meletakkannya di lantai yang datar.

Kamu juga harus memastikan agar ventilasi mesin cuci tidak tertutup agar suhunya tetap stabil sewaktu digunakan. Selain itu, hindari mesin cuci dari paparan sinar matahari langsung serta jangan menempatkan mesin cuci terlalu rapat ke dinding. 

Tips Perawatan Mesin Cuci

cara membersihkan mesin cuci dengan menggunakan kain lapurbancompany.com

Cara membersihkan mesin cuci dapat kamu terapkan setiap kali selesai menggunakannya. Langkah ini juga termasuk ke dalam perawatan mesin cuci. Setelah selesai digunakan, kamu sebaiknya selalu membersihkan mesin cuci dari sisa detergen, pelembut, ataupun pemutih.

Pada bagian yang dialiri air, lakukan pembersihan secara berkala untuk menghindari lumut. Setiap selesai digunakan, pastikan juga untuk selalu mencabut kabel mesin cuci dari stop kontak agar penggunaannya lebih tahan lama dan tak mudah rusak.

Demikianlah cara membersihkan mesin cuci yang sebaiknya kamu lakukan secara rutin, setidaknya dua minggu atau satu bulan sekali. Selain cara membersihkan mesin cuci di atas, temukan juga berbagai tips dan trik informatif seputar home & living lainnya melalui artikel Dekoruma!

Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian yang multifungsi dan space-saving (hemat tempat) untuk membuat hunian kamu makin estetik dan efisien. Mulai dari jual kabinet dapur, sofa, meja makan, coffee table, meja TV, rak sepatu, hingga tempat tidur. Modelnya pun beragam dan harganya ramah di kantong.

Ada pula aneka jenis kasur dari merek-merek ternama. Dekoruma jual The Luxe, Sleep Care, Guhdo, hingga King Koil. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma dan ciptakanlah hunian yang nyaman karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply