8 Cara Ampuh Membasmi Kamitetep di Rumah

Tips dan Trik Mengusir Kamitetep yang Mengganggu di Hunian

Merasa aman karena sarang semut ataupun ngengat tidak ada di rumah? Kamu tetap harus berhati-hati!  Coba perhatikan, apakah pada rumah kamu ada benjolan-benjolan lunak di bagian dinding yang mirip seperti kepompong? Jika ada, itu sinyal bahaya karena artinya rumah kamu dihinggapi kamitetep!

Kamitetep sering disebut juga sebagai ulat dinding. Bentuknya memang hanya seukuran biji mentimun, tapi hewan tersebut sangat berbahaya. Gigitan kamitetep bisa menimbulkan gatal yang parah dan bentol berair hingga menimbulkan luka.

Kalau mendapati kamitetep ada di hunianmu, segera basmi hingga tuntas! Sebenarnya, cara membasmi serangga yang satu ini nggak terlalu ribet. Kamu bisa melakukan beberapa cara ampuh yang sudah Kania rangkum di bawah ini guna menumpas kamitetep yang bersarang di rumahmu.

1. Taruh Kamper di Lemari

tumpukan kamper untuk membasmi kamitetepshutterstock.com

Dinding hanya salah satu tempat bersarang kamitetep. Namun sebenarnya, serangga ini lebih nyaman tinggal di dalam lemari pakaian yang ada di kamar tidur. Untuk membasminya, kamu cukup menaruh kamper di sudut-sudut lemari supaya serangga ini merasa terganggu dan akhirnya memilih pergi dari lemari pakaianmu.

2. Usap Segera dengan Tisu

gambar gulungan tisu untuk membasmi kamitetep di hunianbabycenter.com

Kamitetep cenderung menetap dan tidak bergerak cepat. Ketika kamu melihat serangga ini menempel di dinding atau area rumahmu, segeralah ambil tisu. Kamu hanya perlu mengusapkan tisu tersebut untuk mengambil kamitetep yang menempel di dinding atau perabot rumah. Tisu bisa menghalangi gigitan serangga ini ke tanganmu sehingga risiko gatal-gatal sampai bentol parah yang timbul dapat dihindari.

3. Basmi dengan Menyapu Hingga ke Sudut Rumah

seseorang menyapu untuk membasmi kamitetepshutterstock.com

Kalau kamu teliti, kamitetep juga bisa ada di sudut-sudut lantai yang berbatasan dengan dinding ataupun di area-area lain yang sulit terjangkau dengan tangan. Kamu mungkin memerlukan alat pembersih berupa sapu untuk mengusirnya.

Ambillah sapu di rumahmu dan mulailah bersihkan bagian-bagian yang menjadi tempat bersarangnya kamitetep. Pastikan kamu segera menyerok hasil sapuan tersebut ke pengki dan membuangnya di tempat sampah luar rumah.

Lokal Sapu Nilon Kipas

Lokal Sapu Nilon Kipas

Tak hanya perbatasan antara lantai dan dinding, kamu juga perlu membasmi kamitetep yang bersarang di bagian langit-langit dan dinding. Untuk membasmi kamitetep di area tersebut, gunakanlah sapu yang memiliki gagang panjang sehingga kamu tidak perlu sampai memanjat kursi atau tangga. Pastikan pula kamu menggunakan masker dan kacamata pelindung untuk menghindari debu ataupun kamitetep yang jatuh dari langit-langit saat kamu membersihkannya.

4. Lumpuhkan Pakai Scraper

seseorang menggunakan scraper di sela-sela jendela untuk membasmi kamitetepthespruce.com

Kamitetep juga bisa menempel di kaca, lho! Ketika ia menempel di kaca, justru kamu akan semakin sulit membasminya karena penempelannya semakin erat. Hanya menyapunya atau mengelapnya memakai tisu akan kurang efektif. Oleh karena itu, kamu perlu melumpuhkan kamitetep yang ada di kaca memakai scraper yang tepat.

5. Bersihkan Jaring Laba-laba

cara membasmi kamitetep dengan membersihkan jaring laba-labashutterstock.com

Tahu nggak, kamitetep ternyata paling suka dengan rumah yang punya banyak jaring laba-laba, lho! Soalnya, jaring laba-laba inilah yang jadi sumber makanan kamitetep. Jadi, kalau mau mengusir serangga ini dari hunianmu, kamu tahu caranya, ‘kan? Ya, kamu cukup menghilangkan sumber makanan utamanya dengan membersihkan jaring laba-laba. Nggak perlu waktu lama sampai akhirnya kamitetep “kelaparan” dan pergi dari rumahmu.

6. Semprotkan Pestisida

seseorang menyemprotkan pestisida untuk membasmi kamitetepwral.com

Sama seperti serangga lainnya, tentu saja pestisida adalah musuh kamitetep. Menyemprotkan pestisida secara rutin ke seluruh sudut dan area rumah bisa menjadi cara ampuh membasmi kamitetep. Nggak cuma serangga dewasa, pestisida juga bisa langsung mematikan telur-telur kamitetep yang telanjur bergerombol di hunianmu.

7. Pasang Kawat Nyamuk di Ventilasi

cara membasmi kamitetep dengan memasang kawat nyamukshutterstock.com

Kamu akan gagal membasmi kamitetep jika hanya membersihkan yang terlihat. Idealnya, kamu juga perlu menghalangi kamitetep kembali masuk ke hunianmu. Memasang kawat nyamuk di tiap ventilasi yang ada di rumah kamu bisa menjadi salah satu solusi untuk menjadi tameng agar gerombolan kamitetep nggak datang dan mengganggumu lagi.

8. Bersihkan Rumah secara Rutin

aneka peralatan kebersihan rumah untuk membasmi kamitetepcheckatrade.com

Tentu saja pembersihan rumah secara rutin adalah cara membasmi berbagai serangga yang sangat ampuh, tak terkecuali kamitetep. Biasakanlah untuk mengepel dan menyapu rumah tiap hari. Jangan lupa untuk membersihkan kaca dan dinding beberapa kali dalam seminggu. Yang nggak boleh ketinggalan, lemari, rak, dan laci juga mesti dibersihkan secara berkala, ya!

Yuk, mulai jaga rumah kamu dari serangan berbagai serangga yang bisa mendatangkan ketidaknyamanan dan banyak kerugian buat kesehatanmu. Tak terkecuali untuk kamitetep, jangan biarkan serangga ini nyaman bersarang di rumahmu! 

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka jenis furniture minimalis dan aksesoris untuk hunianmu, lho. Mulai dari lemari kabinet, kasur, sofa, meja makan, karpet, lampu, hingga aneka vas bunga, semuanya tersedia. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Leave a Reply