8 Benda yang Tak Boleh Dibuang di Bak Cuci Piring

Benda-Benda yang Dapat Menyumbat Saluran Bak Cuci Piring

Membuang dan membilas sesuatu di bak cuci piring memang terasa sangat gampang dan membuatmu terbebas dari repot. Namun, kamu harus lebih berhati-hati karena ada benda-benda yang tidak boleh dibuang di bak cuci piring karena bisa menimbulkan penyumbatan pada pipa air. Lalu, apa saja benda yang tidak boleh dibuang di bak cuci piring?

Nah, pada artikel kali ini, Kania akan memberi tahu benda-benda apa saja yang tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piring. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Sisa Lemak, Pelumas, dan Minyak

gambar larangan untuk membuang minyak ke dalam bak cuci piringyoutube.com

Substansi yang berminyak, seperti minyak goreng, lemak sisa makana, dan pelumas termasuk benda yang paling pantang untuk dibuang di bak cuci piring. Jika dialirkan bersama air, maka minyak, lemak, atau pelumas tersebut bisa menjadi agen pengikat dan menjadi seperti zat padat yang dapat menghambat saluran bak cuci piring.Hal ini termasuk juga untuk mentega, mayonnaise, saus salad, dan sebagainya. Cara terbaik untuk membuang bahan-bahan berminyak tersebut adalah dengan menempatkannya ke tempat terpisah yang terkunci rapat, lalu buang ke dalam tong sampah.

Cangkang Telur

kulit telur tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringpinterest.com

Mungkin kamu berpikir membuang cangkang atau kulit telur ke dalam bak cuci piring akan aman karena cangkang telur memiliki sifat semi keras. Namun, itu adalah hal yang salah karena justru pecahan cangkang yang tajam dan berukuran besar bisa jadi penampung zat padat lainnya yang turun ke dalam pipa bak cuci piring sehingga mengakibatkan penyumbatan. 

Tepung

tepung di dalam mangkuk kayu yang tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringthespruceeats.com

Produk tepung sangat mudah berkoagulasi atau mengalami penggumpalan jika tercampur dengan zat cair. Jika dibuang ke dalam bak cuci piring, maka sisa tepung akan menggumpal bahkan menempel di pipa bak cuci piring. Tak hanya itu, tepung yang menempel pada pipa juga akan menangkap zat padat lain yang lewat sehingga menyebabkan penyumbatan.

Oleh karena itu, setelah memasak atau membuat adonan menggunakan tepung, jangan buang ke dalam bak cuci piring. Usahakanlah untuk membuang tepung tersebut langsung ke dalam tong sampah.

Label Makanan

label buah tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringmodernfarmer.com

Stiker atau label yang merekat pada produk makanan, seperti buah-buahan sangat sering dicuci secara bersamaan di bak cuci piring . Alhasil, stiker label yang kecil pun tanpa sengaja mengalir ke dalam bak cuci piring. Walaupun kecil, tapi kertas stiker ini tidak bisa terurai dan bisa menyebabkan risiko tersumbat pada saringan, pipa air, maupun sistem aliran air yang ada pada bak cuci piring. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu melepas stiker atau label makanan setelah membelinya agar penyumbatan pada bak cuci piring bisa terhindar.

Sisa Bubuk Kopi

seseroang sedang memegang cangkir berisi ampas kopi yang tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringfacebook.com

Tumpukan sisa bubuk kopi pada gelas atau cangkir adalah benda yang tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piring karena berpotensi tersumbat. Sisaan bubuk kopi atau ampas kopi adalah salah satu penyebab saluran air bak cuci piring tersumbat yang paling umum karena sangat mudah dituang bersamaan dengan sisa cairan kopinya. Hal inilah yang membuat banyak orang langsung membuang ampas kopi ke dalam bak cuci piring setelah menikmati secangkir kopi. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya sisa bubuk kopi dibuang ke dalam tong sampah atau dijadikan bahan kompos organik.

Obat- Obatan

kumpulan obat-obatan tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringthejournal.ie

Mungkin kamu pernah membuang sisa obat-obatan yang sudah kadaluarsa ke dalam bak cuci piring. Namun, mulai sekarang jangan lagi membuangnya di bak cuci piring, baik obat-obatan yang bersifat sirup ataupun tablet. Hal ini karena zat kimia yang turun melalui bak cuci piring bisa saja turut mengalir ke lingkungan sekitar, termasuk pipa bawah tanah untuk ledeng atau PAM sehingga bisa membahayakan lingkungan. Daripada dibuang ke dalam bak cuci piring, lebih baik dikembalikan ke apotek atau farmasi yang pasti punya cara pengelolaan limbah medis dengan benar.

Cairan Kimia

kumpulan botol pembersih di dalam ember dekat bak cuci piringsparkhealthmd.com

Prinsip yang sama juga berlaku untuk cairan kimia lainnya, misalnya cat air ataupun produk pembersih rumah lainnya. Walaupun bersifat cair dan bisa larut, tetap saja tidak disarankan untuk dibuang di bak cuci piring karena cairan kimia tersebut bisa saja mengandung fosfat, zat antibakteri, dan komponen lainnya yang sangat berbahaya untuk ekosistem lingkungan.

Produk-Produk Kertas

tisu dapur sebagai produk kertas yang tidak boleh dibuang ke dalam bak cuci piringpinterest.com

Semua jenis produk kertas, seperti tissue dapur, kapas, ataupun sisa bon kertas sangat tidak disarankan untuk dibuang ke dalam bak cuci piring tanpa pengecualian ukurannya. Produk-produk yang terbuat dari kertas memiliki daya serap tinggi sehingga akan sangat mudah menyumbat pipa saluran pembuangan air di bak cuci piring.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, ‘kan benda-benda apa saja yang tidak boleh dibuang di bak cuci piring? Mulai sekarang, usahakanlah untuk selalu memilah zat padat agar bak cuci piring tidak sampai tersumbat karena jika sampai tersumbat akan sangat merepotkan dan memakan waktu untuk memperbaikinya.

Kamu sedang mencari furniture minimalis baru? Kamu bisa menemukan aneka furnitur multifungsi dan space-saving di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi makan, sofa minimalis, kasur, lemari pakaian, dan meja kerja.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual bedcover, selimut, dan bantal guling untuk menemani tidurmu. Yuk, lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply