Ini Dia 5 Ukuran Hebel Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!

Aneka Ukuran Hebel dan Plus Minusnya

Ada banyak jenis material untuk bangunan yang bisa kamu gunakan. Termasuk untuk pembuatan dinding, di mana saat ini tak hanya bata merah saja, tapi juga terdapat batu hebel yang saat ini populer digunakan karena memiliki banyak kelebihan.

Pada artikel ini, Kania akan mengulas penggunaan, kelebihan, kekurangan serta ukuran hebel yang tersedia di pasaran. Nah, agar kamu bisa memilih material terbaik dan menemukan ukuran hebel yang pas untuk pembangunan rumah, maka pastikan untuk mengetahui informasi lengkapnya terlebih dulu melalui artikel di bawah ini! 

Apa Itu Hebel?

aneka ukuran hebelpinterest.com 

Sebelum memasuki pembahasan mengenai informasi ukuran hebel yang banyak tersedia di pasaran, Kania akan menjelaskan terlebih dulu mengenai apa itu hebel. Hebel merupakan bata ringan yang diproduksi menggunakan berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, semen, air, aluminium bubuk, pasir silika, hingga gypsum. Setelah bahan tersebut dicampur, kemudian hebel pun akan diawetkan dengan dipanaskan pada tekanan tinggi menggunakan alat bernama autoclave.

Penggunaan Hebel

ragam ukuran hebelyoutube.com 

Ukuran hebel yang terdiri dari berbagai macam variasi membuat material ini dapat digunakan pada interior maupun eksterior bangunan. Selain itu, berbagai macam ukuran hebel yang kamu gunakan pun bisa diberikan warna menggunakan campuran papan plastik ataupun stucco. Dengan proses pemasangan yang sangat mudah, hebel pun sangatlah cocok diaplikasikan pada struktur bangunan tinggi yang memiliki temperatur bervariasi. 

Ukuran Hebel

tumpukan hebel dengan aneka ukuranpinterest.com

Di pasaran, ketersediaan ukuran hebel cukup beragam. Setidaknya, kamu bisa menemukan lima ukuran hebel berbeda yang bisa digunakan berdasarkan kebutuhan dalam pembangunan rumah. Adapun, ukuran hebel yang bisa kamu temukan diantaranya adalah: 

  • Ukuran hebel dengan panjang 60 cm, lebar 20cm, dan ketebalan 7.5cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60cm, lebar 20cm, dan ketebalan 10cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60cm, lebar 20cm, dan ketebalan 12,5cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60cm, lebar 20cm, dan ketebalan 15cm.
  • Ukuran hebel dengan panjang 60cm, lebar 20cm, dan ketebalan 20cm.

Kelebihan Hebel

pengaplikasian aneka ukuran hebelblessconbataringan.com 

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh material yang satu ini. Pertama, ukuran hebel yang sangat beragam membuat material ini sangatlah fleksibel untuk digunakan sebab kamu hanya perlu menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan konstruksi.

Selain ukuran hebel yang beragam, material ini pun memiliki kelebihan seperti kemampuan dalam mengurangi perubahan suhu di dalam ruangan secara drastis, memiliki struktur yang tahan api, serta memiliki akurasi tinggi dalam pemotongan. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan material ini berdasarkan ukuran hebel dan meminimalisir pembuangan sisa material.

Termasuk sebagai salah satu material dinding yang ramah lingkungan, apa pun ukuran hebel yang kamu gunakan memiliki bobot yang ringan sehingga dapat mempercepat proses pembangunan. Memiliki ukuran hebel yang lebih besar ketimbang batu bata, proses pengerjaan pun bisa dilakukan lebih cepat sehingga sangat efektif dapat meminimalisir biaya proyek untuk pembangunan konstruksi

Kekurangan Hebel

dinding bangunan dengan aneka ukuran hebelinchcalculator.com

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tapi material dinding ini juga mempunyai sejumlah kekurangan yang harus kamu ketahui. Pertama, material ini bersifat rapuh sehingga penanganannya harus dilakukan berhati-hati. Saat dipasang dalam kondisi hujan, terkadang hebel yang terpasang akan mengalami keretakan. Untuk menyiasati hal ini, kamu harus mengurangi takaran semen dan memastikan hebel yang terpasang telah kering secara sempurna.

Inilah informasi mengenai kelebihan, kekurangan, penggunaan, dan ukuran hebel yang tersedia di pasaran. Pastikan, kamu memilih ukuran hebel yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Jangan lupa baca juga berbagai informasi dan inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Dekoruma jual sofa bed, rak dinding, tempat tidur berlaci, coffee table, hingga nakas. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

Leave a Reply