8 Cara Efektif Menanam Tanaman Walisongo, Nggak Sulit Kok!

Tips dan Trik Menanam Tanaman Walisongo

Tanaman walisongo kini kembali populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman hias ini dapat mempercantik hunian kamu dengan karakter berupa warna daun yang unik dari perpaduan hijau serta putih kekuningan, ada juga yang seluruhnya berwarna hijau.

Meskipun tanaman walisongo dijual dengan banderol mahal, tapi kamu bisa berhemat jika menanamnya sendiri. Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman walisongo, Kania punya beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Untuk itu, yuk kita simak tips dan trik menanam tanaman walisongo berikut ini!

1. Siapkan Media Tanam

ilustrasi media tanam untuk tanaman walisongoshutterstock.com

Untuk memulai penanaman tanaman walisongo, kamu perlu mempersiapkan media tanam. Kamu bisa mencampurkan pasir malang, pupuk kandang, serta sekam bakar dengan perbandingan 2:1:3. Setelah itu, diamkan campuran tersebut selama satu hari agar nutrisi dari pupuk dapat terserap efektif.

2. Potong Cabang Bunga Tanaman Walisongo

tanaman walisongo yang lebattanamanterpopuler.blogspot.com

Proses penanaman tanaman walisongo selanjutnya dilakukan dengan memotong cabang bunga tanaman walisongo dari indukannya. Kamu bisa memotong cabang bunga sekitar 15 hingga 30 cm dengan pisau serta pastikan untuk memilih batang tanaman yang sehat dan umurnya tidak terlalu tua. 

3. Oleskan Zat Perangsang Tanaman

tanaman walisongo di depan rumahdiscus-club.ru

Trik selanjutnya, kamu bisa menggunakan zat perangsang tanaman. Silakan oleskan zat tersebut pada batang tanaman walisongo yang sebelumnya telah dipotong guna merangsang tanaman ini agar dapat tumbuh secara maksimal.

4. Tanam Batang Tanaman Walisongo ke Media Tanam

tanaman walisongo yang berbungayoutube.com

Setelah proses di atas kamu lakukan, langkah selanjutnya adalah menanam batang atau bunga dari tanaman walisongo yang telah kamu siapkan ke media tanam. Jangan lupa siram media tanam terlebih dulu agar kondisi tanah menjadi lembap. Setelah itu, pasangkan batang dari tanaman walisongo dan tempatkan di area yang sejuk. 

5. Lakukan Perawatan Batang Tanaman Walisongo

seseorang memegang daun tanaman walisongopaktanidigital.com 

Dalam proses penanaman tanaman walisongo, kamu akan melihat batang yang tumbuh. Adapun, terdapat dua jenis batang yang dihasilkan oleh tanaman walisongo, yakni batang tunggal dan batang jamak. Jika tanaman walisongo hanya mengeluarkan batang tunggal, Kania sarankan kamu untuk membiarkannya terlebih dulu hingga tanaman tumbuh tinggi dan kurus. Sementara itu, jika tanaman menghasilkan batang jamak, maka kamu bisa memotongnya agar batang memiliki banyak ruang untuk pertumbuhan daun. 

6. Perhatikan Teknik Pemotongan Bunga Tanaman Walisongo

tanaman walisongo di atas tanahartistree.com 

Selain merawat batang, kamu pun harus memperhatikan pertumbuhan bunga. Sebaiknya, kamu memotong bunga secara tepat di bagian atas titik daun yang bermunculan agar nantinya dapat tumbuh secara vertikal. Selain itu, pangkas juga bunga yang terlalu lebar pada bagian atas tunas yang baru tumbuh secara horizontal sehingga tanaman ini tidak tumbuh melebar. 

7. Gunakan Alat Potong Berupa Gunting Tajam

ilustrasi gunting tanaman walisongoshutterstock.com

Ketika melakukan perawatan tanaman walisongo, sebaiknya kamu memanfaatkan gunting. Adapun, penggunaan gunting sangatlah efektif untuk meminimalisir kerusakan pada struktur tanaman dan pastikan bahwa gunting yang kamu gunakan dalam kondisi tajam sehingga bagian tanaman bisa kamu potong secara sempurna. 

8. Perhatikan Tempat Penyimpanan Tanaman

tanaman walisongo di dalam pot unikthespruce.com

Selama masa pertumbuhan awal, pastikan kamu menaruh tanaman walisongo di tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung agar pertumbuhannya optimal. Jika tanaman walisongo sudah tumbuh secara kuat dan sehat, maka kamu pun bisa mulai memindahkannya ke media tanam permanen.

Jbrothers POT GENTONG PUTIH KAKI BESI EMAS D-25dekoruma.com

Selain itu, gunakan juga pot berkualitas dengan desain yang menarik agar tanaman walisongo dapat tampil cantik maksimal. Misalnya saja, pot gentong dengan kaki besi emas dari Jbrothers di atas. Modelnya unik dan mewah berkat aksen gold pada kaki penyangganya. Percuma saja, ‘kan kalau tanaman walisongo sudah tumbuh subur dan menawan, tapi pot tanaman yang kamu gunakan lusuh sehingga jadi kurang enak dipandang? 

Bagaimana, mudah sekali ‘kan menanam tanaman walisongo sendiri di rumah? Jika tertarik untuk menanam tanaman walisongo, kamu juga bisa melengkapi kebutuhan perawatan tanaman hias melalui berbagai produk yang bisa kamu temukan di Dekoruma. Selamat mencoba!

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka jenis furnitur untuk hunianmu, lho! Mulai dari sofa, bean bag, kabinet dapur, lemari pakaian, hingga meja & kursi makan, semuanya tersedia. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply