7 Macam Bunga Cantik yang Mudah Dirawat, Kebun Jadi Lebih Berwarna!

Aneka Ragam Bunga Cantik yang Minim Perawatan untuk Hiasi Hunianmu

Menjadikan kebun lebih berwarna itu mudah berkat banyaknya pilihan bunga cantik dengan aneka warna. Ya, kamu hanya perlu menanam tanam bunga cantik tersebut di sejumlah sudut kebun rumah. Namun, saking banyaknya, mungkin kamu jadi bingung harus pilih yang mana. Bagaimana kalau kita mulai dari aneka bunga cantik yang perawatannya mudah? Ini bisa jadi solusi yang tepat juga untuk para pemula.

Lalu, apa saja jenis bunga cantik yang minim perawatan? Yuk, lihat bersama Kania di bawah ini!

Cosmos

bunga cantik cosmospixabay.com

Bunga cantik cosmos dikenal juga sebagai bunga kenikir. Ukurannya mungil, tapi tinggi tanaman keseluruhan bisa mencapai 75cm. Warnanya pun beragam, mulai dari warna oranye, kuning, pink, dan putih. Kelopaknya sendiri tertata rapi membentuk lingkaran.

Bunga cosmos tumbuh sendiri-sendiri di setiap ujung batang. Di Indonesia, bunga cosmos dapat hidup dengan mudah karena pada dasarnya memang membutuhkan banyak sinar matahari. 

Kembang Sepatu

bunga cantik kembang sepatuunsplash.com

Kembang sepatu adalah salah satu bunga cantik yang tahan banting dengan cuaca panas. Perawatan yang perlu dilakukan hanyalah menjaga kelembapan tanah di musim kemarau. Warna bunganya terdiri dari putih, kuning, oranye, pink, dan merah. Kelopak bunganya ada lima dengan kelopak tambahan yang menjadikannya terlihat berlapis-lapis.

Ukuran bunganya bisa mencapai 20 cm. Sedangkan, tinggi tanamannya sendiri bisa mencapai 5 meter. Cocok untuk menghiasi gazebo di kebun rumahmu.

Peony

bunga cantik Peonypixabay.com

Ingin menanam bunga cantik yang berumur panjang? Jika iya, maka jawabannya adalah peony! Bunga ini memiliki umur panjang, mencapai puluhan tahun. Kelopak bunga peony bertumpuk membentuk bulatan. Diameternya bisa mencapai 25 cm. Warnanya juga sangat beragam, ada yang berwarna pink, putih, merah, oranye, ungu, dan kuning.

Peony hanya perlu dirawat dengan cara disiram rutin. Tidak perlu khawatir dengan serangan hama karena peony cukup tahan banting. Selain cantik dan mudah dirawat, bunga ini juga terkenal mampu mengatasi peradangan, pembekuan darah, dan juga nyeri.

Anggrek Bulan

bunga cantik anggrek bulanpixabay.com

Bicara bunga cantik, kita tidak boleh melupakan puspa pesona kebanggaan Indonesia, yakni anggrek bulan. Sesuai dengan namanya, anggrek bulan memiliki warna putih dengan semburat kuning bagaikan cahaya bulan.

Bunganya tidak mekar sepanjang tahun. Namun, sekalinya bermekaran bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Anggrek bulan dapat hidup selama bertahun-tahun dengan perawatan yang amat minim. Letakkan saja di area yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan siram setiap minggu sebagai upaya perawatan bunga anggrek.

Bunga Kertas

bunga cantik bougenvillepixabay.com

Menanam bunga kertas tidak hanya akan menjadikan kebunmu lebih berwarna, tapi juga terasa lebih asri. Pasalnya, bunga cantik ini tumbuh begitu tinggi dan merambat. Bunga-bunganya bermekaran dalam jumlah banyak hingga daun dan batangnya tertutupi.

Ciri khas bunga cantik ini ada pada kelopaknya yang tipis, menyerupai kertas. Bunga kertas tidak membutuhkan banyak air untuk hidup dan tahan dari sinar matahari. Saking mudah perawatannya, bunga kertas kerap ditemukan tumbuh rimbun di pinggir jalan.

Bunga Pentas

bunga cantik pentaspixabay.com

Masih ingat dengan bunga cantik warna merah yang sering kita hisap madunya? Bunga tersebut adalah bunga pentas. Bentuk bunganya menyerupai bintang. Bunganya tumbuh bergerombol. Selain tahan panas, bunga cantik ini juga tahan terhadap serangan ulat dan kutu. Tidak perlu repot mengawasinya dan memberi obat anti hama.

Bunga Melati

bunga cantik melatipixabay.com

Bunga cantik terakhir yang mudah dirawat adalah melati. Warnanya putih, sehingga tampil kontras di antara daunnya yang berwarna hijau. Untuk tumbuh subur, bunga melati hanya butuh lokasi yang terpapar sinar matahari dan penyiraman sesekali. Terhadap hama pun, bunga melati cukup tahan banting. Saking mudah perawatannya, bunga melati bisa tumbuh begitu subur dan menjalar ke segala arah. Rutinlah memangkasnya supaya kebun tetap terlihat rapi.

Ketujuh bunga cantik tadi sangat cocok untuk kamu yang sibuk bekerja atau pun pemula dalam berkebun. Tinggal pilih saja yang kamu suka. Selamat memilih dan menjadikan kebun lebih berwarna!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari pakaian, sofa bed, meja makan, meja rias, tempat tidur, hingga rak sepatu kayu. Model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

Leave a Reply