Ketahui Penyebab Datangnya Kutu Busuk dan Cara Membasminya!

Mengetahui Keberadaan Kutu Busuk dan Cara Membasminya

Keberadaan hama di rumah pasti sangat mengganggu. Selain lalat dan nyamuk, jenis hama lain yang harus kamu waspadai adalah kutu busuk yang bisa bersarang di rumah dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Di artikel ini, Kania akan membahas penyebab datangnya kutu busuk dan langkah apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membasminya sehingga rumah menjadi lebih nyaman dan sehat. Untuk itu, yuk kita lihat cara pencegahan dan tips membasmi kutu busuk berikut ini! 

Penyebab Datangnya Kutu Busuk

ilustrasi pencarian kutu busuk di kasurarearugcleanernewjersey.com

Perlu kamu ketahui bahwa kutu busuk adalah sejenis serangga kecil berbentuk oval dan tidak bersayap. Memiliki ukuran super kecil, kutu busuk dewasa umumnya memiliki panjang sekitar 1/8 inci sehingga keberadaannya terkadang sulit terdeteksi oleh mata. Dapat bertahan pada suhu 7 hingga 45 derajat, kutu busuk juga kerap bersembunyi di berbagai perabotan rumah. Namun, yang paling sering ditemukan adalah di kasur, tempat tidur, lemari, dan laci.

Meskipun tidak menyebabkan penyakit serius, tapi kutu busuk dapat menggigit sehingga menyebabkan gatal dan iritasi. Bahkan, tanpa disadari, kutu busuk banyak dibawa orang dari satu tempat ke tempat lainnya karena menempel di pakaian ataupun perabotan sehingga cepat berkembang biak di area yang disinggahi dan bisa tersebar di seluruh area rumah kamu.

Ketahui Sumber Keberadaan Kutu Busuk

ilustrasi keberadaan kutu busukblueskypest.com 

Untuk melenyapkan kutu busuk, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari sumber keberadaannya. Biasanya, ada sejumlah tanda yang mengindikasikan keberadaan kutu busuk, misalnya timbulnya bintik hitam pada sela kasur, sprei, atau perabot lainnya, ditemukannya cangkang serangga berwarna kekuningan di atas kasur, ataupun timbulnya bau apek yang menyengat di kasur ataupun perlengkapan tidur lainnya. 

Cara Membasmi Kutu Busuk di Rumah

Nah, setelah mengetahui keberadaannya, kamu tentu harus segera membasminya agar kutu busuk tidak semakin berkembang biak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi kutu busuk, yaitu:

1. Hilangkan Kutu Busuk dengan Menjemur Kasur

menjemur sprei dan selimut sebagai cara membasmi kutu busuklivspace.com

Jika telah menemukan sumber keberadaannya, kamu pun bisa memulai langkah membasmi kutu busuk. Langkah sederhana ini dapat kamu lakukan dengan menjemur kasur dan perlengkapan tidur lainnya, seperti bantal, guling, ataupun selimut di bawah paparan sinar matahari langsung. Langkah ini sangat mudah dilakukan dan cukup efektif membasmi kutu busuk, serta bisa membuat perlengkapan tidurmu menjadi lebih bersih. 

2. Menggunakan Vacuum Cleaner

membasmi kutu busuk dengan vacuum cleanershutterstock.com

Jika tak sempat menjemur kasur, kamu juga bisa membasmi kutu busuk dengan bantuan vacuum cleaner. Silakan bersihkan seluruh sela kasur menggunakan vacuum cleaner, termasuk beberapa bagian di dalam kamar ataupun rumah, seperti sofa, karpet, tirai, ataupun celah pada barang elektronik untuk memastikan kutu busuk lenyap. 

3. Pisahkan Barang yang Terkena Kutu Busuk

cara membasmi kutu busuk dengan memisahkan barang-barangthespruce.com

Kutu busuk sangat mudah menyebar, terutama jika menempel di pakaian, boneka, ataupun bantal. Jika kamu menemukan kutu busuk, segera pisahkan benda tersebut agar tidak menyebar ke area lain di dalam rumah. Kamu bisa memasukkan benda yang terkena kutu busuk ke dalam plastik, lalu jemur selama beberapa hari. Setelah itu, silakan cuci menggunakan air bersih hingga kutu busuk benar-benar hilang. 

4. Gunakan Insektisida untuk Membasmi Kutu Busuk 

membasmi kutu busuk dengan insektisidahealthbeat.spectrumhealth.org

Jika cara di atas kurang efektif, kamu juga bisa menggunakan insektisida yang memang dikhususkan untuk membasmi kutu busuk. Adapun, sejumlah bahan kimia seperti pyrrole, pyrethroids, pyrethrins, neonicotinoids, desiccant maupun foggers dapat kamu gunakan untuk membasmi kutu busuk. Ketersediaannya dapat kamu temukan di toko bahan kimia.

Inilah penyebab kedatangan kutu busuk dan sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk membasminya. Yuk, buat rumahmu makin nyaman dengan menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual beragam furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa membuat hunian kamu makin efisien. Di antaranya ada tempat tidur, lemari pakaian, laci, meja TV, sofa bed, dan kabinet dapur. Ayo, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply