Ketahui 6 Ukuran Sprei dan Istilahnya, Jangan Sampai Salah Beli!

Ragam Ukuran Sprei Beserta Sebutannya yang Perlu Kamu Ketahui

Modern ini, sprei menjadi bagian dari penataan interior kamar tidur. Warna yang senada dengan furnitur kamar akan menciptakan kesan estetik. Namun, jangan terlena dengan warna dan motif-motif cantik sprei di pasaran. Kamu wajib mengutamakan ukuran sprei yang sesuai dengan kasurmu saat hendak membelinya. Hal ini karena ukuran sprei yang terlalu besar dari kasur akan terkesan berantakan, sedangkan ukuran sprei yang kekecilan akan lebih mudah terlepas dari kasur.

Ukuran sprei ada banyak dan umumnya mengikuti ukuran kasur yang dijual di pasaran. Pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu mengenali aneka ukuran sprei beserta istilah atau sebutannya yang kerap dipakai orang-orang. Yuk, simak ulasan di bawah ini supaya kamu tidak salah beli!

Ukuran 90 x 200

ukuran sprei single 90 x 200pixabay.com

Ukuran sprei yang cukup banyak digunakan orang adalah ukuran 90 x 200 cm. Istilah untuk menyebutkannya adalah ukuran single. Sesuai sebutannya, ukuran sprei ini dipakai untuk kasur single yang hanya dapat memuat satu orang. Tak heran kalau sprei ini kerap digunakan untuk kasur anak-anak, kamar kost, dan beberapa kamar hotel. Ukuran sprei ini sudah dilengkapi dengan sarung bantal dan guling masing-masing satu buah.

Ukuran 100 x 200

ukuran sprei 100 x 200 singleshopify.com

Sama seperti ukuran 90 x 200 cm, sprei yang berukuran 100 x 200 juga disebut dengan istilah single. Hanya saja, lebarnya berbeda 10 cm. Terdengar beda sedikit saja, ya? Namun, jangan terkecoh saat membelinya. Meski bedanya hanya 10 cm, ukuran sprei ini tidak cocok untuk kasur ukuran 90 x 200 cm. Sprei akan lebih mudah tergeser dan motif jadi terlihat kurang sempurna.

Ukuran 120 x 200

ukuran sprei 120 x 200 super single sizepixabay.com

Ukuran sprei 120 x 200 umumnya digunakan oleh hotel untuk kasur di kamar twin bed. Ukuran sprei ini sering disebut juga dengan istilah sprei super single size. Ya, sprei dan kasur ini hanya bisa digunakan untuk satu orang saja. Namun, lebih nyaman karena ukurannya lebih besar, terutama untuk mereka yang sering bergerak saat tidur.

Ukuran 160 x 200

ukuran sprei 160 x 200 queen sizehips.hearstapps.com

Berikutnya, ada ukuran sprei untuk kasur yang besar. Dimulai dari ukuran sprei 160 x 200 cm yang dikenal dengan istilah queen size. Ukuran ini menjadi andalan untuk hunian mungil minimalis karena tidak terlalu besar dan kecil. Nyaman untuk sendirian atau pun digunakan berdua.

Ukuran 180 x 200

ukuran sprei king 180 x 200wsj.net

Selanjutnya ada ukuran king yang sering menghiasi kasur kamar tidur utama di setiap rumah. Ukuran sprei ini tepatnya 180 x 200 cm. Berbeda 20 cm dari queen size, ukuran ini jauh lebih nyaman digunakan oleh dua orang sekaligus. Biasanya, sprei ini dijual bersamaan dengan dua pasang sarung bantal dan guling.

Ukuran 200 x 200

ukuran sprei super king 200 x 200interiordesignology.com

Ukuran sprei 200 x 200 adalah ukuran terbesar yang ada di pasaran. Sprei ini diperuntukan bagi kasur dengan ukuran serupa yang biasanya dikenal dengan istilah extra king. Di hotel-hotel, ukuran ini dapat ditemukan di family room. Jika kamu baru memiliki bayi dan ingin tidur bersama, ukuran kasur dan sprei ini adalah pilihan yang tepat supaya tidur terasa lebih nyaman.

Aneka Ketebalan Sprei

ukuran sprei queen sizepixabay.com

Ukuran sprei tadi hanya meliputi lebar dan panjangnya saja. Perlu diketahui bahwa masing-masing kasur memiliki ketebalan yang berbeda. Ketebalan tersebut dimulai dari 5 cm, 10 cm, 20 cm, 30 cm, dan 40 cm. Jadi, perhatikan juga detail ketebalan sprei supaya kasur tertutup dengan sempurna!

Apabila kamu sudah menemukan ukuran sprei yang tepat, selanjutnya adalah memilih motif dan warna sprei. Kamu bisa menemukan aneka motif sprei yang cantik di Dekoruma, lho! Silakan tentukan, mau yang senada dengan interior atau yang bisa membuat tidurmu semakin lelap. Jangan lupa bagikan informasi ini ke keluarga dan teman-teman kamu supaya mereka juga tidak salah beli ukuran sprei, ya!

Leave a Reply