Apa itu SP3K? Pahami Dulu Sebelum Membeli Rumah!

Mengenal SP3K dalam Proses Jual-Beli Rumah

Membeli sebuah hunian memang menyenangkan karena kita akan hidup dan tinggal dengan suasana yang baru. Namun di satu sisi, membeli rumah impian juga menjadi tantangan tersendiri. Selain kamu harus memiliki tabungan yang cukup, ada juga beberapa istilah yang perlu kamu pahami supaya tidak salah langkah saat melakukan pembelian rumah. Nah, salah satu istilah penting yang perlu kamu pahami sebelum membeli rumah adalah SP3K.

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya? Bagi sebagian besar orang, SP3K memang masih terdengar asing. Lalu, apa itu sebenarnya SP3K dan fungsinya dalam pembelian rumah? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan dari Kania di bawah ini, yuk!

Pengertian SP3K

sebuah kunci dan miniatur rumah di atas dokumen pentingpetrovichteamhomeloan.com

Kamu mungkin sudah familiar dengan istilah bunga, DP rumah, plafon kredit, biaya KPR, dan akad atau perjanjian membeli rumah. Akan tetapi, istilah SP3K yang merupakan singkatan dari Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit juga harus kamu kenali.

Saat kamu hendak membeli rumah dengan pembayaran KPR, kamu tentu harus menyerahkan beberapa berkas terlebih dahulu ke pihak bank. Kemudian, pihak bank akan melakukan analisis terhadap data dan keuangan kamu, bahkan akan ada tahap wawancara dan survei keabsahan diri, seperti alamat rumah, pekerjaan, dan referensi keluarga. Pihak bank juga akan melakukan proses penilaian dan kalkulasi harga properti yang kamu ajukan.

Setelah proses pengajuan selesai, pihak bank akan membuat keputusan apakah pengajuan kredit kamu diterima atau tidak. Nah, jika diterima, maka pihak bank akan mengeluarkan SP3K dalam kurun waktu maksimal 14 hari kerja yang menyatakan bahwa pengajuan kredit kamu diterima. Apabila kamu sudah menerima SP3K tersebut, kamu bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Fungsi SP3K

seseorang menulis surat sambil memegang miniatur rumahthehindubusinessline.com

Tidak hanya sebatas pengertiannya saja yang harus kamu pahami, tapi kamu juga perlu mengetahui fungsi dari SP3K. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya secara tepat saat membeli rumah baru ataupun rumah dijual secara kredit.

Sesuai dengan namanya, SP3K memiliki fungsi sebagai surat bukti bahwa pengajuan kredit kamu telah diterima oleh bank yang bersangkutan. Setelah menerima SP3K, biasanya KPR yang kamu ajaukan akan cair sehingga kamu bisa segera membeli rumah yang kamu inginkan.

Apa Saja yang Terdapat di SP3K?

sebuah kunci di atas surat dokumen rumahonthemarket.com

Surat penegasan persetujuan penyediaan kredit atau SP3K tentunya berisi informasi penting terkait dengan pengajuan KPR kamu. Mulai dari angka pinjaman, jumlah bunga, jangka waktu (tenor), hingga berapa cicilan per bulan yang perlu kamu bayarkan.

Di dalam SP3K juga dicantumkan jumlah angsuran pertama yang harus kamu bayar serta biaya-biaya lain yang diperlukan dalam proses pembelian rumah. Selain itu, ada juga berbagai syarat dan ketentuan di SP3K yang harus kamu penuhi supaya proses KPR dapat berjalan dengan baik.

Masa Berlaku SP3K

gambar jam weker dengan kalender balok dan miniatur rumahmakaan.com

Jika membicarakan masa berlaku SP3K, maka akan kembali kepada regulasi bank terkait yang kamu ajukan. Beberapa bank memberikan masa berlaku SP3K selama tiga bulan, tapi ada juga yang memberikan waktu hanya satu bulan. Dikarenakan masa berlaku SP3K berbeda-beda pada setiap bank, kamu harus lebih memerhatikannya supaya tidak keliru.

Dengan mengetahui periode berlakunya SP3K, kamu juga dapat memahami kapan waktu terbaik untuk mempersiapkannya. Hal ini karena SP3K menjadi jaminan bagi kamu yang ingin membeli rumah dan juga bagi pihak pengembang untuk mengetahui bahwa kamu bisa mendapatkan rumah yang kamu ajukan.

Fakta Lain Mengenai SP3K

dua orang sedang berdiskusi di dekat miniatur rumahwritersevoke.com

SP3K tidak hanya menjadi surat bukti persetujuan kredit, tapi bisa juga digunakan sebagai jaminan apabila kamu ingin melakukan take over rumah atau saat kamu membutuhkan biaya untuk menebus SHM atau Sertifikat Hak Milik. Hal ini tentunya harus disertai juga dengan surat atau dokumen penting lainnya, seperti kartu keluarga, fotokopi KTP, surat IMB, fotokopi SHM yang akan ditebus, dan lain sebagainya.

Gimana, setelah membaca ulasan di atas, kamu sudah lebih paham mengenai SP3K, ‘kan? Dengan memahami SP3K, Kania harap kamu dapat membeli rumah dengan lancar, ya! Selamat mewujudkan rumah impian!

Jangan lupa baca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa membeli furnitur dan dekorasi rumah secara online. Kalau kamu justru sedang mencari tempat tinggal baru, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho!

Kamu bisa menemukan aneka properti dari berbagai daerah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Depok, rumah baru di Jakarta Selatan, dan apartemen baru di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Leave a Reply