Panduan Lengkap Cara Jual Rumah ke Bank, Nggak Susah Kok!

Memahami Cara Jual Rumah ke Bank dengan Langkah yang Tepat

Menjual rumah biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Terlebih jika rumah baru ataupun rumah lama yang akan dijual berada di lokasi yang kurang strategis. Namun, kamu tak perlu bingung karena ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan rumah dijual, mulai dari laman jual beli rumah di internet, bekerjasama dengan jasa perantara, hingga menjual rumah ke bank.

Mungkin kamu sedikit bingung terkait cara jual rumah ke bank. Perlu kamu ketahui, saat ini bank menyediakan solusi aman untuk membantu melancarkan proses penjualan properti sehingga nantinya akan membantumu dalam segi promosi, penghitungan, bahkan mencari calon pembeli.

Nah, jika saat ini kamu tertarik, tapi bingung mencari cara jual rumah ke bank, Kania punya informasi lengkapnya untuk kamu. Maka dari itu, yuk kita simak penjelasan mengenai panduan cara jual rumah ke bank melalui artikel di bawah ini! 

Banner Dekoruma Properti

Lakukan Pengecekan Kondisi Rumah

tips panduan cara jual rumah ke bankadvisoryexcellence.com 

Sebelum melakukan cara jual rumah ke bank, pastikan kamu melakukan pengecekan kondisi rumah secara menyeluruh, mulai dari bagian eksterior hingga bagian interior. Perhatikan spesifikasi bangunan, kelebihan, maupun kekurangan rumah yang akan dijual karena hal ini akan memengaruhi penilaian pihak bank. Untuk mengantisipasi penawaran harga rumah dijual yang jatuh, kamu juga sebaiknya melakukan perbaikan sebelum mulai menjualnya melalui bank. 

Tentukan Bank untuk Penjualan Rumah

sebuah keluarga di depan rumah sebagai ilustrasi cara jual rumah ke bankaraglegal.com

Di Indonesia, hampir seluruh bank memiliki fasilitas layanan penjualan rumah. Silakan pilih perbankan terbaik berdasarkan sejumlah kriteria, misalnya melihat track record kinerja bank tersebut di bidang KPR, kinerja dari staf, ataupun ketentuan apa saja yang diajukan oleh perbankan mengenai cara jual rumah ke bank yang nantinya harus kamu lakukan. 

Ikuti Petunjuk Bank Mengenai Penjualan Rumah

cara jual rumah ke bank dengan mengikuti prosedurnyalawdepot.com

Jika sudah memilih bank yang tepat, pihak bank terkait akan memerlukan kelengkapan dokumen dari rumah dijual tersebut. Langkah dan cara jual rumah ke bank ini wajib dilakukan sebab kelengkapan dokumen seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) akan membuat pihak bank dan calon pembeli menjadi percaya dengan rumah dijual milikmu. Maka dari itu, pastikan kamu memeriksa dan melengkapi dokumen yang diperlukan untuk kemudian diserahkan kepada pihak bank agar cara jual rumah ke bank berjalan lancar.

Ketahui Pasaran Harga Rumah Dijual

ilustrasi panduan cara jual rumah ke banksfhera.alfamediaweb.com

Rumah baru ataupun rumah lama tentu saja memiliki harga jual yang berbeda. Maka dari itu, sebagai salah satu langkah cara jual rumah ke bank, silakan tentukan harga jual yang akan kamu tawarkan, tapi sesuaikan juga harga tersebut berdasarkan sejumlah hal. Beberapa di antaranya seperti lokasi rumah, spesifikasi bangunan, dan harga pasaran di daerah tersebut. Kamu juga bisa lakukan pengecekan NJOP di kawasan rumahmu agar mengetahui harga yang layak untuk rumah dijual tersebut. 

Hitung Seluruh Biaya Secara Detail

gambar miniatur rumah di atas tumpukan koin sebagai ilustrasi cara jual rumah ke bankhomebridge.com

Cara jual rumah ke bank yang terakhir adalah menghitung semua biaya yang telah kamu keluarkan secara terperinci. Silakan kamu hitung seluruh biaya pembangunan rumah atau biaya cicilan yang telah kamu bayarkan, biaya perawatan rumah, maupun biaya pembuatan dokumen dan surat-surat rumah yang telah kamu lakukan sebelumnya. Dengan melakukan penghitungan ini dalam cara jual rumah ke bank, maka kamu pun bisa mendapatkan gambaran mengenai nilai rumah dijual terhadap pihak bank dan meminimalisir kerugian.

Sejatinya, cara jual rumah ke bank di atas berlaku untuk semua perbankan di Indonesia, tapi pastikan kamu menghubungi bank yang bersangkutan untuk mengetahui detail syarat ketentuan yang diberlakukan. Jika kamu bingung dengan cara jual rumah ke bank di atas, kamu juga bisa menjual rumah melalui Dekoruma Properti yang siap menghubungkanmu ke banyak pembeli potensial!

Leave a Reply