Apa Itu Appraisal dalam Pengajuan KPR? Yuk, Pahami Lebih Dalam!

Memahami Appraisal untuk Mengajukan KPR

Kamu sedang dalam tahap mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk hunian impian? Nantinya, pihak bank selaku calon pemberi kredit pasti akan meminta appraisal dari hunian yang akan kamu beli. Appraisal sendiri merupakan proses pemberian nilai atas suatu benda, yang dalam hal ini adalah rumah yang ingin kamu ajukan KPR dan dilakukan melalui proses analisis oleh pihak profesional. Nah, nilai rumah tersebutlah yang dijadikan agunan apabila ada kasus gagal bayar ke depannya.

Bisa dibilang appraisal sangatlah vital dalam pengajuan KPR karena dari appraisal tersebutlah pihak bank nantinya dapat menyetujui atau justru menolak pengajuan kreditmu. Umumnya, pengajuan KPR ditolak karena appraisal dari rumah yang mau kamu beli tidak sebanding dengan jumlah pinjaman yang kamu inginkan.

Kalau sudah ditolak, keinginan mendapatkan rumah impian bisa lenyap di tengah jalan. Maka dari itu, jangan sampai hal tersebut terjadi pada kamu! Yuk, pahami dan perhatikan beberapa hal lebih detail mengenai appraisal melalui ulasan Kania di bawah ini supaya KPR yang kamu ajukan dapat diterima!

Faktor-faktor Penentu Appraisal

laporan appraisal perumahanroyalunitedmortgage.com

Walaupun dihitung oleh pihak profesional, sebenarnya kamu bisa mencoba mengira-ngira appraisal dari rumah yang mau kamu beli tersebut. Umumnya, penilaian taksiran harga rumah mempertimbangkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), lokasi, dan kemudahan akses dari properti tersebut.

Selain itu, akan dilihat pula faktor-faktor risiko yang ada di sekitar rumah tersebut. Contohnya, apakah rumah tersebut ada di area banjir atau tidak dan apakah rumah tersebut dekat dengan tanah yang rawan longsor atau tidak. Semakin strategis tempatnya, tentu appraisal rumah untuk KPR akan semakin besar. Sebaliknya, jika banyak faktor risiko di sekitarnya, nilai appraisal bisa menjadi semakin kecil.

Perbandingan Harga Pasar

seseorang menggunakan kaca pembesar di depan rumah sebagai ilustrasi appraisal rumahcochraninspections.com

Dalam menentukan appraisal untuk KPR, pihak bank umumnya juga akan melakukan perbandingan harga pasar. Jadi, faktor luar dan lokasi rumah bukanlah acuan utama. Perbandingan harga ini biasanya dilakukan dengan tiga rumah di area terdekat yang spesifikasinya sama.

Tujuan perbandingan ini tak lain untuk mencegah harga agunan rumah yang lebih besar daripada harga pasaran di sekitarnya. Dalam proses appraisal ini, pihak bank akan melakukan survei ke lokasi, kemudian menanyakan harga kisaran rumah dijual di wilayah tersebut kepada ketua RT/RW ataupun penduduk sekitar.

Syarat yang Dibutuhkan

ilustrasi seseorang menandatangani dokumen appraisalpixabay.com

Kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen untuk appraisal KPR yang kamu kehendaki. Dokumen-dokumen yang nantinya diminta oleh pihak bank, antara lain adalah KTP, fotokopi akta nikah, fotokopi kartu keluarga, buku tabungan, slip gaji, hingga NPWP. Jika pemenuhan persyaratan tidak lengkap, proses appraisal tidak akan dilakukan oleh pihak bank sehingga pengajuan kreditmu dapat tertunda.

Nilai Appraisal Dapat Ditingkatkan

gambar miniatur rumah dengan tiga ukuran sebagai ilustrasi appraisalelfrontal.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah berarti rumah yang kamu beli akan dinilai sama dengan harga rumah yang ada di sekitarnya? Pada kenyataannya, tidak sepenuhnya demikian.

Kamu bisa meningkatkan nilai appraisal rumah yang mau kamu beli dengan mempercantik bagian depannya sehingga taksiran nilai properti tersebut dapat meningkat. Selain itu, properti yang memiliki furnitur lengkap di bagian dalamnya saat pembelian pun umumnya akan mendapat nilai appraisal yang lebih tinggi oleh pihak bank.

Riwayat Kredit

ilustrasi riwayat kredit yang buruk dalam appraisalbadcredit.org

Pastikan juga riwayat kreditmu tidak ada masalah saat mau mengajukan appraisal kepada pihak bank. Jika kamu tidak pernah melewatkan pembayaran cicilan, bisa dipastikan appraisal kamu akan disetujui apabila komponen lainnya sudah terpenuhi. Akan tetapi, jika kamu pernah memiliki sejarah kredit yang macet, pengajuan appraisal-mu bisa berpotensi ditolak.

Jika proses appraisal disetujui, umumnya pihak bank akan memberikan dana 70-80 % dari kredit yang kamu ajukan. Oleh karena itu, pastikan juga kamu memiliki persiapan dana lebih untuk bisa menutupi kebutuhan pembelian rumah impianmu, ya!

Masih mencari hunian idaman yang cocok denganmu? Kamu bisa menemukannya di DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik di berbagai lokasi yang strategis dan sedang berkembang, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman DekorumaHouse dan temukan rumah impianmu!

Leave a Reply