Ini Dia 8 Tanaman Aquascape Cantik yang Cocok untuk Akuariummu!

Macam-Macam Tanaman Aquascape yang Bisa Kamu Pilih

Aquascape adalah sebuah konsep menata ekosistem air tawar di dalam sebuah akuarium yang elemen-elemennya berupa tanaman, air, batu, karang, kayu, dan ikan hias. Keindahan aquascape pun didominasi oleh tanaman, bukan ikan hias.

Bagi beberapa penggiat aquascape, ikan hias hanyalah elemen pelengkap yang tidak wajib. Oleh karena itu, kamu perlu memilih tanaman aquascape yang cantik dan cocok untuk akuarium masing-masing. Nah, buat kamu yang mau mencoba terjun ke dunia aquascape atau sekadar menata ulang tampilan akuarium, simak delapan tanaman aquascape yang cantik pilihan Kania berikut ini!

Java Moss

tanaman aquascape java mossaquariumbreeder.com

Tanaman aquascape java moss termasuk dalam kategori foreground, yaitu tanaman yang posisinya ada di bawah. Ukurannya pendek bagai semak-semak. Paling pas ditempatkan pada bagian depan akuarium. Untuk para pemula, piliham tanaman aquascape ini sangat tepat karena mudah tumbuh, kuat, dan tidak perlu pencahayaan khusus. Java moss juga cocok untuk aquascape dengan ikan hias karena dapat dijadikan tempat untuk menyembunyikan telur dan melindungi benih ikan.

Dwarf Baby Tears

tanaman aquascape dwarf baby tearsamazon.com

Tanaman aquascape ini berasal dari Kuba. Ukuran daunnya kecil dan tumbuh merambat ke samping sehingga cocok dijadikan alas aquascape. Namun, tanaman aquascape dwarf baby tears ini membutuhkan perawatan yang saksama. Di antaranya adalah sorot cahaya dan asupan karbon dioksida.

Water Wisteria

tanaman aquascape water wisteriaaquascape.guru

Meski bernama sama, water wisteria memiliki bentuk dan warna yang berbeda dari wisteria di daratan. Tanaman aquascape ini berupa daun berukuran sedang dengan ujung yang sedikit bercabang dan warnanya hijau.

Water wisteria yang tergolong dalam kategori midground ini berasal dari India dan Nepal. Merawat water wisteria pun cukup mudah, di mana kamu hanya perlu memastikan suhu airnya berkisar di 18-25 derajat Celcius.

Bacopa Sp. Colorata

tanaman aquascape Bacopa Sp Coloratareddit.com

Untuk menjadikan aquascape lebih berwarna, kamu membutuhkan tanaman aquascape warna pink. Tanaman tersebut adalah bacopa sp. colorata yang memiliki batang tunggal dengan daun di seluruh sisinya. Warnanya akan terlihat kontras jika ditempatkan di antara tanaman hijau. Aquascape pun akan terlihat semakin cantik. Tanaman ini membutuhkan cahaya dan kadar karbon dioksida dalam jumlah sedang untuk tumbuh dengan baik.

Pakis Lidah

tanaman aquascape pakis lidahbuildyouraquarium.com

Masih di kategori midground, ada tanaman pakis lidah yang daunnya ramping dan panjang, serta bagian ujung daunnya bergelombang. Tanaman aquascape ini dapat tumbuh baik dengan pencahayaan yang menyebar dan tanpa asupan karbon dioksida yang tinggi. Tanaman ini bisa menyerap nutrisi dari air biasa.

Anubias Nana

tanaman aquascape anubias nanaamazon.com

Tanaman aquascape anubias nana memiliki bentuk daun yang lonjong dan sangat rimbun. Perawatannya sedikit rumit karena pemilik harus rutin mengganti air akuarium. Suhu air pun harus dijaga pada kisaran 22-28 derajat Celcius. Jika perawatannya tepat, tanaman aquascape ini bisa tumbuh hingga 15 cm, lho!

Giant Hairgrass

tanaman aquascape giant hairgrassimgur.com

Giant hairgrass termasuk dalam kategori tanaman aquascape background yang biasanya ditempatkan di paling belakang akuarium. Bentuknya menyerupai rumput dan dapat tumbuh hingga mencapai 40 cm. Layaknya jenis rumput biasa, giant hairgrass ini mudah tumbuh tanpa perawatan ekstra. TanamanĀ aquascape ini juga bisa dimanfaatkan untuk persembunyian ikan serta menutupi rangkaian pipa dan peralatan lainnya yang penampilannya kurang estetik.

Ludwigia Repens

tanaman aquascape Ludwigia Repenspinterest.com

Tanaman aquascape ludwigia repens tumbuh menyerupai semak-semak dan tingginya bisa mencapai 30 cm. Daunnya berwarna hijau dengan ukuran 4 cm dan tersusun saling berlawanan arah. Sementara itu, batangnya berwarna cokelat keunguan. Dengan pencahayaan yang cukup, warna daunnya pun bisa berubah menjadi kemerahan.

Demikianlah delapan jenis tanaman aquascape cantik yang dijamin cocok untuk akuariummu. Usai memilih tanaman aquascape yang tepat, kamu bisa menyusunnya berdampingan dengan karang, bebatuan, serta dekorasi akuarium unik lainnya. Jangan lupa untuk rutin memangkas tanaman yang terus bertumbuh supaya akuarium tetap sedap dipandang, ya!

Butuh lebih banyak inspirasi seputar home & living? Jangan ragu untuk cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka furnitur dan perabotan rumah tangga untuk hunianmu. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

Leave a Reply